Mohon tunggu...
Samsimar
Samsimar Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Olah Raga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Praktice Essay

3 Februari 2024   16:44 Diperbarui: 3 Februari 2024   16:58 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE ESSAY

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Project Based Learnind (PBL)

UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERAN AKTIF PESERTA DIDIK       DALAM PEMBELAJARAN

PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH

Disusun Oleh

Samsimar, S.Pd

NIM : 23100260934

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            PROGRAM PROFESI GURU DALAM JABATAN ANGKATAN 3

     UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA  2023

  • PENDAHULUAN
  •  
  • Salah satu indikator penting untuk mengetahui capaian kompetensi siswa adalah prestasi belajar akademik, untuk hasil assesmen siswa yang masih rendah  perlu pembinaan serta penerapan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, untuk itu guru harus melakukan peningkatan minat, motivasi dan pengunaan media pembelajaran yang di praktekkan. yaitu faktor Internal, Eksternal serta sarana prasarana yang belum maksimal. Percaya diri dan motivasi siswa masih rendah merupakan penghambat namun semangat guru dan tokoh pemerintah daerah menjadi pendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Rencana dalam Mudol Ajar belum  maksimal diterapkan karena siswa yang belum siap terhadap inovasi dalam pembelajaran. Namun berdasarkan analisis hasil belajar kejasama dan kekompakan Siswa dalam kelompok menunjukkan bahwa hasil belajar sudah mengalami perbaikan dengan mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning                                ( PBL).

  • Pembahasan

Beberapa tantangan dalam pembelajaran Penjumlahan bilangan cacah adalah guru perlu mengukur berbagai aspek seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pemahaman konsep. Penilaian dilakukan secara konsisten merupakan suatu tantangan. Guru perlu memastikan bahwa standar penilaian diterapkan secara konsisten, penilaian formatif dalam pembelajaran memerlukan waktu dan upaya tambahan, guru harus melacak kemajuan siswa dan merancang intervensi yang sesuai.

Tantangan harus dilewati dengan berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai metode penilaian, termasuk metode yang memungkinkan pengukurun komprehensif, guru dapat bekerjasama dengan rekan guru untuk berbagi pengelaman dan ide tentang penilaian yang efektif. Menerapkan penilaian formatif secara rutin dalam proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik berkelanjutan kepada siswa.

Langkah yang dilakukan untuk menghadapai tantangan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan membuat Bahan Ajar, Media Ajar, LKPD, Instrumen Penilaian dan Soal beserta kisi-kisi. Dampak dari pembelajaran inovatif ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Langkah model pembelajaran PBL sangat Efektif karena siswa menjadi lebih bersemangat dan aktif mengikuti  pembelajaran serta orientasi pembelajaran adalah student oriented.

1.Jarimgan telkomsel yang kurang mendukung

3.kurang paham mengunakan teknologi

    Semua terlibat dalam sebuah tantangan Guru,Teman sejawat,dan perserta didik.

   Adapun dampak dari Aksi dari Langkah --langkah yang dilakukan adalah:

             1.perserta didik dapat pengalaman langsung dalam praktik

      

             3.motivasi perserta didik bertambah cerdas

  Setelah melakukan refleksi keseluruhan dengan perserta didik dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan.sebagai guru saya sendiri harus memahami bahwa menjadi guru yang berprofesioan harus bisa menyesuaikan diri dan pembelajaran dengan perserta didik,sebagai guru harus menguasai pembelajaran yang inofatif dan mampu melaksanakan .

Kesimpulan :

       Model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi, peran aktif dan berpikir keritis dalam  pembelajaran Marematika denan melalui praktek di depan kelas mengunakan media serta perencanaan yang matang antara guru dan perserta didik kependidikan sehingga tercapainya pendidikan berkualitas,meningkatkan motivasi perserta didik.

 

Daftar Pustaka :

Agustin, V. N (2013) Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Elementary Education.2 (1): Halaman 37.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lismaya, L. (2019) Berpikir kritis & Problem Based Learning (PBL). Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Sugiyono. (2019).  Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun