Rider di kelas MotoGP saat ini terhitung sebanyak 22 rider dari 11 tim. Beberapa diantaranya akan tetap bertahan dengan tim mereka sebelumnya. Namun sebagian akan mencoba tantangan baru dengan tim yang berbeda.
Di antara mereka ada yang berpindah tim tetapi dengan pabrikan yang sama, hijrah ke pabrikan pesaing dan kembali ke pabrikan sebelumnya.Â
Ini lah ke sembilan riders yang akan menggunakan seragam baru pada MotoGP 2023.
Enea Bastianini dari tim Gresini ke Ducati Lenovo Tim.
Kilas balik di tahun 2021, Enea yang naik kelas sebagai status Juara Moto2 2020 menunjukan talentanya dengan meraih dua podium dan berada di posisi sebelas klasemen. Memasuki musim 2022 Â Enea tampil jauh lebih baik. Meraih kemenangan pertamanya di GP pembuka Qatar. Secara total meraih enam podium, empat diantaranya adalah kemenangan membuatnya berada di posisi tiga klasemen akhir.
Dengan penampilannya yang impressive, pada tanggal 26 Agustus, Enea dipromosikan ke tim pabrikan mendampingi sang juara dunia Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Tim). Dengan datang membawa tekad yang kuat, bisakah Enea merebut mahkota juara di 2023?
Dari Suzuki ke Honda: Perubahan pemandangan untuk Rins dan Mir
Tim Suzuki mengejutkan publik MotoGP, di bulan Mei mereka mengumumkan akan mundur di kejuaraan dunia. Membuat tahun 2022 adalah tahun terakhir mereka di MotoGP setelah sebelumnya kembali pada tahun 2014. Mengetahui hal tersebut kedua ridernya kebingungan dengan nasib mereka di 2023. Tetapi mereka akhirnya bisa bernapas lega.Â
Repsol Honda yang sebelumnya sudah tertarik dengan Joan Mir  menawarkan kontrak selama dua tahun kepadanya. Tanpa berpikir panjang juara dunia 2020 itu langsung menerima pinangan tersebut, berbagi tempat dengan Marc Marquez.Â
Sedangkan Alex RIns yang meraih dua kemenangan di tahun 2022 akan bertandem dengan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di tim satelit. Mengakhiri musim di posisi ke-7 klasemen dapatkah Alex Rins kembali tampil memukau dengan warna yang baru?
Duo GasGas: Rookie dan Veteran
Tampil luar biasa di tahun 2022, Augusto Fernandez (Tech3 GasGas Factory Racing) meraih gelar juara dunia Moto2 pada GP pamungkas Valencia. Pembalap asal Spanyol itu telah lama menjadi penantang kuat untuk promosi ke kelas utama.Â
Pada bulan September ia resmi diumumkan sebagai rider GASGAS yang bermitra bersama tech3 untuk membentuk tim baru di MotoGP. Fernandez yang menjadi rookie satu-satunya di tahun 2023, akan menjadi rekan satu tim Pol Espargaro (Tech3 GasGas Factory Racing).Â
Ini menjadi ajang reuni bagi pembalap berusia 31 tahun bersama Tech3. Sebelumnya Pol menjalankan debut bersama Tech3 di 2014. Setelah dua tahun bersama Honda dan hanya meraih dua podium dan satu pole position. dengan pengalamannya, rider bernomor 44 itu ditunjuk menjadi pimpinan proyek pengembangan GASGAS yang nantinya diharapkan untuk maju bersama rekan setim mudanya.
Oliveira dan Raul Fernandez menyelesaikan teka-teki baru Aprilia
Setelah sebelumnya membela bersama Yamaha, RNF Malaysia akan berpindah struktur pada 2023 untuk bersaing bersama Aprilia. Sejak musim debutnya di 2015, akhirnya Aprilia memiliki  tim satelit MotoGP. Miguel Oliveira dan Raul Fernandez terpilih sebagai penunggan bagi tim yang bermarkas di Italia tersebut. Miguel Oliveira, pembalap asal Portugal yang telah meraih lima kemenangan selama empat tahun karirnya di MotoGP adalah taruhan yang tepat untuk tim.
 Rider dengan nomor 88 itu menunjukan kemampuannya yang mengesankan untuk beradaptasi dengan motor Aprilia dengan hasil tercepat ke empat di tes Valencia lalu. Tidak bisa diragukan lagi dia akan bisa tampil mengesankan di hadapan publiknya nanti saat di Portimao.
Di sisi lain, Raul Fernandez berada di posisi yang sangat berbeda. Setelah musim sulitnya sebagai rookie di 2022. Pembalap asal Spanyol itu berhasil mengukir sela-sela baru untuk dirinya di kelas MotoGP. Raul berniat tampil menunjukan potensi sebenarnya sepanjang musim depan dengan mengandalkan struktur baru tim RNF dan Aprilia. Apakah dia akan bisa menunjukan bakatnya yang membuat dia menjadi runner-up di kejuaraan Moto2 2021?
Pergerakan lain : akan kemana arah Jack Miller dan Alex Marquez berkendara?
Dengan naiknya Enea Bastianini ke tim pabrikan Ducati ini mengguncang pasar transfer, untuk sebagian orang merasa senang dan sebagian lagi dirugikan. Dalam hal ini perubahan tersebut mempengaruhi Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP) yang menggantikan ‘Beast’ julukan Enea.Â
Pembalap asal Australia itu meninggalkan kursi tim merah dengan raihan total tujuh podium pada 2022 Â salah satunya puncak podium di GP Jepang dan bertengger di klasemen ke lima. Musim terbaik keduanya di kelas elit.
Dengan delapan musimnya di MotoGP, Miller akan membentuk barisan yang berpengalaman dan menarik bersama Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing). Adapun Alex Marquez, pembalap asal Spanyol itu meninggalkan Honda untuk mengambil kesempatan mengubah nasibnya di 2023 mengendarai Desmo GP22.
Tanggal penting pertama di musim ini yaitu tes Sepang pada 10 Februari jadi jangan lewatkan! Â (sumber berita : MotoGP.com)
diedit oleh : Sandi Aprilian
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H