Apa yang dimaksud dengan New Media?
New Media atau Media Baru merupakan suatu media yang terhubung dengan internet dan teknologi sebagai pendukung dalam mendapatkan informasi dalam suatu institusi atau suatu organisasi tempat orang bekerja. Dalam kata Media Baru terdapat pemisah antara kata “lama” dan “baru”. Baru disini bersifat terbuka dan siapapun dapat mengaksesnya dengan diikuti perkembangan teknologi.
Dengan adanya Media Baru perubahan dapat terjadi, perubahan dalam bidang produksi, konsumsi dan distribusi. Perubahan yang terjadi dapat memudahkan khalayak untuk mengerti dan mengelolanya. Perubahan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian:
- New Textual Experiences: Jenis baru dalam media, kesenengan dan pola konsumsi media (game pada komputer, dan memberikan efek khusus pada film).
- New Ways of Representing the World: Media menawarkan kemungkinan baru yang representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual yang immersiveberbasis layar interaktif
- New Relationship between Subjects (Users And Consumers) And Media Technologies: Perubahan pengguanaan dan penerimaan gambar serta media yang digunakan sehari-hari.
- New Experiences of the Relationship between Embodiment, Identity and Community: Pergeseran dalam pengalaman pribadi, sosial setiap waktu dan tempat dalam skala lokal maupun global.
- New Conceptions of the Biological Body’s Relationship to Technological Media: Tantangan dalam menerima manusia, alam, teknologi, dan media sebagai penunjang yang nyata dan virtual.
- New Patterns of Organization and Production: Penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya media, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulasi.
New Media atau Media Baru memiliki beberapa karakteristik yaitu:
Digital
Dalam proses pada New Media, data-data yang diperoleh dalam media digital diubah ke dalam angka. Data-data yang telah dimasukkan dimunculkan dengan berbagai bentuk seperti teks, grafik atau diagram, foto serta video. Data tersebut disimpan dalam jaringan online yang menghasilkan sebuah output berbentuk digital diskdan drive memory. Setelah itu dikirim dengan jaringan telekomunikasi dan dapat dicetak sebagai hard copy.
Interactivity
Interactivity mengarah kepada khalayak untuk ikut campur dalam mengubah gambar atau teks yang ada dalam berita. Media Baru menuntut penggunanya aktif dalam bertindak agar menghasilkan sebuah makna dalam tulisan yang mereka baca atau lihat.
Hypertextual
Hypertextual atau disebut juga Hypertext merupakan media baru dalam sejarah media analog. Hypertextual ini menjelaskan sebagai teks yang memiliki jaringan dari link lain diluar teks, dan berkarakteristik sebagai media baru dan internet. Hal itu sangat berkaitan dengan sistem operasi komputer, databasem dan software. Hypertext ini sangat dibutuhkan oleh pengguna internet untuk menghubungkan beberapa media melalui sebuah teks yang mereka butuhkan.
Networked
Networked merupakan istilah dari jaringan, suatu hal atau informasi dengan mudah tersebar dan banyak media yang mempublikasikan informasi tersebut sehingga memudahkan khalayak dalam mengakses dan mendapatkannya. Hal itu dikarenakan dengan adanya perkembangan terknologi membuat khalayak mudah mengakses kapan pun dan di mana pun sesuai dengan keinginannya.
Virtual
Virtual adalah kondisi yang ada di dunia nyata. Dalam Media Baru informasi yang nyata merupakan identitas virtual yang mana diterapkan dalam kehidupan khalayak. Informasi yang nyata tersebut berasal dari pengalaman sehari-hari.
Simulated
Simulted atau Simulasi memiliki hubungan dengan virtual, tetapi simulasi mempunyai arti konsep yang lebih luas. Simulasi merupakan sebuah salinan dari sesuatu yang asli atau nyata. Namun simulasi sangat penting karena pada jantung realitas virtual.
Dengan perkembangan suatu teknologi dan internet terdapat portal berita yang menjadi bagian dari jurnalisme online. Portal berita tersebut adalah Kompas.com. Inilah beberapa penerapan karakteristik dalam Kompas.com:
- Digital,Kompas.com sudah menerapkan karakteristik ini. Dapat dilihat dengan adanya suatu jaringan internet yang menyampaikan berita atau informasi dalam Kompas.com secara cepat dan mudah. Dalam setiap berita yang diterima terdapat teks, grafik, foto atau video yang menjadi pendukung.
- Interactivity,Kompas.com dalam interactivity yaitu adanya kolom komentar yang dibuat oleh pihak portal berita. Kolom komentar tersebut untuk memberikan ruang kepada khalayak supaya dapat menanggapi berita yang disebar dan dapat mengemukakan pendapatnya secara bebas. Dengan adanya hal tersebut komunikasi diantara Kompas.com dan khalayak dapat berlangsung.
- Hypertextual, Kompas.com dalam hypertextual sangat mudah ditemukan karena terdapat link untuk membaca halaman berita berikutnya dan membaca berita lain dari luar.
- Networked, Kompas.com sangat menerapkan hal tersebut karena portal berita tersebut hanya dapat diakses melalui jaringan online atau berbasis dengan adanya jaringan internet. Dengan hal tersebut memudahkan khalayak mendapatkan berita atau informasi yang dibutuhkan.
Dengan adanya perkembangan teknologi, internet sebagai teknologi baru dapat menerapkan karakteristik yang ada dalam portal media. Dan dengan adanya Media Baru, seperti internet dapat memudahkan khalayak untuk memperoleh dan mengakses portal media yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
Sumber:
Lister. M. et al. (2009). New Media: A Critical Introduction 2nd Edition.New York: Routledge
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H