Mohon tunggu...
Sandi Aprilian
Sandi Aprilian Mohon Tunggu... Wiraswasta - wirausaha

Astrophile

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Berkunjung ke Rumah Kakak di Bandung Barat Melewati Jalur Ekstrim Namun Asri

15 Mei 2023   08:00 Diperbarui: 15 Mei 2023   08:12 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekitar satu minggu  setelah lebaran, saya berkunjung ke rumah teteh (Kakak Perempuan) Saya yang berada di desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Teteh yang asli orang Cianjur menikah dengan pribumi daerah tersebut.

Kakak ipar saya bekerja sebagai perawat, profesi yang masih jarang ditemui untuk daerah tersebut. Di rumahnya, dia membuka tempat praktek kecil.

Ini adalah kali kesekian-nya saya berkunjung ke rongga. Maksud kedatangan saya kali ini seperti biasa silaturahmi dengan keluarga kakak ipar di sana, sekalian membantu proyek yang sedang dijalankan kakak ipar saya.

Selain bekerja sebagai tenaga medis, beliau juga memiliki beberapa usaha sampingan diantaranya membuka tempat kursus Bahasa Inggris dan Komputer. 

Kakak menawarkan saya mengajar kelas Bahasa Inggris di sana. Untuk pembicaraan lebih lanjutnya saya berkunjung.

Rongga merupakan kecamatan dengan kawasan pertanian dan perkebunan. Beberapa penampakan alam diantaranya gunung Burangrang, perbukitan dan sungai. Panorama-panorama tersebut serta suhu udara  yang sangat sejuk membuat saya betah tinggal berlama-lama di sana.

salah satu bukit di daerah Cibedug Kec Rongga dekat dengan rumah kakak (dokumen pribadi)
salah satu bukit di daerah Cibedug Kec Rongga dekat dengan rumah kakak (dokumen pribadi)

Namun yang menjadi tantangan adalah perjalanan menuju ke rumah kakak terbilang ekstrim. Saya yang berangkat dari Cianjur memiliki dua opsi jalur, diantaranya. 

Pertama jalur melewati Cimahi-Cililin trek yang aman dengan kondisi jalan tidak begitu krikil namun beresiko terkena macet dan waktu tempuh bisa mencapai 3-4 jam.

Jalur kedua yaitu melalui jalan saguling yang jarak tempuhnya mencapai 2,5 jam. Saya memutuskan untuk  melalui jalur saguling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun