Telkom University (Tel-U) menciptakan sebuah aplikasi game edukasi berbasis mobile bernama SkyNesia Adventure.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu metode pembelajaran inovatif yang kini semakin diminati adalah game-based learning, yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Merespons kebutuhan ini, mahasiswaAplikasi ini merupakan produk dari program Work Ready Program (WRAP) yang diinkubasi oleh Bandung Techno Park (BTP). Ide kreatif ini digagas oleh Emas Dai Ashshiddiiqi, mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Tel-U, yang terinspirasi dari realitas bahwa banyak siswa merasa materi pembelajaran sering kali disampaikan dengan cara yang monoton dan kurang menarik. Dalam proses pengembangannya, Emas merekrut 10 mahasiswa lintas jurusan dari berbagai universitas untuk bersama-sama menciptakan SkyNesia Adventure.
Fitur Atraktif SkyNesia Adventure
SkyNesia Adventure dirancang dengan fitur-fitur unggulan yang memadukan teknologi terkini dan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan. Berikut beberapa fitur utama yang dimiliki aplikasi ini:
Hologram DIY
SkyNesia menghadirkan fitur hologram yang menarik bagi anak-anak SD. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat media layar hologram DIY (Do It Yourself) yang mendukung pembelajaran aktif. Anak-anak dapat belajar melalui visualisasi hologram yang unik, sehingga materi pelajaran terasa lebih hidup dan mudah dipahami.Augmented Reality (AR)
Teknologi Augmented Reality dalam SkyNesia memberikan pengalaman belajar yang imersif. Anak-anak dapat melihat objek 3D yang disajikan secara visual di lingkungan nyata. Dengan cara ini, mereka tidak hanya belajar melalui teori, tetapi juga merasakan pengalaman praktis yang memperkuat pemahaman mereka.Kuis Interaktif
SkyNesia dilengkapi dengan fitur kuis yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep pembelajaran secara mendalam. Fitur ini memungkinkan anak-anak mengevaluasi pemahaman mereka, mengoreksi kesalahan, serta memotivasi mereka untuk terus belajar.
Antusiasme Anak-anak terhadap SkyNesia Adventure
Dalam tahap uji coba, SkyNesia Adventure mendapatkan respons yang sangat positif dari siswa SD dan SMP. Emas Dai Ashshiddiiqi mengenang pengalaman berkesan saat menguji aplikasi ini bersama anak-anak melalui platform Zoom.
"Kejadian yang paling diingat adalah saat saya menguji produk SkyNesia kepada anak-anak sekolah SD dan SMP melalui Zoom. Melihat mereka excited saat melakukan pengujian tersebut memberikan kepuasan tersendiri dan menjadi momen yang berkesan bagi saya," ujar Emas.
Antusiasme anak-anak terlihat dari bagaimana mereka menggunakan aplikasi ini untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, feedback positif dari masyarakat semakin mendorong tim pengembang untuk terus meningkatkan kualitas aplikasi ini.