Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Mengulik Media Sosial Cinema 21

8 Mei 2018   19:41 Diperbarui: 9 Mei 2018   07:47 1305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)

Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Media sosial menjadi penting untuk sebuah perusahaan. Hal ini berguna untuk identitas dari perusahaan tersebut. Meningkatnya teknologi dan internet pada zaman saat ini membuat banyak orang lebih memilih untuk mengakses internet. Misalnya, dahulu pencarian jadwal bioskop bisa dilakukan di koran. 

Ada kolom khusus untuk memberitahukan jadwal tayang film. Saat ini, dengan majunya teknologi, orang-orang hanya perlu membuka web resmi ataupun media sosial dari Cinema 21 ataupun bioskop yang lainnya untuk melihat jadwal tayang film beserta harga tiketnya.

Adapun yang dinamakan social media manageryang bertujuan untuk mengatur administrasi pemasaran pada media sosial hingga membuat perencanaan untuk konten yang akan diunggah dalam media sosial dari perusahaan tersebut.

Media Sosial Cinema 21

Media sosial yang dimiliki oleh Cinema 21 antara lain Twitter dan Instagram. Twitter Cinema 21 (@cinema21) memiliki followers sekitar 11,3 juta, sedangkan media sosial Instagram Cinema 21 (@cinema.21) memiliki followers sekitar 11,6 ribu. Angka ini termasuk banyak untuk sebuah media sosial suatu perusahaan. Pada Twitter Cinema 21, mereka sudah mengunggah 19,9 ribu tweets, sedangkan pada media sosial Instagram ada 1.088 posts.

Untuk akun Twitter yang dimiliki oleh Cinema 21, hanya ada jadwal dari film yang akan tayang beserta dengan video trailer dari film tersebut. Ada beberapa informasi mengenai film yang akan tayang atau yang sedang tayang. Terkadang juga memberikan gambar poster dari sebuah film. Pada beberapa kesempatan, akun memberikan informasi mengenai diskon potongan harga tiket bioskop maupun voucher menonton film gratis.

Tidak berbeda dengan akun Instagramnya, Cinema 21 juga memberikan gambar poster dan video dari film yang akan tayang atau yang sedang tayang. Video berupa trailer dari film yang bersangkutan. Secara konten, Cinema 21 memiliki konsistensi antara media sosial Twitter dan Instagramnya. Media sosial Twitter dan Instagram memiliki konten yang sama dengan gambar atau video serta caption yang sama.

Melihat dari kriteria responsibility of the social media manager, akun Cinema 21 baik melalui Twitter dan Instagram kurang memberikan alasan mengapa harus membeli dan menonton di Cinema 21. Sangat sedikit unggahan seperti manfaat menonton di Cinema 21. Akun hanya memberikan informasi bahwa ada studio IMax yang akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda denagn studio regular. Selain itu juga informasi mengenai Mtix yang akan mempermudah pembelian tiket melalui smartphone.

Konten Visual

Berdasarkan konten visualnya, akun Twitter dan Instagram dari Cinema 21 sudah sangat baik karena mereka memberikan poster dari film terlebih dahulu. Setelah para followers penasaran, mereka akan memberikan teaser dari film tersebut karena memang video yang diunggah memiliki batas maksimal durasi. Pada postingan selanjutnya, mereka akan memberikan teaser yang berbeda dengan yang sudah diberikan sebelumnya beserta dengan tanggal tayangnya. Hal ini membuat para followers semakin penasaran dengan film tersebut.

Untuk akun Twitter, gambar pada bagian header menampilkan gambar Avengers: Infinity War dan IMax studio yang mana film tersebut sedang tayang dan menarik banyak perhatian para penikmat film. Untuk ikon profile pictures mereka tetap menggunakan logo yang dimiliki oleh Cinema 21. Untuk akun Instagram, logo yang dipasang tetap logo Ciinema 21. Hal yang membedakannya dengan Twitter adalah pada bagian highlight Instagram story. Mereka memberikan highlight "Now Playing" yang berisi poster dari Avengers: Infinity War.

Promo Cinema 21

Cinema 21 dapat dianggap sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para customernya. Target dari bioskop ini adalah anak muda yang gemar menonton film untuk hobi atau sekedar anak muda yang ingin mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan film. Mereka memberikan konten yang sesuai dengan perkembangan film. Selain memberikan informasi mengenai tralier dan jadwal tayang, mereka juga memberikan informasi mengenai lomba membuat fim hingga informasi mengenai potongan harga tiket bioskop. Hal ini termasuk juga dalam promosi yang dilakukan oleh Cinema 21.

Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Promosi lain yang dilakukan oleh Cinema 21 adalah dengan memberikan merchandise yang berkaitan dengan film yang sedang tayang. Misalnya, pada media sosial Twitter dan Instagram, Cinema 21 memberikan info untuk mengunggah tiket menonton Avengers: Infinity War ke Twitter atau Instagram dengan hashtag yang sudah ditentukan. Kemudian pihak Cinema 21 akan mengumumkan pemenang dan akan memberikan merchandise berupa Funko Pop dari karakter super heroes Avengers.

Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Interaksi dan Komentar

Untuk kriteria engagement strategy, sebenarnya akun Twitter dan Instagram dari Cinema 21 masih kurang berinteraksi dengan para followersnya karena tidak pernah memberikan komentar atau feedback kepada followers yang memberikan komentar di media sosial. Meskipun ketika dilihat dari komentar yang ada, sangat jarang komentar negatif yang diberikan kepada Cinema 21, namun tidak ada juga feedback yang diberikan Cinema 21 kepada komentar tersebut.

Masih berbicara mengenai engagement strategy, Cinema 21 tidak memiliki sapaan khusus untuk para followersnya. Namun mereka masih menggunakan bahasa informal dengan menggunakan kata "kamu" menyesuaikan dengan followers mereka yang mana didominasi oleh anak muda. Selain itu juga mereka terkadang mengunggah salam untuk hari tertentu seperti Hari Kartini, Hari Idul Fitri, bertujuan untuk sekedar menyapa para followersnya.

Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Twitter Cinema 21 (sumber: https://twitter.com/cinema21)
Kesimpulannya, sebuah perusahaan memerlukan social media manager untuk meningkatkan awareness dan identitas dari perusahaan tersebut. Social media manager juga perlu untuk memperhatikan kriteria yang ada. Hal ini bertujuan agar konten yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens dan followers-nya. Pada akun media sosial dari Cinema 21, mereka sudah cukup baik. Cinema 21 dapat meningkatkan awareness dari para followers namun masih kurang interaktif karena tidak berinteraksi langsung dengan para followersnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun