Telkom University (Tel-U) menciptakan sebuah aplikasi game edukasi berbasis mobile bernama SkyNesia Adventure.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu metode pembelajaran inovatif yang kini semakin diminati adalah game-based learning, yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Merespons kebutuhan ini, mahasiswaAplikasi ini merupakan produk dari program Work Ready Program (WRAP) yang diinkubasi oleh Bandung Techno Park (BTP). Ide kreatif ini digagas oleh Emas Dai Ashshiddiiqi, mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Tel-U, yang terinspirasi dari realitas bahwa banyak siswa merasa materi pembelajaran sering kali disampaikan dengan cara yang monoton dan kurang menarik. Dalam proses pengembangannya, Emas merekrut 10 mahasiswa lintas jurusan dari berbagai universitas untuk bersama-sama menciptakan SkyNesia Adventure.
Fitur Atraktif SkyNesia Adventure
SkyNesia Adventure dirancang dengan fitur-fitur unggulan yang memadukan teknologi terkini dan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan. Berikut beberapa fitur utama yang dimiliki aplikasi ini:
Hologram DIY
SkyNesia menghadirkan fitur hologram yang menarik bagi anak-anak SD. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat media layar hologram DIY (Do It Yourself) yang mendukung pembelajaran aktif. Anak-anak dapat belajar melalui visualisasi hologram yang unik, sehingga materi pelajaran terasa lebih hidup dan mudah dipahami.Augmented Reality (AR)
Teknologi Augmented Reality dalam SkyNesia memberikan pengalaman belajar yang imersif. Anak-anak dapat melihat objek 3D yang disajikan secara visual di lingkungan nyata. Dengan cara ini, mereka tidak hanya belajar melalui teori, tetapi juga merasakan pengalaman praktis yang memperkuat pemahaman mereka.Kuis Interaktif
SkyNesia dilengkapi dengan fitur kuis yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep pembelajaran secara mendalam. Fitur ini memungkinkan anak-anak mengevaluasi pemahaman mereka, mengoreksi kesalahan, serta memotivasi mereka untuk terus belajar.
Antusiasme Anak-anak terhadap SkyNesia Adventure
Dalam tahap uji coba, SkyNesia Adventure mendapatkan respons yang sangat positif dari siswa SD dan SMP. Emas Dai Ashshiddiiqi mengenang pengalaman berkesan saat menguji aplikasi ini bersama anak-anak melalui platform Zoom.
"Kejadian yang paling diingat adalah saat saya menguji produk SkyNesia kepada anak-anak sekolah SD dan SMP melalui Zoom. Melihat mereka excited saat melakukan pengujian tersebut memberikan kepuasan tersendiri dan menjadi momen yang berkesan bagi saya," ujar Emas.
Antusiasme anak-anak terlihat dari bagaimana mereka menggunakan aplikasi ini untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, feedback positif dari masyarakat semakin mendorong tim pengembang untuk terus meningkatkan kualitas aplikasi ini.
Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran melalui Game Edukasi
SkyNesia Adventure hadir sebagai solusi untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menarik. Dengan pendekatan berbasis teknologi, aplikasi ini membantu siswa memahami konsep pembelajaran melalui pengalaman yang interaktif.
Anak-anak yang menggunakan SkyNesia Adventure merasa bahwa belajar menjadi lebih menyenangkan. Hal ini tidak hanya meningkatkan motivasi mereka untuk belajar, tetapi juga mempercepat proses pemahaman materi yang diajarkan.
Harapan dan Masa Depan SkyNesia
Melalui karya inovatif ini, Emas Dai Ashshiddiiqi berharap mahasiswa Indonesia terus terpacu untuk menciptakan solusi kreatif di bidang pendidikan. Ia juga menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan agar aplikasi seperti SkyNesia dapat terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar bagi dunia pendidikan.
"Anak-anak merasa belajar menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi game seperti SkyNesia. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dan memberikan feedback positif yang mendorong saya untuk terus mengembangkan aplikasi ini," tambah Emas.
SkyNesia Adventure adalah contoh nyata bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan. Dengan kolaborasi antara mahasiswa, universitas, dan institusi seperti Bandung Techno Park, karya-karya inovatif seperti ini memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi nyata dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia.
Ke depan, SkyNesia Adventure diharapkan dapat menjadi salah satu solusi utama dalam mendukung transformasi digital di sektor pendidikan, serta menjadi inspirasi bagi inovator muda lainnya untuk terus berkarya dan membawa perubahan positif bagi masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H