Mohon tunggu...
Kurnia Sandy
Kurnia Sandy Mohon Tunggu... Human Resources - Student of Universitas Indonesia

Majoring Business Administration Class of 2020

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Rencana Pengembangan Usaha Produk SACU

29 Mei 2019   09:43 Diperbarui: 29 Mei 2019   16:08 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Multisize SACU Bag

SACU Bag merupakan sebuah tas inovatif yang memiliki konsep two-in-one dengan tentunya memudahkan customer dalam membawa barang bawaannya sesuai kapasitas yang diperlukan. Seperti pada namanya, SACU, yang berasal dari kata 'SAC' dalam Bahasa Inggris yang mempunyai arti saku atau kantong.

Kami memilih nama ini dikarenakan arti dari kantung tersebut dimana produk kami mempunyai kelebihan dalam kantong yang mampu menyimpan banyak barang. SACU disebut sebagai tas two-in-one karena SACU dapat dipakai dalam ukuran kecil dan bisa di upsize menjadi ukuran yang lebih besar, tergantung dari banyaknya barang yang ingin kita bawa.

Kami membuat SACU terinspirasi dari cara hidup masyarakat di zaman sekarang yang sudah peduli akan lingkungan hidup. Masyarakat saat ini sangat menekuni hidup 'green living' atau hidup tanpa bahan plastik, sehingga kami berinisiatif dalam pembuatan produk yang ramah lingkungan dan membantu masyarakat lain yang belum menerapkan hidup green living turut serta dalam perubahan ini.

SACU berfungsi sebagai alat pengganti plastik setiap kita akan pergi berbelanja atau membeli suatu barang. Biasanya, jika kita membeli suatu produk di toko, saat membayar akan diberikan plastik sebagai alat yang membawa produk yang kita beli tersebut. SACU disini lahir untuk membantu mengurangi pemakaian plastik tersebut.

Pengembangan atau Penambahan Varian Produk

Bentuk yang kami buat untuk produk tas ini adalah multisize bag, atau tas yang dapat diubah ukurannya dengan sesuai kebutuhan. Multi Size bag adalah suatu inovasi yang sangat bermanfaat dengan dapatnya kita membawa banyak barang hanya dengan satu tas. Produk SACU memberi fungsi zipper (lihat Gambar 1.) sebagai penyambung untuk membesarkan atau mengecilkan tas tersebut. SACU juga dapat dikatakan foldable bag, karena produk ini dapat dilipat dan disimpan ke dalam tas utama yang kita bawa. Desain SACU yang simple dengan warna yang seru membuat tas ini dapat digunakan juga sebagai tas utama atau tas berpergian. SACU memiliki dua warna, yaitu merah dan biru. Keduanya sangat difavoritkan, terlebih lagi untuk target pasar kami.

SACU merupakan produk yang mempunyai nilai tambah dalam keramahannya akan lingkungan. Perbedaan SACU dengan produk lain yang sejenis adalah SACU memiliki bahan 600D, yakni bahan yang tipis dan cukup kaku, namun tetap dapat disimpan atau dilipat. Bahan yang kami pakai bias digunakan dalam produksi tas atau barang lainnya untuk modal ekonomis namun kualitasnya relatif baik. 

Harga yang terjangkau juga salah satu faktor peminat dari target pasar kami, karena sebelumnya kami melakukan market research terlebih dahulu mengenai kisaran harga yang cocok untuk SACU.

Untuk pengembangan dan penambahan varian produk, kami berencana untuk menambahkan warna-warna dan motif di fisik tas. Warna yang dipilih berupa warna pastel dan warna monokrom. Warna ini sangat digemari target pasar kami karena warnanya yang cocok dan masuk dengan pakaian sehari-hari, sehingga tas SACU dapat digunakan juga untuk bepergian.

Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Team SACU berfokus pada penjualan produk kepada masyarakat di sekitar kampus UI atau Depok. Sistem penjualan kami awalnya secara langsung atau direct selling, dimana kami langsung menawarkan produk kepada pembeli. Target kami adalah para masyarakat urban atau masyarakat yang Ibukota yang memang dalam kesehariannya akan membawa banyak barang.

Contoh, seperti para pekerja yang suka membawa laptop dalam genggamannya. Lalu, kami menargetkan para wanita atau ibu-ibu yang sering berbelanja di pasar maupun supermarket, yang biasanya akan membawa barang belanjaannya menggunakan plastik. Dan, tentunya masyarakat lain khususnya pada kelas bawah ke kelas menengah yang memang membutuhkan extra bag atau tas yang extra size dalam membawa bawaannya.

Penyesuaian Value Proposition

SACU adalah tas yang memiliki konsep two in one dengan tentunya memudahkan customer dalam membawa barang bawaannya sesuai kapasitas yang diperlukan. SACU juga terinspirasi karena kesadaran akan lingkungan untuk mengurangi banyaknya penggunaan plastik. Maka dari itu, kami menentukan Value Proposition dari SACU Bag sebagai:

  1. Environmental Friendly Bag

Yaitu tas yang ramah lingkungan dengan mendukung serta turut serta dalam menjaga lingkungan dengan menerapkan gerakan anti plastik. Di beberapa kota di Indonesia sudah menegakan gerakan tanpa kantong plastik. 

Yang dimana dihimbau untuk menyediakan tas yang digunakan untuk membawa seluruh barang bawaan ataupun belanjaan. Hal ini guna untuk mengurangi banyaknya sampah plastik yang ditimbun.

Barang bawaan atau belanjaan juga tidak dapat diprediksi jumlah kapasitasnya. Sehingga kadang menjadi tidak efisien ketika harus membawa dua ukuran dalam satu perjalanan. 

Berdasarkan penjabaran masalah diatas, maka munculah sebuah ide yakni membuat sebuah tas yang dapat mencakup barang bawaan atau belanjaan yang juga menunjang gerakan Eco Friendly, dan terciptalah SACU Bag.

  1. Multi Size Bag

SACU adalah tas two-in-one, yaitu tas yang dapat digunakan dalam ukuran kecil maupun besar, sesuai kebutuhan para pelanggan saat menilai jumlah barang bawaannya. Ketika barang yang dibawa tidak cukup banyak, contoh hanya keperluan sehari-hari seperti dompet dan buku, pelanggan dapat menggunakan yang ukuran kecil saja. 

Namun, ketika pelanggan sedang membawa barang yang lebih banyak atau berat, zipper yang terdapat pada bagian luar tas, dapat dibuka dan secara langsung tas akan membesar volume penempatan barangnya. Semudah itu menggunakan SACU dalam dua ukuran.

  1. Easy to Use

Kembali lagi dengan ukuran yang fleksibel, SACU sangat mudah digunakan setiap hari. Mudahnya adalah SACU turut mengurangi beban ketika pelanggan sedang membawa banyak barang, seperti belanjaan di pasar, shopping pakaian, membawa laptop, maupun tas baju saat travelling. 

  1. Water Resistant dan Strong

SACU sudah terbukti kuat walaupun sedang membawa barang dalam jumlah yang banyak. Kami sudah menguji nya untuk memasukkan keperluan kuliah, seperti laptop, dua buku tebal, buku tulis, dan keperluan masing-masing pelanggan. 

Dan satu lagi keunikan dari produk kami, dengan bahan SACU yang cukup tebal namun ringan, bahan ini water resistant atau tahan air. Tidak takut saat pelanggan sedang membawa barang elektronik di tas nya, kemudian tidak sengaja terjebak dalam hujan. Sudah teruji juga, produk kami tidak mudah basah dan tidak mudah menyerap air, sehingga sangat aman untuk digunakan di outdoor.

Value proposition yang dijelaskan sudah diaplikasikan dalam penjualan kami kepada pelanggan. Pelanggan cukup senang dengan adanya tas serbaguna ini sebagai tas yang membantu dalam membawa barang yang banyak. 

Tidak sedikit, contohnya, orang yang sudah bekerja di kantoran seringkali dalam membawa dua tas atau lebih. Biasanya, mereka tidak menggunakan tas besar, karena tidak ingin terlihat terlalu ribet dalam membawa banyak tas. SACU membantu dalam pelaksanaannya di sistem gerakan anti plastik.

Untuk value proposition kedepannya, kami sedang melakukan uji coba pre-order, yaitu sistem pembelian barang dengan memesan dan membayar terlebih dahulu sebelum produksi dimulai, dengan tenggang waktu tunggu (estimasi/perkiraan) sampai barang tersedia.

Pre-order atau PO biasanya memilih ukuran sendiri dan bisa custom, sebagai contoh, saat ada pelanggan menyampaikan kritik berupa warna yang sudah ada (merah dan biru) terlalu heboh dan ia meminta untuk custom warna biru muda dengan motif garis-garis. Warna memang menjadi salah concern pelanggan saat beli, maka dari itu kami memikirkan untuk membuka jasa pre-order. 

Harga pre-order juga lebih murah dibanding ready stock karena pelanggan sudah mau membayar di awal (sebelum produksi) dan menunggu proses produksi sampai barangnya jadi.

Pengembangan dan Penyesuaian Hubungan Pelanggan

Penjualan produk SACU yang telah kami lakukan adalah mengikuti pameran atau exhibition yang diselenggarakan di daerah Depok. Kami berkontak langsung dengan pelanggan untuk membeli produk kami. Setiap pelanggan yang datang pada saat itu, kami memberikan harga khusus yaitu mengkorting senilai 15% dari harga normal yaitu Rp100.000 menjadi Rp85.000. kami melakukan pemotongan harga ini sebagaimana memperkenalkan produk kami pertama kali ke khalayak umum secara langsung.

Selain berjualan secara langsung, kami juga menawarkan penjualan online melalui social media, Instagram @sacu.bag. Foto produk yang telah diunggah ke sosial media SACU bisa langsung dilihat oleh pelanggan dan bisa langsung memesannya dengan menghubungi kontak yang tertera di informasi foto tersebut, atau jika ada pelanggan yang sudah kenal dengan kita, mereka bisa langsung ke masing-masing anggota tim SACU. 

Setelah menjualkan produk-produk kami kepada pelanggan, kami mencoba untuk menghubungi kembali atau follow up kepada pelanggan apakah puas dengan produk kami atau tidak. Jika ada kerusakan, kami siap untuk bertanggung jawab. Dan, jika pelanggan puas dan ingin melakukan pembelian kembali, kami akan langsung dapat mengirimkan tas tersebut kepada pelanggan melalui kurir pengantar barang.

Kegiatan ini kami definisikan sebagai personal assistant. Kami mencoba untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, sehingga mereka mau untuk memesan kembali produk kami. Dengan senang hati juga, kami siap untuk melayani jika terjadi kesalahan dengan produk kami untuk ditukarkan kembali dengan yang benar. 

Pengembangan dan Penyesuaian Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran yang saat ini digunakan oleh SACU adalah masih secara online yaitu dengan media sosial. Kedepannya kami juga akan mulai memasarkan melalui platform-platform marketplace yang ada di Indonesia. Salah satu platform marketplace yang sesuai dengan target market SACU adalah platform Shopee, karena positioning Shopee yang sudah menjadi marketplace untuk perempuan. Namun tidak terbatas pada satu marketplace saja, bisa juga dengan menggunakan beberapa marketplace lainnya.

Selain dapat melakukan pemasaran melalui platform tersebut, kami juga sekaligus dapat melakukan penjualan. Pemasaran yang dilakukan di platform marketplace adalah dengan melakukan langganan promosi, agar produk yang kami unggah ke platform tersebut dapat dilakukan di dalam platform, sehingga customer engagement menjadi lebih besar. 

Penyesuaian Aktivitas Utama

Aktivitas utama dalam produk SACU meliputi desain produk, produksi, quality control, pemasaran, dan penjualan. Penyesuaian yang kami lakukan adalah dengan menyusun timeline pada masing-masing aktivitas, sehingga hasil dari aktivitas utama akan semakin mendukung produksi dan penjualan produk SACU. Saat ini manajemen aktivitas utama produk SACU belum dilakukan dengan baik, sehingga diharapkan dengan penyesuaian timeline aktivitas utama, kedepannya aktivitas utama produk SACU dapat dilakukan lebih baik lagi.

Penyesuaian Sumber Daya Utama

Sumber daya utama pada produk SACU ini adalah para anggota tim SACU sendiri dan juga tim dari vendor. Penyesuain yang akan kami lakukan adalah dengan melakukan koordinasi ulang terkait manajemen produksi. Kami akan berdiskusi terkait jumlah minum produk yang harus diproduksi untuk setiap desainnya. Sehingga jika jumlah minum ini dapat ditekan, kami akan mampu memproduksi produk yang makin bervariasi, sesuai dengan permintaan pasar. 

Pengembangan dan Penyesuaian Rekan Kerja

Saat ini masing-masing anggota tim SACU memiliki tanggung jawab masing-masing yang saling mendukung produksi dan sampai penjualan produk SACU.

Mengingat masing-masing tim juga memiliki tanggung jawab diluar SACU, kami akan melakukan perencanaan terkait pencadangan tanggung jawab. Sehingga ketika salah satu anggota yang memiliki peran penting dalam suatu aktivitas produk SACU namun berhalangan hadir karena memiliki prioritas yang lebih mendesak diluar SACU, akan terdapat anggota yang mampu mengambil alih peran tim tersebut. 

Dengan manajemen peran pencadangan anggota tim, maka dalam setiap lini produksi SACU tidak akan terjadi hambatan karena faktor kesibukan masing-masing anggota tim. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun