Metaverse, yang dikenal sebagai dunia virtual yang menggabungkan elemen-elemen digital dan realitas dalam lingkungan interaktif, kini mulai dianggap sebagai bagian penting dari revolusi teknologi di berbagai sektor, termasuk pendidikan.Â
Sedangkan di Indonesia, meskipun tingkat infrastruktur teknologi belum merata, fenomena ini harus segera diantisipasi oleh pemerintah dan institusi pendidikan.
Hal ini dikemukakan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan menengah, Prof Abdul Muti, yang menyatakan bahwa metaverse memiliki potensi besar untuk mengubah cara siswa belajar, meskipun tantangan terkait infrastruktur dan ketimpangan akses teknologi harus diatasi terlebih dahulu.
Pak Menteri, Metaverse Dunia Pendidikan Bukan Mimpi Lagi itulah mungkin kalimat usil yang keluar dari para GenZ penikmat metaverse.Â
Tampaknya menteri baru ini lebih memahami dunia pendidikan secara holistik dibandingkan menteri sebelumnya. Meski Metaverse pendidikan saat ini bukan priorotas, tampaknya harus mulai diperhatikan dan dirintis dikota -kota besar di negeri ini.
Metaverse dalam dunia pendidikan bukan lagi sekadar mimpi bagi murid, guru, dan dunia pendidikan Indonesia, melainkan semakin menjadi kenyataan yang dapat mengubah paradigma pembelajaran.Â
Dengan adanya kemajuan teknologi dan peningkatan infrastruktur digital di berbagai daerah, Indonesia mulai mengeksplorasi penggunaan ruang virtual untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan imersif.Â
Bagi murid, metaverse menawarkan kesempatan untuk belajar di luar batas kelas fisik, memungkinkan mereka untuk menjelajahi konsep-konsep yang sebelumnya sulit dijangkau.Â
Guru dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan metode pengajaran yang lebih kreatif dan kolaboratif, sementara pemerintah, dengan dukungan kebijakan dan investasi dalam teknologi, berperan penting dalam memastikan akses yang merata bagi semua lapisan masyarakat.Â
Tantangan terkait akses internet, perangkat keras, dan kesiapan sumber daya manusia masih ada, namun dengan upaya bersama, metaverse dapat menjadi bagian integral dari transformasi pendidikan di Indonesia.