Mohon tunggu...
Salma Nabila
Salma Nabila Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Teori Pembelajaran dalam Pendidikan Online: Strategi dan Kisah Sukses

7 November 2023   00:12 Diperbarui: 7 November 2023   00:13 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pasca munculnya wabah Covid-19 di dunia, sistem pendidikan mulai mencari inovasi dalam proses belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menganjurkan agar seluruh kegiatan di lembaga pendidikan harus menjaga jarak dan seluruh penyampaian materi disampaikan di rumah masing-masing.

Setiap institusi dituntut untuk memberikan inovasi-inovasi terkini untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif. Sayangnya, tidak semua lembaga pendidikan nampaknya memahami sepenuhnya inovasi-inovasi terkini yang harus digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. Kebanyakan dari mereka masih belum bisa beradaptasi karena terkendala sarana dan prasarana.

Jangan khawatir dulu, bagi para pendidik yang masih bingung menentukan model pembelajaran terbaru yang tepat untuk siswa Anda. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran secara online.

Pendidikan online telah menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan modern. Dengan berkembangnya teknologi, guru dan instruktur memiliki akses yang lebih besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif melalui platform online. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk merancang pembelajaran online yang sukses adalah dengan menerapkan teori pembelajaran Robert M. Gagne.

Teori belajar Gagne menawarkan kerangka kerja yang kuat untuk merancang pengalaman belajar yang terstruktur dan efektif. Pada artikel ini, akan mengeksplorasi berbagai strategi penerapan teori pembelajaran Gagne dalam konteks pendidikan online. Artikel ini juga akan berbagi kisah sukses dari lembaga pendidikan dan instruktur yang telah memanfaatkan prinsip Gagne dalam pendidikan online untuk mencapai hasil pembelajaran yang luar biasa.

Dengan memahami dan menerapkan prinsip Gagne, instruktur dapat meningkatkan kualitas pengajaran online mereka, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. kita akan membahas bagaimana setiap langkah dalam teori Gagne, seperti memperkenalkan tujuan pembelajaran, menyajikan informasi, dan menguji pemahaman, dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan pembelajaran online. Artikel ini juga akan membahas strategi dan menyajikan beberapa kisah sukses yang menyoroti penerapan teori pembelajaran Gagne dalam pendidikan online.

Sembilan Langkah Belajar Gagne adalah kerangka kerja penting yang dikembangkan oleh Robert M. Gagne. Kerangka kerja ini dirancang untuk membantu instruktur merancang pengalaman belajar yang efektif dan terstruktur.

Berikut penjelasan singkat setiap langkah dalam kerangka ini: (1) menimbulkan minat dan memusatkan perhatian siswa siap menerima pelajaran, (2) menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa mengetahui apa yang diharapkan dalam belajar, (3) mengingat konsep/prinsip-prinsip yang telah dipelajari sebelumnya itu merupakan prasyarat, (4) menyampaikan bahan pembelajaran, (5) menyediakan bimbingan atau pedoman dalam pembelajaran, (6) menghasilkan kinerja (menanggapi) siswa, (7) memberikan umpan balik mengenai kebenaran implementasi tugas (penguatan), (8) mengukur/mengevaluasi hasil  belajar, dan (9) memperkuat retensi dan transfer pembelajaran.

Langkah awal dalam menerapkan teori Gagne adalah merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas. Hal ini akan membantu instruktur merancang materi pembelajaran yang sesuai dan membimbing siswa mencapai tujuan tersebut.

Langkah kedua yaitu penyajian informasi dalam pendidikan online harus terstruktur dan sesuai dengan prinsip Gagne. Penggunaan media, aktivitas dan konten yang tepat akan menjadi poin penting dalam diskusi ini.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengukur pemahaman. Strategi pengujian yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa sesuai dengan teori Gagne adalah dengan penggunaan kuis, ujian, atau tugas online yang relevan akan dijelaskan.

Beberapa kisah sukses dari lembaga pendidikan atau instruktur yang berhasil menerapkan teori Gagne dalam pendidikan online akan memberikan contoh nyata bagaimana teori ini dapat membuahkan hasil yang positif. Berikut salah satu kisah sukses dari sebuah institut instruktur yang berhasil memanfaatkan prinsip Gagne dalam pendidikannya untuk mencapai hasil pembelajaran yang luar biasa:

Duolingo adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang merancang metode pembelajaran berdasarkan prinsip Gagne. Mereka memastikan bahwa setiap pelajaran memiliki tujuan spesifik, penyajian informasi terstruktur, dan pengujian rutin. Duolingo telah membantu banyak pengguna memahami bahasa asing dengan lebih baik dan mencapai kompetensi tingkat tinggi.

Kisah sukses ini menunjukkan bagaimana prinsip Gagne dapat diterapkan dalam berbagai cara dalam konteks pendidikan online. Melalui pendekatan yang terstruktur dan terfokus, instruktur dan lembaga pendidikan berhasil mencapai hasil pembelajaran yang luar biasa dan membantu siswa untuk mencapai kesuksesan di berbagai bidang studi. Prinsip-prinsip Gagne telah terbukti menjadi panduan berharga dalam merancang pengalaman pembelajaran online yang efektif.

Penerapan Teori Pembelajaran Gagne dalam Pendidikan Online telah membuka pintu kemajuan dalam pendidikan modern. Artikel ini telah menjelaskan strategi dan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana teori pembelajaran Gagne dapat membantu menciptakan pengalaman pembelajaran online yang lebih efektif. Dengan memahami langkah-langkah terstruktur dan prinsip inti teori ini, instruktur dan lembaga pendidikan dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada siswanyaPenting untuk diingat bahwa pendidikan online terus berkembang, dan teori Gagne adalah alat yang relevan untuk mencapai kesuksesan dalam konteks ini. Seiring dengan perubahan teknologi, penggunaan prinsip inti teori ini dalam pendidikan online akan tetap menjadi faktor penentu dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik.

Dengan pengetahuan tentang teori Gagne dan komitmen untuk menerapkannya, dapat terus memberikan pendidikan online yang efektif dan bermanfaat bagi siswa di seluruh dunia. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan kami berharap artikel ini memberikan panduan yang berguna dalam perjalanan Anda menciptakan pengalaman belajar online yang lebih baik.

Referensi

Warsita, B. (2008). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, Vol. XII No. 1, 64-78.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun