Mohon tunggu...
Salsabil Lahfah Fathurrahman
Salsabil Lahfah Fathurrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian pada PT Pegadaian (Persero)

27 Juni 2023   15:30 Diperbarui: 27 Juni 2023   15:32 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Assesment Indonesia Industry 4.0 Readines Index PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya (dokpri)

Perkembangan ekonomi di Indonesia sekarang ini sangat pesat, yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dunia industri yang diikuti dengan meningkatnya aktivitas usaha dan kebutuhan di Indonesia. Untuk memenuhi segala kebutuhan dalam upaya meningkatkan aktivitas usaha diperlukan tambahan dana, tambahan dana didapat dari dalam perusahan itu sendiri maupun dari luar perusahaan seperti lembaga keuangan non bank (Pegadaian).

Banyak nasabah yang tertarik untuk memilih meminjam uang ke PT. Pegadaian (Persero) dikarenakan prosedur dalam pemberian kredit untuk nasabahnya tidak terlalu rumit atau bisa dikatakan mudah. Pegadaian sangat penting dan berperan untuk memberikan kemudahan kepada nasabahnya karena, sebagai berikut :
1.Pegadaian dapat mengatasi masalah tanpa masalah.
2.Memberikan uang tunai lebih cepat.
3.Tidak perlu menjual barang yang berharga.
4.Dapat menjadi transaksi untuk berbagai logam mulia.
5.Tempat penitipan barang yang aman dan terpercaya.

PT. Pegadaian (Persero) sendiri mempunyai slogan seperti Mengatasi Masalah Tanpa Masalah, yang artinya masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak ingin barang yang dijaminkannya hilang ataupun rusak, karena barang yang telah digadai dapat diambil kembali bila pinjaman telah ditebus atau dilunasi.

Perusahaan yang telah memiliki budaya kerja INTAN yang dijabarkan dalam 10 (sepuluh) perilaku utama insan Pegadaian dan telah disosialisasikan dan diimplementasikan ke seluruh karyawan melalui program change agent dan culture fair. Perusahaan juga mempunyai kode etik karyawan (code of conduct) dan telah ditandatangani oleh seluruh insan pegadaian sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan hak dan kewajibannya mulai dari jajaran Dewan Komisaris, Direksi, para pejabat dan staf, yang diharapkan dapat mempengaruhi prilaku positif para karyawan.

Setiap kegiatan proses operasional unit kerja di Pegadaian berpedoman pada standar operasi prosedur kerja yang didalamnya telah melekat sistem pengendalian internal yang memadai. Efektifitas pengendalian internal unit kerja dikaji ulang secara berkala oleh Pengawasan Internal di kantor cabang, kantor wilayah dan kantor pusat.

Seluruh manajemen dan karyawan Pegadaian memiliki peran dan tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas dan pelaksanaan sistem pengendalian internal.

Pada tahun 2017, SPI telah melakukan pemeriksaan mengenai sistem pengendalian internal dan penerapannya yaitu pengelolaan keuangan Perusahaan, pengelolaan operasional bisnis dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk dalam hal ini, memeriksa data keuangan dan operasional yang ada baik di Kantor Pusat, Kantor Wilayah, Kantor Area, Kantor Cabang dan Unit Pelayanan Cabang (UPC). Pegadaian juga sudah membuat pedoman umum SPI, Pedoman Audit Cabang dan Area, Pedoman Audit Kantor Wilayah dan Perusahaan).

Untuk monitoring atas implementasi internal kontrol pada unit kerja dilakukan oleh jajaran Satuan Pengawasan Intern antara lain dengan melakukan pemantauan atas efektifitas sistem pengendalian internal atas kegiatan operasional di Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan Cabang maupun pada anak perusahaan dilakukan oleh Auditor Internal untuk mengevaluasi terhadap SOP dan kebijakan yang dibuat oleh manajemen terkait proses bidang keuangan, operasional, SDM, Logistik, TI dan PKBL & CSR serta sarana pendukung lainnya dengan melakukan pemeriksaan atas keakuratan data keuangan dan operasional serta kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan SPI atas efektifitas sistem pengendalian intern tahun 2017 menunjukkan bahwa secara umum sistem pengendalian intern Perusahaan telah berjalan dengan baik dengan batas risiko yang terukur.

Dokument Kegiatan PT. Pegadaian (Persero)

Pelatihan P3K Kanwil XXI PT Pegadaian Surabaya
Pelatihan P3K Kanwil XXI PT Pegadaian Surabaya

Golden Action Zero Fraud
Golden Action Zero Fraud

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun