Mohon tunggu...
Kholiq Bagus Sanjaya
Kholiq Bagus Sanjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Saya sangat peduli dengan alam, terlebih lagi dengan lingkungan yang ada di sekitar saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Manajemen Fasilitas Pendidikan

27 Desember 2021   03:01 Diperbarui: 27 Desember 2021   06:45 1481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen berasal dari kata kerja "manage" kata ini, menurut kamus the random house dictionary of the English language, college edition, berasal  dari bahasa Italia "manegg (iare)" yang bersumber pada perkataan latin "manus" yang berarti  "tangan". (Daryanto, 2013) berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata bahasa Inggris "to manage" yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa, dan memimpin).  Untuk itu, dari asal kata ini manajemen dapat diartikan pengurusan, pengendalian, memimpin, atau membimbing.

Manajemen diartikan sebagai proses pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, dan pengawasan. Manajemen dapat dikatakan sebagai suatu perencanaan dalam mengatur sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tatanan organisasi yang ideal. Sebuah manajemen sangat diperlukan agar tujuan dari organisasi bisa berjalan sesuai dengan keinginan bersama. 

Dalam mencapai sebuah tujuan ada banyak cara dan bagian-bagian yang harus diperhatikan sehingga semuanya harus membutuhkan sebuah proses dan tidak bisa mendapat hasil secara instan.

Di lingkungan sekolah ataupun sekolah ada beberapa manjemen yang harus diperhatikan dalam mencapai tujuan dari sekolah tersebut, diantaranya manajemen siswa, manajemen keuangan, manajemen sarpras, manajemen kurikulum, manajemen tata usaha, dan lain sebagainya. 

Manajemen sarana prasarana dan fasilitas merupakan salah satu dari bagian manajemen pendidikan yang sangat penting. Hal ini dikatakan sangat penting karena sebuah sekolah dikatakan bagus yang pertama terlihat adalah sebuah fasilitas yang diberikan mulai dari bangunan gedung, fasilitas olahraga, fasilitas pendidikan, dan fasilitas lainnya yang terlihat jelas oleh mata. 

Dalam dunia pendidikan, sarana dan prasarana harus tersedia guna untuk memenuhi keperluan pendidikan untuk perkembangan potensi siswa.

Fasilitas merupakan segala sesuatu yang dapat memudahkan dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha (Wahyuningrum, 2000). 

Pengelolaan atau manajemen fasilitas sekolah  memang  harus diperhatikan mulai  dari  pengadaan, perawatan,  dan  perbaikan hingga pengembangan. 

Karena sebuah fasilitas harus mempunyai fungsi yang jelas dan menguntungkan kepada sekolah tersebut. Sekolah juga dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya sarana dan prasarana di sekolah.  

Dalam menciptakan sebuah tujuan itu  maka pemerintah  mewajibkan setiap sekolah untuk memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar  lainnya, bahan habis  pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. 

Pemerintah juga mewajibkan supaya sekolah memiliki prasarana yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, seperti ruang kelas, ruang pimpinan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kantin, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, dan lain sebagainya sesuai dengan peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan yang menyangkut standar sarana dan prasarana secara nasional pada Bab VII Pasal 42.

Pada zaman sekarang di era globalisasi, fasilitas yang harus diperhatikan tidak jauh dari segi teknologi, hal ini dikarenakan sebuah informasi dan pertukaran data semuanya menggunakan internet. Untuk itulah sebuah sekolah diharapkan agar menekankan pada manajemen fasilitas pendidikan. Selain itu, dengan adanya fasilitas pendidikan yang terbaru dan mempunyai daya manfaat tinggi tentunya akan berdampak pada sebuah penilaian baik dari masyarakat dan dapat menarik banyak siswa untuk masuk di sekolah tersebut.

Secara umum, hasil dari peningkatan manajemen fasilitas pendidikan dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar supaya lebih maju, antara lain:

1.   Pembaruan Fasilitas

Supaya terlaksananya kegiatan belajar mengajar secara nyaman dan dapat meningkatkan progresifitas siswa, sekolah harus memperbaiki fasilitas-fasilitas yang diperlukan, diantaranya:

  • Memperbaiki faisitas kelas

Fasilitas pertama yaitu dari segi bangunan kelas, meja, kursi, dan papan tulis merupakan suatu barang yang sangat penting, barang-barang tersebut perlu diperhatikan, karena jika barang tersebut sudah tidak layak pakai/rusak maka perlu adanya pengadaan barang baru demi kenyamanan dalam keberlangsungan pembelajaran siswa di kelas. Disamping itu, perlu adanya pengadaan sebuah proyektor dan sound sebagai penunjang media pembelajaran agar siswa lebih semangat untuk belajar dan tidak bosan.

  • Memperbaiki fasilitas lapangan

Lapangan untuk para siswa berolahraga dan bermain juga merupakan fasilitas yang penting. Untuk lapangan di sekolah seharusnya terdapat 2 lapangan yaitu lapangan untuk upacara dan lapangan untuk berolahraga. Lapangan olahraga seharusnya ditempatkan dibagian belakang sekolah hal ini bertujuan agar ketika berolahraga tidak menggangu kelas lain yang sedang belajar di kelas.

  • Mengadakan berbagai ekstrakurikuler

Ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh semua siswa yaitu melalui ekstrakulikuler pramuka. Tujuan dari pramuka sendiri untuk melatih generasi muda dalam memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki siswa.

  • Membuat pengadaan komputer

Di era globalisasi ini, siswa diharapkan dapat megoperasikan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk itu sekolah harus menyiapkan fasilitas komputer supaya dapat meningkatkan skill belajar TIK, terlaksananya pembelajaran dengan menggunakan TIK untuk meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar, dan meningkatkan semangat siswa dalam kegiatan belajar mengajar akan berdampak pada meningkatnya mutu pembelajaran.

2.  Prestasi Belajar

Menurut (Subandijah, 1993) prestasi belajar adalah penampilan pencapaian peserta didik dalam suatu bidang studi, berupa kualitas dan kuantitas hasil kerja peserta didik selama periode waktu yang telah ditentukan yang diukur dengan tes standar.

Prestasi belajar adalah suatu kemampuan yang dimiliki siswa setelah berusaha untuk melaksanakan pembelajaran. Kemampuan tersebut sebagai kemampuan untuk menjadi lebih baik dari kemampuan sebelumnya. Hal-hal yang menunjang prestasi belajar siswa meliputi, pengadaan situasi belajar yang baik, pelatihan alat intelektual, ulangan pada setiap mata pelajaran, dan lain sebagainya.

KESIMPULAN

Di lingkungan sekolah ada beberapa manjemen yang harus diperhatikan dalam mencapai tujuan dari sekolah tersebut, manajemen sarana prasarana dan fasilitas merupakan salah satu dari bagian manajemen pendidikan yang sangat penting. 

Hal ini dikatakan sangat penting karena sebuah sekolah dikatakan bagus yang pertama terlihat adalah sebuah fasilitas yang diberikan mulai dari bangunan gedung, fasilitas olahraga, fasilitas pendidikan, dan fasilitas lainnya yang terlihat jelas oleh mata. 

Dalam dunia pendidikan, sarana dan prasarana harus tersedia guna untuk memenuhi keperluan pendidikan untuk perkembangan potensi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun