Pasca munculnya wabah Covid-19 di dunia, sistem pendidikan mulai mencari inovasi dalam proses belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menganjurkan agar seluruh kegiatan di lembaga pendidikan harus menjaga jarak dan seluruh penyampaian materi disampaikan di rumah masing-masing.
Setiap institusi dituntut untuk memberikan inovasi-inovasi terkini untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif. Sayangnya, tidak semua lembaga pendidikan nampaknya memahami sepenuhnya inovasi-inovasi terkini yang harus digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. Kebanyakan dari mereka masih belum bisa beradaptasi karena terkendala sarana dan prasarana.
Jangan khawatir dulu, bagi para pendidik yang masih bingung menentukan model pembelajaran terbaru yang tepat untuk siswa Anda. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran secara online.
Pendidikan online telah menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan modern. Dengan berkembangnya teknologi, guru dan instruktur memiliki akses yang lebih besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif melalui platform online. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk merancang pembelajaran online yang sukses adalah dengan menerapkan teori pembelajaran Robert M. Gagne.
Teori belajar Gagne menawarkan kerangka kerja yang kuat untuk merancang pengalaman belajar yang terstruktur dan efektif. Pada artikel ini, akan mengeksplorasi berbagai strategi penerapan teori pembelajaran Gagne dalam konteks pendidikan online. Artikel ini juga akan berbagi kisah sukses dari lembaga pendidikan dan instruktur yang telah memanfaatkan prinsip Gagne dalam pendidikan online untuk mencapai hasil pembelajaran yang luar biasa.
Dengan memahami dan menerapkan prinsip Gagne, instruktur dapat meningkatkan kualitas pengajaran online mereka, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. kita akan membahas bagaimana setiap langkah dalam teori Gagne, seperti memperkenalkan tujuan pembelajaran, menyajikan informasi, dan menguji pemahaman, dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan pembelajaran online. Artikel ini juga akan membahas strategi dan menyajikan beberapa kisah sukses yang menyoroti penerapan teori pembelajaran Gagne dalam pendidikan online.
Sembilan Langkah Belajar Gagne adalah kerangka kerja penting yang dikembangkan oleh Robert M. Gagne. Kerangka kerja ini dirancang untuk membantu instruktur merancang pengalaman belajar yang efektif dan terstruktur.
Berikut penjelasan singkat setiap langkah dalam kerangka ini: (1) menimbulkan minat dan memusatkan perhatian siswa siap menerima pelajaran, (2) menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa mengetahui apa yang diharapkan dalam belajar, (3) mengingat konsep/prinsip-prinsip yang telah dipelajari sebelumnya itu merupakan prasyarat, (4) menyampaikan bahan pembelajaran, (5) menyediakan bimbingan atau pedoman dalam pembelajaran, (6) menghasilkan kinerja (menanggapi) siswa, (7) memberikan umpan balik mengenai kebenaran implementasi tugas (penguatan), (8) mengukur/mengevaluasi hasil  belajar, dan (9) memperkuat retensi dan transfer pembelajaran.
Langkah awal dalam menerapkan teori Gagne adalah merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas. Hal ini akan membantu instruktur merancang materi pembelajaran yang sesuai dan membimbing siswa mencapai tujuan tersebut.
Langkah kedua yaitu penyajian informasi dalam pendidikan online harus terstruktur dan sesuai dengan prinsip Gagne. Penggunaan media, aktivitas dan konten yang tepat akan menjadi poin penting dalam diskusi ini.
Langkah selanjutnya yaitu dengan mengukur pemahaman. Strategi pengujian yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa sesuai dengan teori Gagne adalah dengan penggunaan kuis, ujian, atau tugas online yang relevan akan dijelaskan.