Mohon tunggu...
Samudra SindyPertiwi
Samudra SindyPertiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Kudus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kekayaan Terpendam, Mahasiswa KKN Undip Bantu Promosikan 27 Kekayaan Terpendam Kaliputu

8 Agustus 2021   14:50 Diperbarui: 8 Agustus 2021   15:16 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Promosi UMKM Jenang di Instagram

Kudus (21/07/21), Desa Kaliputu merupakan Desa Wisata Kuliner di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan produk andalannya yakni jenang. Jenang merupakan makanan yang terbuat dari bubur gamping yang terbuat dari tepung beras, gula dan santan kelapa.

Sejak masa pandemi Covid-19, pendapatan para pelaku UMKM Jenang mengalami penurunan. Dalam hal ini Desa Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus mebutuhkan bantuan untuk mengedukasi warga agar bisa bertahan dan meningkatkan pendapat dengan melakukan kegiatan branding, kampanye social secara online dan promosi online.

Sesi Wawancara dengan Pelaku UMKM
Sesi Wawancara dengan Pelaku UMKM

Berdasarkan hasil survey umkm dan wawancara dengan para pelaku umkm jenang, mereka menyatakan bahwa masa pandemic sekarang membawakan banyak perbedaan. 

Baik secara produksi dan pemasaran, hal ini dikarenakan sulit memasarkan produk, tidak banyaknya wisatawan yang berkunjung dan tidak bisa melakukan pengiriman jenang ke luar kota karena terkendala PPKM. 

Terlagi masih kalahnya jenang-jenang home industry dari pencarian pembeli karena dengan adanya brand jenang ternama yang sudah ada.

Foto Toko Jenang Karomah
Foto Toko Jenang Karomah

Dengan ini Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Kaliputu Kudus membantu memberdayakan umkm yang ada dengan cara mempromosikan dan kampanye umkm melalui media social instagram. 

Kegiatan promosi dan kampanye dilakukan untuk meningkatkan brand awareness desa kaliputu yang terkenal dengan desa wisata dan sentral pusatnya jenang.

Dinamakan sebagai sentral pusatnya jenang juga ada dasarnya, hal ini dikarenakan di Kaliputu sendiri dalam satu wilayah terdapat 27 UMKM yang sama yaitu jenang home industri, jenang home industri juga tidak kalah enak rasanya dengan jenang-jenang ternamaan yang ada. 

Target program ini tak lain yakni para pelaku UMKM Jenang Desa Kaliputu. Program ini diharapkan dapat membantu mereka para pelaku usaha jenang untuk meningkatkan kembali pendapatannya dengan menggencarkan promosi melalui Instagram, membantu mempromosikan UMKM Jenang agar semakin dikenal luas, baik brand dengan merk ternama maupun home industri dari dalam kota sendiri maupun luar kota.

Dengan adanya promosi UMKM Jenang secara online diharapkan dapat meningkatkan brandawarness dan mempermudah masyarakat untuk mengkases dan mencari tahu secara lebih jauh tentang macam-macam jenang yang ada. Dari nama brand, alamat pembelian, harga jual, serta varian rasa yang ditawarkan dan nomor telfon untuk info lebih lanjut.

Promosi UMKM Jenang di Instagram
Promosi UMKM Jenang di Instagram

Penulis : Samudra Sindy Pertiwi

Fakultas/Program Studi : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi

Dosen Pembimbing Lapangan : Mahendra Pudji Utama, S. S., M. Hum.

Lokasi : Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun