Substansinya adalah menciptakan lapisan tipis dan keras yang mengurangi gesekan, dan memperpanjang umur minyak
Mesin mobil membutuhkan oli untuk mengurangi gesekan antar bagian yang bergerak. Pelumasan ini membuat bagian-bagian tetap dingin dan mengurangi keausan mesin.Â
Sekarang, para peneliti telah mengembangkan lapisan keras baru yang akan diterapkan pada suku cadang mesin sebelum mereka meninggalkan pabrik. Ini bukan lapisan biasa. Ini adalah permukaan "aktif" yang secara permanen terikat ke suku cadang mobil. Dan tidak hanya diam saja. Ini berinteraksi dengan oli motor untuk membuat film karbon licin yang memotong gesekan lebih baik daripada oli saja.
Lapisan baru ini dapat mengurangi frekuensi penggantian oli, kata sejumlah ilmuwan. Ini juga dapat membantu mengurangi kebutuhan aditif berbasis logam dalam oli motor. Saat ini, bahan tambahan tersebut membuat oli bekas sulit didaur ulang.
Dalam panas dan tekanan yang ekstrim di dalam mesin yang sedang berjalan, aditif logam tersebut berguna. Mereka terikat pada suku cadang mobil dan menciptakan permukaan yang licin dan protektif. Lapisan itu - bersama dengan minyak licin - mengurangi gesekan dan keausan di dalam mesin kendaraan, jelas Ali Erdemir, Â ilmuwan material di Argonne National Laboratory, Illinois.
Pelapis baru tersebut berbentuk pita lebar direkatkan ke bagian mesin. Lapisan baru ini adalah film karbon penyembuhan diri yang mengurangi gesekan dan keausan pada mesin kendaraan.
Zat aditif logam yang kurang ramah lingkungan menginspirasi Erdemir dan timnya untuk mengembangkan penemuan pelums baru. Para peneliti menciptakan lapisan logam-nitrida yang mengandung bahan yang berinteraksi dengan oli motor - dan menghilangkan kebutuhan aditif.
Reaksi yang dipicu lapisan membuat film permukaan pada bagian yang bergerak. Film tersebut kurang permanen dibandingkan lapisan yang terbentuk menggunakan aditif minyak saat ini. Tapi film baru itu juga memperbarui diri, catat Erdemir. Jadi ketika akhirnya habis, bahan logam di lapisan - katalis - memecah lebih banyak minyak untuk membangun kembali lapisan karbon.
Dengan kata lain, "Film ini menyembuhkan diri sendiri," kata Robert J.K. Kayu. "Itu brilian. Ini adalah ide yang menarik, "kata insinyur mesin dari University of Southampton di Inggris. Lapisan baru tim Argonne menciptakan film dengan keausan rendah dan gesekan rendah, katanya: "Itu adalah kombinasi yang tidak kita miliki saat ini."
Bagaimana itu bekerja?