Go Digital adalah upaya bisnis atau UMKM dalam mengoptimalkan pemanfaatan sarana teknologi secara online untuk menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, proses pemasaran atau promosi produk bisnis dilakukan dengan platform digital sehingga bisa menjangkau konsumen lebih cepat, luas, dan relevan.
Untuk saat ini salah satu upaya pengembangan UMKM di Indonesia adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada UMKM untuk dapat go digital. Strategi pemasaran modern tidak terbatas pada promosi offline, tetapi sudah memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Langkah seperti ini disebut dengan go online. Maksudnya ialah sebuah langkah memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan promosi. Â
Berikut beberapa alasan mengapa UMKM harus Go Digital :
- Pengguna Internet yang Semakin Banyak
Pada jaman sekarang Pengguna Internet semakin banyak mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Hal ini dikarenakan lebih banyak masyarakat di daerah perbatasan yang bisa menjangkau internet. Berbekal data ini, sangat masuk akal jika para pelaku UMKM dapat menjangkau ranah digital.Â
- Biaya Operasional yang Lebih MurahÂ
Ekosistem digital dapat lebih menekan biaya operasional, seperti sewa kios, workshop, atau cara pemasaran offline lainnya. Melalui go digital, pemilik UMKM tidak harus memiliki toko fisik untuk memasarkan produk, karena bisa memanfaatkan website atau media sosial. Jadi dapat membuat biaya operasional lebih hemat.
- Pertumbuhan UMKM Lebih CepatÂ
Begitu cepatnya penyebaran informasi saat ini bisa menjadi kunci utama untuk menjalankan pemasaran digital pada bisnis UMKM. Pemanfaatan platform digital secara maksimal dapat membuat orang yang melihat produk kita semakin banyak, jadi potensi penjualan juga akan semakin meningkat.
- Meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas
Ketika UMKM memutuskan untuk go digital, UMKM akan memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Bisnis UMKM akan memperoleh nilai lebih dari calon pelanggan bila sudah memiliki media sosial atau bahkan website sendiri. Ditambah lagi ketika bisnis UMKM masuk ke sebuah platform jualan online, akan memberi kredibilitas yang instan. Ini karena presensi online tersebut dapat mencerminkan keseriusan bisnis terhadap bisnis yang dijalankan dan merepresentasikan image profesionalitas kepada para konsumen. Balik lagi, kredibilitas yang baik juga akan tercipta ketika usaha UMKM berhasil memperoleh review online yang positif dari para pelanggan yang pernah mencobanya.
- Memperoleh review/feedback dengan lebih mudah
Alasan lain kenapa bisnis harus go digital adalah kemudahan UMKM untuk mendapatkan review dan feedback. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para UMKM agar bisa berkembang. Para UMKM bisa memperoleh masukan yang bermanfaat untuk mengevaluasi produk/jasa yang di tawarkan. Ketika memperoleh review positif, tentu itu dapat berperan sebagai media promosi untuk menarik lebih banyak lagi audiens agar mencoba produk/jasa yang dijual. Selain itu, review positif juga menjadi cara efektif untuk membangun kepercayaan konsumen dan menampilkan kredibilitas dari bisnis UMKM. Ini juga akan meningkatkan penjualan.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita ketahui kenapa UMKM harus Go Digital , salah satunya yaitu membuka kesempatan yang lebar bagi para pemilik bisnis UMKM dapat bertahan dengan kondisi yang tidak menentu kedepannya.
Setidaknya saat bisnis atau UMKM sudah Go Digital membuat kita lebih profesional serta siap bersaing dengan kemajuan teknologi yang makin hari kian maju dan berkembang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H