Mohon tunggu...
Santi
Santi Mohon Tunggu... Dosen - Santi

Dosen Tetap Prodi Manajemen STIE BISMA LEPISI Tangerang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Serta Jasa Pengiriman Paket Bagi Penjualan Online pada Saat Pademi Covid 19

22 Desember 2020   10:12 Diperbarui: 22 Desember 2020   10:21 961
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis:

Santi

Dosen Program Studi Manajemen STIE BISMA LEPISI Tangerang.

Totok Sugiharto

Dosen Tamu di Program Doktor Ilmu Ekonomi, Konsentrasi Manajemen Jasa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta.

Jasa pengiriman barang yang terjadi beberapa dekade yang lalu dengan saat ini sangat berubah drastis, pada era industri 4.0 pada saat ini sangatlah terasa berbeda jauh dan sangat signifikan. 

Dengan perkembangan teknologi transportasi yang sangat pesat, terutama dengan teknologi informasi dan komunikasi. Jasa pengiriman saat ini sangatlah berbeda seperti jasa pengiriman yang lama masih menggunakan pena dan kertas pada mode operasinya dan saat ini dengan menggunakan dokumen dan sekarang sudah menggunakan teknologi digital/cangih untuk operasional dalam jasa pengirimannya.

Salah satu jasa pengiriman barang saat ini dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan " Sistem Tracking Real Time", yang memudahkan pihak-pihak yang terkait(seperti seller, reseller hingga konsumen dalam kegiatannya e-commerce) fasilitas ini dapat memantau keberadaan paket yang dikirim hingga mendapatkan estimasi waktu tiba ditujuan sesuai dengan target yang diberikan (kompasiana.com/fadlyandipa/sejarah-jasa-pengiriman-barang-masa-kuno-hingga-era-industri-4-0). 

Jasa pengiriman saat ini sangatlah berperan penting dalam aktivitas masyarakat, terlebih dengan berkembangnya teknologi internet proses jual beli dalam e-commerce bisa menjadi lebih mudah, dan jarak pun tak menjadi masalah. Sesuai dengan himbauan pemerintah agar masyarakat mengurangi beraktivitas di luar rumah, dengan adanya jasa pengiriman barang/makanan yang tersedia di e-commerce saat ini sangatlah membantu bagi masyarakat semuanya.

Jasa pengiriman yang terjadi pada saat ini sangat meningkat, jasa pengiriman saling berlomba-lomba menghadirkan promosi-promosi yang mereka berikan, pelayanan-pelayan yang dibutuhkan sesuai dengan yang di ingini, dan lain-lain sehingga konsumen puas. 

Pada saat ini hampir semua kebutuhan bisa dibeli secara online, baik lewat marketplace atau dengan menggunakan e-commerce, di antara marketplace dan e-commerce dalam pembelanjaan mereka memberikan promo dan diskon yang sangat mengiurkan para konsumen seperti halnya pada saat Harbonas pada tanggal 12-12-2020 yang lalu diskon yang diberikan hingga mencapai lebih dari 50% dari harga jual. Dengan semakin berkembangnya e-commerce semakin menguntungkan bari para pihak jasa pengiriman. Jasa  pengiriman yang berkembang untuk penjualan online yang ada saat ini diantaranya:

  • Pos Indonesia: Jasa pengiriman paket, barang dagangan online, surat dan dokumen yang meliputi : Q9, Qcomm, Pos Express, Kilat Khusus, Express Mail Service (EMS) untuk kiriman ke Luar Negeri)) ;
  • JNE: Jasa pengiriman JNE diantaranya: digital payment, friendly logistic, dan sebagainya (cashback, diskon ongkos kirim, dll yang diharapkan aktivitas jual-beli online).
  • J&T Express: Jasa pengiriman J&T diantaranya: Clodeo layanan Cash On Delivery/COD (pembayaran ditempat). Pengiriman dengan cara COD (Cash On Delivery lebih mudah dipercaya karena pembeli baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan diterima dengan baik. pembayaran dapat dilakukan dengan bank transfer atau dengan cara COD (Cash On Delivery).
  • SiCepat Ekspress: Jasa pengiriman SiCepat diantaranya: siuntung, best, gokil, halu, COD, sicepat Syariah, helo, sicepat Go, dan sicepat Klik.
  • TIKI (Titipan Kilat): Jasa pengiriman TIKI diantaranya: sds (same day service) kiriman tiba dihari yang sama, tds (two days service) kiriman tiba dalam dua hari, eco (economy service) kiriman dengan hemat ongkir, ons (over night service) kiriman hari ini esok tiba, reg (regular service) kiriman estimasi tiba dlaam 3-4 hari, trc (trucking service) kiriman dengan berat min. 10kg.  

optimisme-bisnis-jasa-kurir-di-masa-pandemi-5fe07525d541df30811c68f2.jpeg
optimisme-bisnis-jasa-kurir-di-masa-pandemi-5fe07525d541df30811c68f2.jpeg
Strategi pemasaran dalam perencanaan bisnis jasa pengiriman secara keseluruhan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah menjadi pelanggan. Menurut Kurtz (2008) Strategi pemasaran atau marketing merupakan program yang menyeluruh dari perusahaan dalam upaya menentukan target market serta untuk memuaskan konsumen. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun kombinasi atau perpaduan dari elemen-elemen yaitu produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.

Perusahaan jasa pengiriman juga dapat menggunakan strategi marketing mix (dengan produk, harga, tempat atau lokasi, promosi, tingkat partisipasi, proses dan psikologi konsumen) untuk mengetahui bagaimana jasa pengiriman yang diberikan bagi konsumen apakah cukup baik atau tidak. Perusahaan jasa pengiriman juga harus memperhatikan dalam jangka waktu pengiriman yang tepat.

Perusahaan Jasa pengiriman yang sedang berkembang di saat pademi ini sangat di rasakan oleh para penjualan online dan pelanggan/konsumen, sebagian masyarakat pada saat ini banyak menggunakan aplikasi online seperti dalam berbelanja berbagai hal. Strategi setiap pengusaha dalam bidang jasa pengiriman yang sedang berkembang saat ini yang harus dilakukan agar dapat dipercaya oleh pelanggan/konsumen/pembeli diantaranya jasa pengiriman harus :

  • Memberikan fasilitas dan pelayanan yang lebih baik: Dalam persaingan antar jasa pengiriman dengan berbagai pelayanan yang diberikan harus lebih baik agar dapat dirasakan oleh si konsumen.
  • Memberikan pelayanan yang jelas dan tidak membuat jenuh para pelanggan: Pengusaha bisnis dapat menyediakan costumer service yang sigap dalam segala waktu dan hal. Agar konsumen merasa di perhatikan.
  • Menerima saran dan menampung keluhan pelanggan: Dapat menerima keluhan-keluhan yang ada dengan menyediakan kotak saran atau kotak keluhan
  • Meningkatkan kualitas produk: Pengusaha bisnis harus konsisten dengan produknya dengan memberikan produk sesuai dengan yang ada di aplikasi, memberikan penjelasan di aplikasi dengan jelas.
  • Lakukanlah promosi: Melakukan promosi-promosi yang dapat menarik konsumen dengan berbagai diskon pada hari-hari besar seperti; harbonas, hari ibu, natalan, idul fitri dan hari libur besar lain-lain.
  • Mengunakan internet marketing: Pengusaha bisnis dapat menggunakan e-commerce yang saat ini sedang maju pesat dengan perkembangan teknologi dan komunikasi.
  • Jalin hubungan dengan pelanggan: Menjalin hubungan yang baik untuk keberlanjutan usaha, menjalin hubungan dengan berbagai hal agar dapat di percaya.

Di lihat cara diatas adalah cara yang sederhana yang dapat dilakukan oleh jasa pengiriman untuk membuat pelanggan/konsumen merasa puas. Semakin puas pelanggan/konsumen semakin besar potensi si pelanggan/konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman tersebut. Jika dilihat pada bulan Desember 2020 saat ini jasa pengiriman sangat dibutuhkan dengan adanya hari libur natal 2020 dan tahun baru 2021, jasa pengiriman untuk hampers ke kerabat, keluarga, teman dan lain-lain sangat diperlukan.

Salam Sehat, dan saya ucapkan Selamat Hari Natal 2020 bagi yang merayakan dan Selamat Tahun Baru 2021.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun