Mohon tunggu...
Salma Wijayanti
Salma Wijayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang, S1 Pendidikan Sosiologi

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Edukasi Efisiensi Energi Sebagai Penerapan Masyarakat Indonesia Bijak Pada Murid Kelas 4 SDN 2 Wonomulyo Oleh Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UM

10 Desember 2024   17:18 Diperbarui: 2 Januari 2025   07:36 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Lokasi SDN 2 Wonomulyo Kabupaten Malang (Sumber : Google Maps)   

ANGGOTA KELOMPOK 3  MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA UNIVERSITAS NEGERI MALANG :

  • Lovita Meisabinawati 
  • Meutya Sandi Kartika Nusa
  • Nailul Chal Al-Karimah
  • Roidah Bilqis Vica Basyasyah
  • Saliyatul Wangsa Tranggini
  • Salma Wijayanti
  • Salwana

DOSEN PEMBIMBING : Dr. Sri Untari.MSi.

TUJUAN  KEGIATAN : Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa kelas 4 SDN 2 Wonomulyo mengenai efisiensi energi sebagai bentuk penerapan warga negara Indonesia yang bijak, meningkatkan pemahaman siswa mengenai efisiensi energi serta pengamalannya.

LOKASI KEGIATAN : SDN 2 Wonomulyo di Jl. Raya Robyong, Wates, Wonomulyo, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65157

KARAKTERISTIK LOKASI : 

  • Kondisi Sosial : Kondisi sosial yang kami telah amati di SDN 2 Wonomulyo yaitu menunjukkan tantangan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Meskipun terdapat fasilitas seperti tempat cuci tangan dan kamar mandi telah disediakan, siswa masih jarang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat tersebut, seperti mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan jajan sembarangan juga masih tinggi di kalangan siswa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi termasuk kurangnya edukasi kesehatan dan kondisi sosial ekonomi di sekitar sekolah. Upaya untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat perlu ditingkatkan agar dapat mengubah perilaku siswa secara positif.
  • Kondisi Ekonomi : Kondisi ekonomi di SDN 2 Wonomulyo dipengaruhi oleh keadaan desa yang secara umum memiliki tingkat kerendahan yang cukup tinggi. Pendapatan rata-rata warga yang hanya cukup untuk kebutuhan pokok, dengan banyak penduduk bekerja sebagai petani dan pedagang. Meskipun terdapat potensi pengembangan melalui pariwisata dan program dana desa, masih banyak tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas yang dapat mendukung perkembangan ekonomi sekolah.
  • Kondisi Lingkungan : Kondisi lingkungan yang kami amati di SDN 2 Wonomulyo menunjukkan bahwa halaman sekolah memiliki lingkungan yang cukup bersih, beberapa di dalamnya  memiliki fasilitas yang cukup baik meski kurang terawat, dengan lingkungan yang bersih namun sering terkotori oleh sampah dedaunan. Kebisingan dari jalan raya menjadi masalah di banyak sekolah, mengganggu konsentrasi siswa saat belajar. Tetapi dengan lingkungan yang baik dan bersih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

ALASAN PEMILIHAN LOKASI : Kami memilih lokasi ini karena lokasinya berada di tengah perdesaan daratan tinggi untuk menggambarkan bagaimana pendidikan sekolah dasar di daerah tersebut. Sekolah ini terletak di sekitar sawah dan pasar dan meskipun sudah ada upaya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan mengajarkan siswa bagaimana cara menghemat apa itu efisiensi energi, siswa masih sering jajan sembarangan dan kurang menerapkan kebiasaan bersih serta kurangnya pemahaman yang mendalam tentang efisiensi energi tersebut. Pentingnya pendidikan kesehatan bagi siswa sekolah dasar ini agar peneliti ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi institusi pendidikan dan guru dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan siswa.

LETAK GEOGRAFIS :

Foto Lokasi SDN 2 Wonomulyo Kabupaten Malang (Sumber : Google Maps)   
Foto Lokasi SDN 2 Wonomulyo Kabupaten Malang (Sumber : Google Maps)   

OBJEK KEGIATAN : Peserta didik kelas 4 SDN 2 Wonomulyo Kabupaten Malang

PELAKSANAAN KEGIATAN :  Tanggal 22 November 2024, pukul 07.30-10.50 WIB

PROSES PENYAMPAIAN MATERI SERTA PEROLEHAN DATA : Penyampaian materi dilakukan menggunakan power point yang ditampilkan pada proyektor kelas dan materi diberikan setelah peserta didik menjawab soal uraian pada soal Pre Test. Pengumpulan data untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terkait efisiensi energi, kami melakukan 2 test yakni Pre Test (soal dalam bentuk isian uraian yang kami berikan sebelum penyampaian materi) serta Post Test (soal dalam bentuk pilihan ganda yang kami berikan setelah penyampaian materi). Soal Pre Test serta Post Test yang kami berikan adalah soal yang sama dan hanya berbeda bentuk jawabannya saja.

ISI MATERI YANG KAMI SAMPAIKAN DALAM BENTUK POWER PONT :

Pengertian :

 Efisiensi energi mengacu pada seberapa baik suatu sistem atau alat memanfaatkan energi untuk mencapai suatu tujuan atau melaksanakan suatu tugas. Dengan kata lain, upaya itu dilakukan untuk mengurangi konsumsi energi.

Manfaat Efisiensi Energi :

1. Kualitas Hidup Lebih Baik

Lingkungan yang sehat dan udara yang bersih dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita dan membuat hidup kita lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Mendorong Inovasi

Dengan menerapkan efisiensi energi pada kehidupan maka dapat mendorong pengembangan teknologi baru yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

3. Menjaga Lingkungan

Mengurangi penggunaan energi membantu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat karena berkurangnya pencemaran udara.

4. Keberlanjutan Energi

Penghematan energi bisa membantu kita untuk menjaga ketersediaan sumber daya energi agar tidak habis di masa depan.

5. Mengurangi Pemanasan Global

Menghemat energi dapat membantu mengurangi pemanasan global karena dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil.

6. Hemat Biaya

Dengan menghemat energi, kita bisa mengurangi tagihan listrik di rumah. sehingga kita memiliki lebih banyak uang untuk keperluan lain.

Penerapan Efisiensi Energi :

1. Menggunakan Panel Surya

Panel surya menggunakan energi cahaya matahari terbarukan sehingga dapat menggantikan energi listrik dari batu bara dan minyak bumi ke panas matahari. Panel surya dapat menghemat listrik karena energi yang dihasilkan berasal dari sinar matahari yang gratis, sehingga pengguna tidak perlu membayar biaya listrik tambahan.

2. Menggunakan Lampu LED

Lampu pijar mengubah sebagian besar energi listrik menjadi panas dan hanya sebagian kecil menjadi cahaya, sedangkan lampu LED hanya membuang energi dalam bentuk panas yang jauh lebih sedikit daripada lampu pijar. Penggunaan lampu LED juga cenderung lebih lama, yaitu bisa mencapai 50.000 jam atau 50  kali lebih lama dari lampu pijar.

3. Memilih Berjalan Kaki Daripada Naik Kendaraan

Dengan berjalan kaki maka dapat menghemat penggunaan minyak bumi, karena berjalan kaki tidak membutuhkan bahan bakar. Selain itu dengan berjalan kaki membuat kita lebih sehat dan tidak menimbulkan polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan transportasi.

Foto Penyampaian Materi Efisiensi Energi
Foto Penyampaian Materi Efisiensi Energi
Foto Penyampaian Materi Efisiensi Energi
Foto Penyampaian Materi Efisiensi Energi

HASIL KEGIATAN : 

Berdasarkan observasi yang kami lakukan di SDN 2 Wonomulyo, kami melakukan pengambilan data menggunakan Pre Test dan Post Test. Pada Post Test dan Pre Test kami memberikan soal berjumlah 5 point dengan soal yang sama, dimana pada Pre Test tipe soal esai dan Pre Test tipe soal pilihan ganda. 

Pada Pre Test dengan jawaban berbentuk uraian yaitu bertujuan menguji sejauh mana pengetahuan siswa sebelum diberikannya materi oleh peneliti, dapat diketahui bahwa siswa kelas 4 SDN 2 Wonomulyo kurang mengetahui apa itu Efisiensi Energi dimana mereka sama sekali tidak dapat menjawab soal yang diberikan.

Pada Post Test dengan jawaban berbentuk pilihan ganda yaitu menguji sejauh mana pemahaman siswa kelas 4 SDN 2 Wonomulyo ttentang Efisiensi Energi setelah diberikannya materi oleh peneliti. Disini, peneliti memberikan materi yang sesuai dengan soal yang diberikan, dimana siswa akan lebih dapat memahaminya. Dapat diketahui jumlah siswa kelas 4 SDN 2 Wonomulyo adalah 32 siswa, namun 2 siswa tidak dapat mengikuti test ini dikarenakan ada kepentingan lain yang berkaitan dengan sekolah. Hasil Post Test dengan rincian sebagai berikut :

  • Siswa salah 1  = 9 anak dengan presentase 28,1%
  • Siswa salah 2  = 3 anak dengan presentase 9,3%
  • Siswa salah 3  = 1 anak dengan presentase 3,1%
  • Siswa benar semua      = 17 anak dengan presentase 53,1%
  • Siswa tidak mengikuti = 2 anak dengan presentase 6,2%

Diagram Hasil Pengerjaan Soal Post Test
Diagram Hasil Pengerjaan Soal Post Test

SOAL PRE TES DAN POST TES SISWA :

1. Apa yang dimaksud dengan efisiensi energi?

2. Contoh efisiensi energi?

3. Manfaat efisiensi energi?

4. Bagaimana cara yang bijak untuk menghemat energi listrik yang ada di rumah kamu?

5. Apa dampak positif dari efisiensi energi?

PILIHAN JAWABAN POST TEST :

Soal Nomor 1

A. Efisiensi energi adalah upaya untuk boros sumber daya energi.

B. Efisiensi energi adalah upaya untuk membuang-buang sumber daya energi.

C. Efisiensi energi adalah upaya untuk berbagi sumber daya energi.

D. Efisiensi energi adalah upaya untuk menghemat dan melestarikan sumber daya energi.

Jawaban : D

Soal Nomor 2

A. Menyalakan lampu pada siang hari.

B. Mematikan keran air jika sudah tidak dibutuhkan.

C. Mengendarai sepeda motor walaupun jaraknya dekat.

D. Menyalakan TV walaupun tidak ditonton.

Jawaban : B

Soal Nomor 3

A. Mengurangi kesehatan masyarakat.

B. Menghasilkan pencemaran udara.

C. Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

D. Menambah biaya pembayaran listrik.

Jawaban : C

Soal Nomor 4

A. Mematikan TV jika tidak sedang ditonton.

B. Menyalakan lampu seharian.

C. Membuang-buang air.

D. Menyalakan kipas angin seharian.

Jawaban : A

Soal Nomor 5

A. Meningkatkan risiko penyakit.

B. Menjadikan manusia boros sumber daya energi.

C. Menyadarkan manusia untuk hidup hemat dan peduli terhadap kelestarian sumber daya di masa depan.

D. Menambah polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan.

Jawaban : C

Foto Ketika Peserta Didik Mengerjakan Soal Pre Test
Foto Ketika Peserta Didik Mengerjakan Soal Pre Test
Foto Ketika Peserta Didik Mengerjakan Soal Post Tes
Foto Ketika Peserta Didik Mengerjakan Soal Post Tes

KESIMPULAN

Setelah melaksanakan kegiatan turun lapangan untuk memenuhi tugas peneliti, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan yaitu meneliti siswa-siswi kelas 4 yang terletak di SDN 2 Wonomulyo dapat disimpulkan bahwa, upaya efisiensi energi masih perlu ditingkatkan. Meskipun terdapat beberapa upaya yang telah dilakukan, seperti penggunaan lampu hemat energi.  Beberapa praktik efisiensi energi yang kurang diterapkan secara konsisten, seperti tidak mematikan lampu di siang hari. Observasi yang telah kami lakukan menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi energi di sekolah. Kebiasaan hemat energi masih perlu adanya peningkatan, terutama dalam penggunaan listrik. Untuk pengujian sejauh mana pengetahuan siswa mengenai efisiensi energi peneliti memberikan dua kali pengujian yaitu, Pre Test dan Post Test. Pada Pre Test (menguji sejauh mana pengetahuan siswa sebelum diberikannya materi oleh peneliti) dan Post Test (menguji kembali, sejauh mana pengetahuan siswa sebelum diberikannya materi oleh peneliti). Disaat pengerjaan Pre Test dapat diketahui bahwa siswa-siswi kelas 4 SDN 2 Wonomulyo kurang mengetahui apa itu Efisiensi Energi, kemudian pengerjaan Post Test yaitu menguji kembali kepada siswa-siswi yang sebelumnya telah disampaikan sebuah materi mengenai Efisiensi Energi oleh peneliti, dimana siswa akan lebih mudah memahaminya.

SARAN

Pada akhir dari bagian laporan ini, kami akan menyampaikan berdasarkan hasil observasi, berikut terdapat beberapa saran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi energi di SDN Wonomulyo 2 :

  • Mempertahankan kebiasaan hemat energi selain menghemat energi listrik (lampu) yaitu pengurangan penggunaan air,
  • Kemudian menerapkan pengurangan penggunaan kertas, seperti penggunaan kertas daur ulang,
  • Melakukan pembuatan poster untuk menarik para khalayak di sekolah, seperti mematikan lampu di siang hari atau ketika tidak digunakan,
  • Melakukan pembangunan fasilitas pengelolahan sampah untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke pembuangan akhir. 

Diharapkan dengan beberapa saran diatas yang dapat diterapkan dan dicapai untuk meningkatkan efisiensi energi di SDN 2 Wonomulyo.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun