Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger/Content Creator

walau orang digaji gede sekalipun, kalau mentalnya serakah, bakalan korupsi juga.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

"Digital Journey", Langkah Bank Danamon Menyambut Era Digital

28 Oktober 2017   10:08 Diperbarui: 28 Oktober 2017   10:19 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CMO Bank Danamon Tony Darusman (Dokpri)

Dunia perbankan di Indonesia sudah dikenal lebih dari seabad lamanya, tercatat dalam perjalanan sejarah bangsa ini Bank pertama di Indonesia bernama De Javasche, NV (cikal bakal dari Bank Indonesia) yang berdiri pada zaman penjajahan Hindia Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, beberapa Bank baru mulai bermunculan salah satunya Bank Kopra Indonesia pada 16 Juli 1956 dan berubah nama di tahun 1976 menjadi Bank Danamon yang publik ketahui hingga sekarang.

Berlatar belakang sebagai perusahaan yang melayani bidang jasa, fungsi Bank berkembang seiring majunya zaman dan mengikuti ekspektasi kebutuhan nasabahnya. Pasca penjajahan Belanda usai, Bank tidak lagi sekedar tempat yang memfasilitasi jasa simpan pinjam dan pembelian/penjualan hasil bumi melainkan berkembang seperti memfasilitasi penjualan mata uang asing yang dipelopori pertama kalinya oleh Bank Danamon.

Lambat laun produk-produk perbankan kian bertambah dan lingkup pelayanan perbankan semakin luas sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan terbaik serta kemudahan bagi para nasabah dalam bertransaksi.

Melalui visi misi dan nilai-nilai perusahaan, Bank Danamon bertekad untuk menjadi lembaga keuangan terkemuka di Indonesia yang keberadaannya diperhitungkan, dimana berupaya memahami apa yang dibutuhkan setiap nasabah dan menanggapi kebutuhan tersebut secara tepat serta fokus pada proses pelayanan yang menerapkan teknologi dengan kehati-hatian dan tanggung jawab merupakan tantangan yang Bank Danamon hadapi di era digital seperti saat ini.

Transaksi perbankan yang mudah dan cepat kemudian dapat diakses kapan dan dimana saja didorong oleh pertumbuhan pesat pengguna mobile dan media sosial interaktif merupakan tuntutan para nasabah yang musti dipenuhi oleh lembaga keuangan guna keberlangsungan hidup mereka.

Tanpa inovasi selayaknya Bank akan tertinggal (dari Bank-bank lain) yang berimbas kepada berkurangnya kepuasaan nasabah terhadap pelayanan dan dapat mengakibatkan timbulnya sikap ketidakpercayaan konsumen kepada lembaga keuangan. Menyadari hal tersebut, Bank Danamon berupaya untuk terus berimprovisasi dan berinovasi memberikan yang terbaik untuk memuaskan para nasabahnya.

Salah satu usaha yang dilakukan Danamon adalah dengan cara me-retouch corporate website mereka www.danamon.co.id dan menyederhanakan struktur akun resmi media sosial Bank Danamon sebagai bentuk implementasi digital journey guna memperkuat kanal komunikasi antara Bank Danamon dengan pemegang kepentingan (nasabah maupun pelaku usaha) melalui Twitter : @danamon, Facebook : Bank Danamon, IG : myDanamon, Linkedln : Bank Danamon, Youtube : Bank Danamon, dan layanan nasabah berbasis Twitter : HelloDanamon yang menandai sebagai perwujudan dari "Danamon Digital Journey 18 - Connecting Future".

Diantara rekam jejak perjalanan Danamon Digital Journey  yang sebelumnya telah dilaksanakan:

- Desember 2016, meluncurkan aplikasi DCard Mobile. Aplikasi ini memiliki beragam fitur bagi pemegang Kartu Kredit Danamon untuk melakukan akses transaksi secara real time.

- Januari 2017, mereskin atau mengubah tampilan dasar website  Bank Danamon.

- Mei 2017, meluncurkan fitur Danamon Connect. Sebuah layanan transaksi keuangan terpadu untuk memudahkan dan membantu nasabah segmen Enterprise Banking (Korporasi, Komersial, Financial Institution, serta Usaha Kecil dan Menengah).

- Juni 2017, Bank Danamon menyederhanakan pelayanan perbankan menjadi 2 yaitu Bisnis dan Personal.

- Juni 2017, Bank Danamon melakukan visual treatment website agar tampil trendy dan eye-catching.

- September 2017, me-retouch website resmi Danamon agar lebih user friendly dan mudah diakses melalui perangkat mobile serta menyediakan fitur-fitur baru dengan menitikberatkan pada profile nasabah agar lebih cepat dan mudah.  Bank Danamon melakukan perombakan pada akun resmi myDanamon (Instagram) menjadi lebih atraktif serta fitur (call, email, dan direction) guna memudahkan komunikasi.

Danamon turut pula mengadakan kompetisi photo dan video di Instagram (periode 9 s.d 23 Oktober 2017) dengan beragam hadiah menarik. Caranya cukup ceritakan keseharianmu dalam semangat pegang kendali sesuai tema yang diusung secara bulanan. Daftarkan diri terlebih dahulu di : bit.ly/momenkendali, kemudian unggah photo/video pegang kendalimu melalui Instagram dan gunakan hashtag #MomenKendali.

Peningkatan mutu pelayanan disertai inovasi dimana memudahkan transaksi perbankan baik para nasabah dan pelaku bisnis merupakan sesuatu yang mutlak wajib dilakukan. Guna mengakomodir hal tersebut dan landasan visi dari Bank Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan maka Bank Danamon perlu berorientasi ke masa depan (#ConnectingFuture) .

Bank Danamon tidak hanya sekedar mempersiapkan dan menyediakan layanan perbankan baik serta berkualitas melainkan pula untuk menghadapi tantangan dunia digital yang semakin digandrungi oleh generasi milineal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun