Secara praktis, dalam retorika dan dakwah, penting untuk menerapkan etika. Hal-hal yang positif harus dijunjung tinggi, sementara hal-hal negatif harus dihindari. Konsep baik dan buruk dalam hal ini berlaku secara timbal balik, baik bagi pembicara (orator dan dai) maupun pendengar (audiens dan mad'u).
Â
Secara umum, adab dalam Islam merujuk pada norma-norma tata krama yang diperoleh dari Al-Qur'an. Etika ini menjadi landasan untuk menjalin komunikasi yang dialogis antara sesama manusia. Dalam konteks Islam, adab ditempatkan di atas pengetahuan dalam hierarki nilai.
Â
Dalam komunikasi Islam, seperti dakwah, nilai-nilai sopan santun, keramahan, dan kesantunan budi pekerti ditekankan. Komunikasi Islam tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada prosesnya. Oleh karena itu, pentingnya adab dalam retorika dakwah menjadi semakin nyata.
Â
Perlu dicatat bahwa dalam Islam, adab dan akhlak memiliki perbedaan. Adab merupakan aturan yang bersifat mengikat, sementara akhlak adalah respons batin yang spontan. Dalam konteks retorika dakwah, lebih tepat untuk menekankan adab karena sifatnya yang mengikat.
Â
Sementara itu, akhlak atau respons spontan dari orator atau dai muncul secara alami saat berbicara atau memberikan ceramah. Respons tersebut tidak muncul karena keterikatan pada aturan agama atau budaya, melainkan sebagai respon batin yang dapat dipelajari dan ditingkatkan.
Â
Dari segi nilai, adab membantu orator dan dai menjadi pribadi yang lebih baik dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan konteks waktu dan tempat tertentu. Hal ini dikenal sebagai ethos dalam ilmu retorika yang juga memengaruhi pendengar.
Â
Dengan demikian, adab retorika dapat dipahami sebagai aturan mengenai kesopanan, keramahan, dan budi pekerti saat berbicara untuk mengajak orang berperilaku baik. Adab retorika dakwah juga mencakup aturan mengenai perilaku yang baik dan buruk yang harus diikuti oleh dai atau orator dalam berdakwah atau berpidato.
Â
Adab retorika dakwah juga mencerminkan kualitas baik dan buruk dari dai dan orator dalam berbagai media, seperti panggung, mimbar, radio, televisi, dan media sosial. Respons netizen terhadap adab retorika dakwah dapat berdampak positif atau negatif tergantung pada kesesuaian perilaku dengan nilai-nilai tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H