Mohon tunggu...
Salma Putri Rany
Salma Putri Rany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Tetaplah hidup walaupun cobaannya awikwok:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Garis Besar Waris dalam Hukum Islam di Indonesia

3 Mei 2023   20:25 Diperbarui: 3 Mei 2023   20:29 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagaimana system Penggantian Tempat Dalam Pembagian Harta Warisan Menurut Hukum Waris Adat, Hukum Waris Barat, dan Hukum Waris Islam?

Dalam ilmu hukum, hukum waris merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas. Hal tersebut dikarenakan pada pembagian warisan terdapat suatu ketentuan-ketentuan yang ada agar bisa mendapatkan harta warisan, yang mana ketentuan tersebut tidak sesederhana yang dibayangkan. Indonesia belum melakukan penyatuan hukum waris bagi seluruh warga negara nya (Unifikasi Hukum Waris). 

Hal itu secara garis besar tentu dikarenakan beragamnya kultur budaya maupun agama yang ada di Indonesia, seingga terdapat beberapa hukum yang ada mengenai waris. Adapun hukum waris yang berlaku di Indonesia terdapat tiga macam, yaitu; Hukum Waris Adat, Hukum Waris Barat, dan Hukum Waris Islam.

Dalam pembagian waris, tentu antara suatu keluarga dengan keluarga lainya terdapat perbedaan. Hal tersebut bisa terjadi oleh banyak faktor, seperti; jumlah pewaris, jumlah harta yang diwariskan, hukum waris yang digunakan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu disini akan dibahas salah satu keadaan dalam waris yaitu Penggantian Tempat Dalam Pembagian Harta Warisan Menurut Hukum Waris Adat, Hukum Waris Barat, dan Hukum Waris Islam.

a. Penggantian Tempat Menurut Hukum Waris Adat

Hukum Waris Adat juga mengenal prinsip penggantian tempat dalam pembaian harta warisnya. Dalam Hukum Waris Adat penggantian tempat dapat dinarasikan seperti: seorang anak adalah ahli waris dari ayahnya, dan oleh karena itu, tempat anak itu dapat digantikan oleh anak-anak dari yang meninggal dunia.

Namun dikarenakan keberagaman adat dan budaya di Indonesia, tidak menutup kemungkinan dapat saja terjadi perbedaan mengenai masalah ini. Sebagai contoh pada anak perempuan di Jawa, bilamana tidak terdapat anak laki-laki, maka dapat menutup bagian atau hak waris untuk mendapatkan bagian harta peninggalan kakek neneknya dan saudara-saudara dari orang tuanya.

b. Penggantian Tempat Menurut Hukum Waris Barat

Mewaris tidak langsung atau mewaris karena penggantian tempat, yang dalam bahasa latinnya disebut bij plaatsvervulling adalah mewaris untuk orang yang telah meninggal terlebih dahulu daripada si pewaris. Pengganti tersebut menggantikan posisi ahli waris yang telah meninggal terlebih dahulu dari pewaris.

c. Penggantian Tempat Menurut Hukum Waris Islam

sistem penggantian tempat dalam pembagian harta warisn menurut hukum dilam dalam pembagian harta peninggalan dalam Pasal 185 KHI, yaitu hanya dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu dimana ada ahli waris yang dianggap tidak mampu mewarisi atau mendapat hak waris, sementara yang bersangkutan hubunganya sangat dekat atau memiliki hubungan darah dengan si pewaris. Ahli waris pengganti dalam Hukum Islam dapat menggantikan status ahli waris Dzawil Furudh sepanjang ahli waris tersebut meninggal mendahului pewaris.

Apa urgensi Hibah, Wasiat, dan Wasiat Wajibah dalam masyarakat?

  • urgensi hibah, yaitu pemberian banyak manfaat secara khusus kepada penerimanya, salah satunya  penerima dapat menikmati hasil dari  pemberian yang diterimanya. 
  • urgensi wasiat, yaitu. pendapat hukum dimana pewaris memiliki beberapa orang yang akan mengurus hartanya dalam hal meninggalnya pewaris. 
  • urgensi wasiat wajibah, yang menyangkut pemenuhan keadilan pewaris jika ia tidak mampu memiliki barang/barang tertentu.

Mengapa hibah, wasiat, wasiat wajibah dilakukan dalam praktik hukum Islam di Indonesia?

Hukum perdata (BW), hukum adat, hukum Islam (fikih) dan hukum Islam (KHI) yang eksis dan hidup di Indonesia memiliki hubungan yang saling mempengaruhi. Sistem tersebut memunculkan keadilan dalam persepsinya masing-masing meskipun keadilan pada hakikatnya satu dan universal. Keadilan yang satu dan universal tersimpan dalam setiap hati manusia yang suci dan merupakan pancaran dari sinar Ilahi yang melampaui lebih dari sekedar akal budi. Nafsu manusialah yang menjadikan hati manusia tertutupi sehingga keadilan tidak menampakkan bentuknya yang asli.

Oleh karena itu keberadaan hibah, wasiat, wasiat wajibah yang diakui pada setiap sistem hukum yang berlaku di Indonesia merupakan jalan keluar bagi seorang pemilik harta untuk berlaku adil (dan tidak adil) kepada para ahli warisnya dan bahkan orang lain. Namun keberadaan aturan mengenai hibah dan wasiat pada hakikatnya adalah untuk menjamin keadilan.

Nama Kelompok 3 :

1. Indah Rahmawati ( 212121114 )

2. Adib Nusantara ( 212121119 )

3. Salma Putri Rany ( 212121127 )

4. Fatimah Dewi Sarwanti ( 212121129 )

5. Revi Fanita ( 212121135 )

6. Muhammad Azmi ( 212121140 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun