Mohon tunggu...
Santi Lakhsmiwati
Santi Lakhsmiwati Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Information Activities:English teacher of smp 7, english course teacher, broadcaster and supervisor program of Melati FM, lecture assistent for broadcasting and speaking in STKIPM LAMPUNG. Interests:interest in news broadcaster, programmer, teacher, browsing the internet. Favorite Music:pop music, jazz, religi, instrument, etc.Favorite TV Shows:morning trans 7, breaking news Favorite Movies:education film like "andreas", horor, romantic, comedi, Favorite Books:la tahzan, don't be sad Favorite Quotations:do the best you can do and be the best you can beAbout Me:i'm lakhsmi, from lampung Indonesia,life is strange and must be strange. Email:santi.lakhsmi@gmail.com Mobile Number:081541415805 Current Address:jl.hasan kepala ratu no 1052 sindangsari kotabumi, lampung, indonesia Kotabumi, Indonesia 34517Yahoo:lakhsmi Website:http://melatifm.blogspot.com Posisi sekarang Jambi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice oleh Santi Lakhsmiwati,S.Pd

10 Desember 2022   05:49 Diperbarui: 10 Desember 2022   05:53 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
at the classrom, doc.pribadi

Lokasi: SMA N 14 SAROLANGUN

Lingkup Pendidikan: SEKOLAH MENENGAH ATAS

Tujuan yang ingin dicapai : 

  • Meningkatkan kemampuan peserta didik di kelas XII dalam menganalisis generic structure teks  news item melalui metode problem based learning dengan menggunakan media vidio dan ppt.

Penulis: SANTI LAKHSMIWATI

Tanggal: 10 November 2022

Situasi: 

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah diantaranya adalah kurangnya minat atau motivasi siswa dalam belajar, rendahnya penguasaan vocabulary/kosa kata yang dimiliki siswa, besarnya pengaruh media sosial terhadap siswa, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik atau tidak tepat.
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena masalah yang dihadapi juga sering terjadi di sekolah lain, dan memotivasi guru lain untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta berbuat yang terbaik.
  • Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Setelah meneliti dan menemukan solusi dengan memilih metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakter materi pembelajaran tersebut, saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode pembelajaran yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Tantangan: 

  • Ada beberapa hal yang menjadi tantangan dalam mencapai tujuan tersebut yakni sarana dan prasarana yang belum memadai, kesadaran siswa untuk belajar rendah, sulitnya menentukan metode belajar yang tepat serta pemilihan media pembelajaran yang menarik.
  • Yang terlibat dalam hal ini yakni: dosen dan guru pamong yang memberikan bimbingan dan arahan, rekan sejawat yang memberikan saran dan masukan, kepala sekolah yang juga memberikan masukan , guru bersangkutan dan peserta didik yang akan melaksanakan pembelajaran.

Aksi : 

  • Langkah -- langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ini diantaranya berkoordinasi dengan kepala sekolah, mewawancarai rekan sejawat, melakukan kajian literature, dan merumuskan solusi.
  • Strategi yang digunakan yakni menggunakan pendekatan scientific approach dengan model pembelajaran problem based learning dan metode pembelajaran diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

Prosesnya:

Pada pendahuluan proses pembelajaran saya melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk memulai pembelajaran serta memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilakukan. Memberikan gambaran manfaat apa yang dapat diperoleh  dengan mempelajari materi : news item. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung serta menyampaikan hal -- hal yang perlu.

Pada bagian inti, terdiri dari beberapa fase:

  1. Orientasi masalah

Dimana saya menampilkan sebuah video kemudian memberikan pertanyaan kepada anak video apakah itu? Tahukah mereka fungsi social news item, struktur teksnya serta unsur bahasanya? Kemudian menyampaikan masalah yang akan diselesaikan secara berkelompok yakni menganalisis (C4) fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news item.

 

  1. Mengorganisasikan peserta didik

Saya membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang

  1. Membimbing penyelidikan

Saya membagikan LKPD pada tiap kelompok dan membantu serta membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi untuk menganalisis (C4) teks news item

  1. Mengembangkan dan menyajikan karya

Pada fase ini saya memantau diskusi peserta didik dalam mengisikan jawaban yang tepat pada LKPD peserta didik serta membimbing peserta didik untuk menyajikan hasil karyanya

  1. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Pada fase ini saya memberikan apresiasi bagi  kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka dimana setiap kelompok yang tampil akan mendapatkan masukan dari kelompok lain.

Selanjutnya adalah kegiatan penutup.

Saya membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang point- point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang news item. Melakukan refleksi pembelajaran dengan menanyakan pertanyaan kepada peserta didik tentang pendapat peserta didik terhadap suasana selama kegiatan belajar mengajar, pemahaman materi, atau keadaan kelas. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Menutup pembelajaran dan memberi salam.

Yang terlibat dalam hal ini yakni: guru bersangkutan dan peserta didik yang akan melaksanakan pembelajaran, rekan sejawat yang melakukan pengamatan dan memberikan saran serta masukan, kamerawomen yang bertugas dalam membantu pengambilan vidio atau dokumentasi.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran ini diantaranya penggunaan whiteboard, spidol, eraser, laptop, Lcd dan speaker, dengan media yang digunakan yakni lembar kerja peserta didik, media video, dan  media presentasi berupa ppt.

Refleksi Hasil dan dampak:

Dampak dari pembelajaran dengan metode pbl dengan bantuan media vidio dan ppt ini bisa dikatakan berdampak positif ataupun efektif.

Jika dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran ini, tujuan pembelajaranya tercapai dengan baik. Dilihat dari hasil pengerjaan lkpd, siswa mendapatkan nilai atau score yang baik yakni antara 80-90. Serta dari survei yang diberikan pada siswa, siswa rata-rata memberikan nilai baik dan pada beberapa hal sangat baik.

Hal ini juga dapat dilihat dari respon orang lain yakni dari lembar observasi yang diberikan kepada rekan sejawat. Dimana dalam lembar observasi tersebut mendapatkan rata rata penilaian baik dan beberapa hal sangat baik. Dengan catatan hasil pengamatan rekan sejawat yakni pengelolaan kelas serta penggunaan bahasa inggris yang baik.

Pada dasarnya banyak faktor yang mendukung keberhasilan dari pembelajaran ini yakni: persiapan perangkat pembelajaran dengan baik/matang, mendapatkan dukungan dari semua pihak baik itu dari kepala sekolah, rekan sejawat, kamerawomen, serta siswa. Meskipun peralatan yang digunakan seperti kamera dan lcd kurang memadai namun pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun