Lima Kekuatan Porter adalah suatu analisis yang digunakan perusahaan untuk mengevaluasi kekuatan kompetitif yang berperan dalam industri mereka dan terlibat dalam perencanaan strategis yang memperhitungkan struktur industri secara spesifik dan kekuatan relatif pemasok dan pembeli. Analisis ini sendiri dirancang oleh seorang profesor universitas Harvard Business School yang bernama Michael E. Porter.Â
Melalui analisis ini Porter mendorong dunia usaha untuk melihat melampaui persaingan industri langsung mereka dan melakukan analisis industri yang komprehensif untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kemampuan pertumbuhan mereka. Michael Porter menyebutkan ada 5 kekuatan yang menentukan intensitas persaingan suatu pasar.Â
1. Persaingan Kompetitif
Mengevaluasi tingkat persaingan industri berdasarkan jumlah pesaing yang dimiliki dan kekuatan relatif pesaing.Â
2. Kekuatan Pemasok
Semakin banyak pemasok, semakin mudah untuk menekan biaya.
3. Kekuatan Pembeli
Jika sedikit pembeli, maka kekuatan pelanggan akan meningkat. Jika banyak pelanggan, maka penjual akan memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan persyaratan sendiri dan mempertahankan keuntungan.
4. Ancaman Substitusi
Kemungkinan alternatif pelanggan untuk meniru layanan yang kita punya.
5. Ancaman Pendatang Bar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H