A. Aliran-aliran Filsafat Pendidikan
a. Aliran Progresivisme
Aliran ini merupakan Filsafat Pendidikan yang berkembang pesat pada permulaan abad ke - 20. Aliran ini selalu memandang bahwa pendidikan adalah proses perkembangan. Sehingga seorang pendidik harus selalu siap untuk berbagai metode dalam pengupayaan ilmu pengetahuan terbaru, dan berbagai perubahan - perubahan yang menjadi kecenderungan dalam masyarakat,oleh karena itu aliran ini berpengaruh pada pembaharuan pendidikan.Â
b. Aliran Esensialisme
Esensialisme adalah pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak peradaban umat manusia.Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang jelas
c. Aliran Prenialisme
Aliran ini memiliki esensi kepercayaan Filsafat yang berpegang pada nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat abadi.Â
B. Tokoh-tokoh Aliran Pendidikan
a. Horace Man
Seorang pelopor pendidikan sekolah Amerika untuk umum, Ia dibesarkan ketika pendidikan tidak mudah diperoleh, mereka yang tinggal di pedesaan miskin Amerika. Horace Man masuk di Browne University belajar hukum dan menikmati karir politik dengan sukses, Ia menggunakan pengaruhnya untuk memajukan perubahan dalam sistem pendidikan Amerika.
B.  Fredrick frudel
Dia adalah pelopor pendidikan Anak Usia Dini. Dia berasal dari jerman yang dipengaruhi filsafat pendidikan oleh horesmen dan maryam montisori. Dia dibesarkan disaat keyakinan anak muda memiliki berbagai sifat bawaan yang akan terungkap secara bertahap dengan tahap matural. Dia mendirikan Taman Kanak-kanak yang didalamnya bertujuan kebebasan berekspresi, kreativitas, interaksi sosial, aktivitas motorik, learning by during sebagai fokusnya.
C. Charlotte Mason
   Charlotte mason mengemukakan bahwa setiap anak baik dari sosial yang tinggi,sedang maupun rendah itu harus mendapatkan pendidikan yang sama, karena menurutnya semua anak berhak dan wajib mendapatkan pendidikan yang sama.
D. Margaret Bancroft
Pelopor Pendidikan Khusus. Margaret memulai usaha yang berani dan kesepian dengan membuka pesantren swasta pertama di Haddonfield, New Jersey untuk anak-anak keterlambatan perkembangan. Margaret percaya bahwa anak-anak  cacat diperlukan seolah khusus yang disesuaikan bahan dan terlatih baik daripada guru yang ada dilembaga - lembaga .
Semoga bermanfaat
Sekian terima kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H