1. Bidang kegiatan yang dipilih
Publick speaking merupakan komunikasi secara lisan seperti berpidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan orang banyak (di deman umum). kemampuan public speaking harus dimiliki oleh setiap orang khususnya seseorang yang sering berinteraksi dengan orang lain.
Kemampuan secara verbal ini harus ditonjolkan dalam hal penguasaan materi publick speaking. Oleh sebeb itu, Publick speaking sebaiknya diperkenalkan pada anak - anak dari usia dini supaya mereka bisa terbiasa dan bisa melatih untuk berbicara didepan banyak orang (di depan umum) dan menjadi public speaker yang baik. Umumnya siswa SD memiliki kesulitan dalam hal berbicara didepan umum. Untuk itu, dengan adanya Prokrer ini atau kegiatan ini anak - anak dapat mempelajari dan mempraktekkan secara langsung berbicara di depan banya orang.
2. Maksud, Tujuan dan Saran
Maksud dari dilakukan Optimalisasi skill public speaking ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan informasi pentingnya menguasai skill publick speaking, memberikan contoh bagaimana cara mengatasi rasa gerogi atau cangung ketika kita ada di depan banyak orang.
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara bagi siswa didepan umum serta meningkatkan minat siswa untuk berani tampil di depan umum. sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/i SDN sidorejo yang ada di Kecamatan Deket.
kegiatan ini dilakukan sebanyak 2 kali yang diaadakan pada siang hari. adapun teknik pelaksanaanya yaitu pada pertemuan pertama anak - anak diberikan materi berupa PPT mengenai public speaking dan cara mengatasi rasa takut saat akan berbicara di depan umum, pada pertemuan kedua siswa/i sebanya 2 orang diminta untuk maju kedepan kelas untuk perkenalan didi dan melakukan pidato.
3. Hasil yang dicapai dan tindak lanjut
Hasil dari optimalisasi public speaking yang sudah dilakukan terlihat dari ke 2 orang siswa/i maju kedepan kelas untuk membaca sebuah naskah pidato, terlihat bahwa mereka sudah mampu mengatasi rasa takut  dan gugup ketika mereka sudah mampu mempratekan public speaking secara langsung di depan kelas dihadapan temannya.
Tindak lanjut yaitu dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa/i kedepanya bisa tampil percaya diri dan mampuh untuk berbicara di depan umum serta bisa mempraktekan semua teori yang sudah di pelajari sebelumnya.
4. faktor pendukung dan penghambat
Faktor pendukung dari optimalisasi skill public speaking iyalah antuisme anak -anak SDN sidorejo, dukungan dari wali kelas dan kepala sekolah yang telah memberikan izin untuk bisa menyelengarakan kegiatan ini, ilmu yang diperoleh selama di perkuliahan, partisipasi dari anggota kelompok KKN 41 dan siswa/i SDN sidorejo.Â
faktor penghambat adalah minimnya waktu yang diberikan oleh wali kelas selama kegiatan berlangsung, dan minimnya siswa/i yang berani tampil langsung di depan umum.
Nama : Bagus Dwi Prasetyo
Nim : 180441100058
Fak/Jur: Sistem informasi/ Teknik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H