Mohon tunggu...
santi pangestika
santi pangestika Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PPG dalam Jabatan Kategori 2 Universitas Sebelas Maret 2022_ Menyusun Best Practice Menggunakan Metode STAR _ PPL AKSI 1

6 Desember 2022   10:10 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:24 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN METODE STAR

(SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran 

PROGRAM STUDI PROFESI GURU DALAM JABATAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2022/2023

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

PEMBELAJARAN AKSI 1

 

Lokasi

TK DHARMA WANITA KETUWAN

Lingkup Pendidikan

PAUD Formal

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita 

Penulis

SANTI PANGESTIKA

Tanggal

PPL AKSI 1

  • Pertemuan 1 :  Kamis, 13 Oktober 2022
  • Pertemuan 2 : Jumat, 14 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Pembelajaran pengembangan bahasa anak selama ini belum berkembang maksimal. Guru  belum menggunakan metode serta media pembelajaran yang inovatif yang berbasis HOTS maupun STEAM.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

  • Beberapa anak belum bisa menceritakan kembali isi cerita
  • Anak masih belum bisa fokus ke materi yang diajarkan, masih bermain sendiri
  • Penyajian cerita / dongeng yang diceritakan ke anak belum menggunakan bahasa ekspresif.
  • Tehnik bercerita yang digunakan masih monoton
  • Guru belum menggunakan media inovatif saat kegiatan bercerita

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Praktik ini sangat penting untuk di bagikan karena, dapat memotivasi guru dalam menghadapi pernasalahan yang terjadi, yaitu anak belum mampu menceritakan kembali isi cerita saat guru bercerita di kelas, dapat menjadi referensi bagi rekan guru yang lain dalam menghadapi permasalahan yang sama, dapat menunjang keberhasilan belajar anak, sebab anak mempunyai tingkat kecerdasan, minat, dan bakat yang berbeda-beda. Untuk itu sangat perlu bagi orang tua dan guru memberi kebebasan terhadap anak untuk memilih minat maupun bakatnya sendiri, sesuai dengan karakter masing-masing anak.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Saya sebagai guru bertanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang menyenangkan anak sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar anak bisa tercapai. Selain itu saya juga bertanggung awab menjalankan tugas sebagai mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 2 tahun 2022 di Universitas Sebelas Maret.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantagan untuk mencapai tujuan ini adalah :

  • Guru belum menggunakan media dan alat peraga yang menarik dan kurang bervariasi
  • Model Pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif
  • Motivasi belajar anak belum meningkat
  • Penataan ruang kelas yang kurang dalam pelaksanaan pembelajaran inovatif

Siapa saja yang terlibat

  • Pemeran utama sebagai subyek pembelajaran adalah peserta didik
  • Guru sebagai fasilitator, motivator sekaligus sutradara dalam pembelajaran inovatif
  • Teman sejawat untuk membatu pelaksanaan pembelajaran inovatif

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah dan strategi yang saya lakukan dalam menghadapi tantangan tujuan kegiatan pembelajaran yaitu :

Menyusun rancangan kegiatan (perangkat pembelajaran)

  • RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)
  • Media Pembelajaran
  • Alat Peraga
  • Bahan Ajar

Strategi yang digunakan :

  • Pemilihan media pembelajaran inovatif
  • Strategi penggunaan media disesuaikan dengan karakteristik anak. Dengan memilih media pembelajaran yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi anak. Juga guru dapat memilih media pembelajaran yang dikuasainya.  Dalam permasalan ini guru menggunakan media wayang kertas untuk kegiatan bercerita di kelas.
  • Proses pembuatan media sesuai dengan materi Tema yang akan diambil, sesuai dengan rancangan kegiatan pembelajaran.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pembuatan media antara lain pengetahuan guru dan internet

  • Menggunakan model pembelajaran
  • Strategi model pembelajaran menggunakan PBL (problem based learning)
  • Proses pemilihan model pembelajaran dengan mempelajari materi tema dan karakteristik anak

  • Pemilihan metode belajar yang variatif untuk meningkatkan seni dan kreativitas anak.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Kemampuan guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran dengan menggunakan sainstifik bermuatan STEAM.
  • Kemampuan guru dalam penguasaan kelas, sehingga strategi pembelajaran yang berpusat pada anak dapat berjalan dengan baik.
  • Kemamampuan guru dalam memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran
  • Bahan dan alat disesuaikan dengan tema pembelajaran
  • Laptop dan jaringan internet.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat dilihat dari:

  • Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita . Presentase kentutasan anak mencapai 100 %.
  • Tujuan pembelajaran akan mudah tercapai
  • Penggunaan media pembelajaran inovatif ini sangat membantu dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Dibuktikan anak sangat antusias dalam melakukan kegiatan main, serta muncul banyak ide kreatifnya.
  • Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak, anak terlibat langsung dalam kegiatan main, aktif dalam menggali pengalaman, menuangkan ide juga imaginasinya.
  • Pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning menumbuhkan daya berfikir kritis anak semakin terlihat, dari tanggapan dan jawaban yang dilontarkan anak saat kegiatan pembelajaran.
  • Rancangan kegiatan yang disusun, penataan kelas, penguasaan kelas, yang berpusat pada anak sangat meningkatkan antusias dan keaktifan, serta minat belajar anak saat proses pembelajaran berlangsung.

Apakah hasilnya efektif?

Sangat efektif, respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat luar biasa sekali, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran bahwa pembelajaran sangat menyenangkan, anak-anak terus ingin mengulang lagi kegiatan main yang sudah dilaksanakan.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan.

Respon rekan sejawat yang menyaksikan hasil vidio pembelajaran ini, melalui chanel youtube sangat positif sekali. Di lihat dari banyaknya permintaan berbagi resep strategi pembelajaran yang sudah dilakukan.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah disusun atau dirancang.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru adalah guru seyogyanya lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media pembelajaran, metode pembelajaran, dan model pembelajaran untuk suksesnya proses belajar mengajar sesuai yang diharapkan, serta keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun