Mohon tunggu...
Salman Fariz
Salman Fariz Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis Lepas

Penulis adalah seorang jurnalis lepas yang berbasis di Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Mendobrak Rintangan, Riya Mahajan Mengejar Powerlifting

7 Juli 2023   12:10 Diperbarui: 7 Juli 2023   13:10 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Atlet powerlifting Riya Mahajan dari Jammu dan Kashmir. | Sumber: dailyexcelsior.com

Oleh Salman Fariz

Ia adalah seorang gadis berusia 22 tahun dari distrik Udhampur di Jammu dan Kashmir (J&K), Wilayah Persatuan India. Ia baru-baru ini memenangkan dua medali perunggu di kategori Sub Junior dan Klasik Junior Nasional di National Powerlifting Championship, yang diadakan dari 6 hingga 13 Juni di Ranchi, Jharkhand. Ia tidak lain adalah Riya Mahajan.

Riya menduduki peringkat keempat secara keseluruhan di negara itu pada kejuaraan tersebut.

Prestasinya yang luar biasa tidak hanya membuatnya menjadi pusat perhatian tetapi juga menjadi inspirasi bagi para gadis di seluruh negeri terutama bagi para gadis dari J&K. Tahun sebelumnya, ia meraih medali perunggu dalam kejuaraan bench press nasional yang diadakan di Goa pada tahun 2022.

Di tengah persaingan yang ketat, Riya menunjukkan kemampuan dan kedisiplinan yang luar biasa, membuatnya dikagumi oleh para pesaingnya serta para penonton. Dengan determinasi mutlak dan fokus yang tak tergoyahkan, Riya mendominasi divisinya, menunjukkan kekuatan dan tekniknya yang luar biasa.

Terlepas dari stereotip dan prasangka masyarakat terhadap atlet wanita dalam olahraga berbasis kekuatan, ia tetap tidak terpengaruh, mendobrak batasan dan membuktikan bahwa gender bukanlah faktor pembatas saat mengejar hasrat.

"Berat saya 80 kilogram, ketika saya mulai pergi ke sasana selama lockdown pada tahun 2019, sebagai gadis kota kecil; Saya terus-menerus menerima ejekan dari orang-orang tentang fisik saya. Keluarga saya mendukung saya di masa-masa sulit saya, ketika hati saya hancur, ayah saya menjadi inspirasi saya, yang mendorong saya untuk mengejar impian saya," kata Riya kepada surat kabar Daily Excelsior beberapa waktu lalu.

"Saat saya kehilangan 25 kilogram di gym, saya menyadari bahwa saya bisa melakukan apa saja, lalu saya mulai powerlifting dan menjadi lebih kuat, lebih percaya diri dan mulai berdiri sendiri. Pelatih saya, Nahid Shah dan Duralab Kumar memiliki peran besar dalam pencapaian saya."

Ketika ditanya tentang kesuksesannya, Riya mengucapkan terima kasih kepada pelatih, keluarga dan penggemar yang telah mendukungnya sepanjang perjalanannya. Ia menekankan pentingnya ketekunan dan mendorong gadis-gadis muda untuk mengejar impian mereka tanpa rasa takut, terlepas dari hambatan yang mungkin mereka hadapi.

"Saya sangat senang telah memenangkan medali untuk wilayah Persatuan Jammu dan Kashmir saya. Saya ingin menginspirasi gadis-gadis lain untuk mengejar powerlifting. Ini adalah olahraga yang hebat dan dapat membantu kita membangun kekuatan dan kepercayaan diri," ujar Riya kepada kantor berita ANI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun