Mohon tunggu...
Salma Mardhiyah Nuraini
Salma Mardhiyah Nuraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Female

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 oleh Universitas Pendidikan Indonesia

22 Maret 2021   11:29 Diperbarui: 22 Maret 2021   11:40 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara memberikan dampak diberbagai aspek kehidupan. Aspek kehidupan yang terkena dampak pandemi Covid-19 yaitu di bidang pendidikan dan ekonomi masyarakat. Secara global, United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) melaporkan pada tanggal 20 April 2020 sudah 191 negara menutup satuan pendidikan dengan 1,575,270,054 peserta didik terdampak. UNESCO juga menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 mengancam 577.305.660 pelajar dari pendidikan pra-sekolah dasar hingga menengah atas dan 86.034.287 pelajar dari pendidikan tinggi di seluruh dunia (Setyo pujiastuti:2020).

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada 646.192 satuan pendidikan, 68.801.708 peserta didik, dan 4.183.591 pendidik mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikan Tinggi, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pendidikan Keagamaan (Kemendikbud, 2020). Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun. 

Upaya mengurangi angka penyebaran Covid-19 dan agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang Pendidikan dalam masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Semua elemen masyarakat perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam pencegahan dan memulihkan dampak dari pandemi Covid-19. Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat. Kegiatan KKN Tematik telah ditetapkan ke dalam beberapa tahapan (1) taahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap monitoring dan evaluasi; (4) tahap seminar hasil KKN Tematik; (5) tahap penarikan mahasiswa; (5) tahap pelaporan; dan (6) tahap tindak lanjut.

Kuliah Kerja Tematik merupakan sarana belajar yang tepat bagi mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai program kurikuler bertujuan: (1) melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (IPTEKSBUD) yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, (2) melatih dan mengembangkan soft skills dan karakter mahasiswa, (3) melatih mahasiswa untuk memahami kondisi masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan, sehingga mahasiswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan, 


dan (4) menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berpihak kepada kejujuran, keadilan, kebenaran dan masyarakat miskin. Kuliah Kerja Nyata sebagai program pengabdian kepada masyarakat bertujuan: (1) melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, (2) melatih 4 mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat, dan (3) menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai feed back (umpan balik) bagi universitas dalam pengembangan Tridharma perguruan tinggi.

Melalui perkembangannya program-program KKN Tematik disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Pada massa Pandemi Covid-19 ini KKN Tematik difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi dimasa adaptasi kebiasaan baru. Dengan demikian diharapkan melalui KKN Tematik Pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 maka mahasiswa dapat berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan dan ekonomi dan sekaligus memberikan edukasi mengenai adaptasi kebiasaan baru di masa Pandemi Covid-19.

Biodata dan Deskripsi Mahasiswa KKN Tematik

Nama : Salma Mardhiyah Nuraini

NIM    : 1800234

Prodi  : Pendidikan Kimia/Dep. Pendidikan Kimia

/Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kelompok : 14

DPL    : Dr. Yuliawan Kasmahidayat, M.Si  

Lokasi Pelaksanaan KKN

Komp. Permata Biru RT 06/RW 24/Desa Cinunuk/Kec. Cileunyi/Kab. Bandung

SMK Negeri 2 Bandung

Tanggal Pelaksanaan KKN

4 Februari 2021 - 15 Maret 2021

Judul KKN Tematik UPI

" Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi "

Program-Program KKN Tematik UPI

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru :

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan (program wajib) adalah :

  • Penguatan pembelajaran daring untuk mata pelajaran Kimia kelas 10 TM-1 dan kelas 10 TKI-4 SMK Negeri 2 Bandung
  • Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk mata pelajaran Kimia kelas 10 TM-1 dan kelas 10 TKI-4 SMK Negeri 2 Bandung
  • Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk mata pelajaran Kimia kelas 10 TM-1 dan kelas 10 TKI-4 SMK Negeri 2 Bandung
  • Mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk mata pelajaran Kimia kelas 10 TM-1 dan kelas 10 TKI-4 SMK Negeri 2 Bandung.
  • Membantu administrasi sekolah secara daring untuk mata pelajaran Kimia kelas 10 TM-1 dan kelas 10 TKI-4 SMK Negeri 2 Bandung.
  • Membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media social.
  • Membuat artikel untuk berita mengenai program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan.

Program edukasi pencegahan Covid-19 (program pilihan) adalah :

Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat secara daring

  • Pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video pencegahan Covid-19 bagi masyarakat melalui Media : Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dll.
  • Pembuatan dan penyaluran masker dan sanitizer dalam rangka pencegahan Covid-19 untuk masyarakat.
  • Membuat video program edukasi pencegahan Covid-19 untuk dipublikasikan ke media sosial (Youtube, Instagram, Whatsapp dengan melaporkan jumlah viewer).

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi (program pilihan) adalah :

  • Pendampingan, penggalian hobi, kreativitas dan potensi diri ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga yang tidak bekerja dalam upaya meningkatkan penghasilan keluarga secara daring.
  • Membuat video program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi untuk dipublikasikan ke media sosial (Youtube, Instagram, Whatsapp dengan melaporkan jumlah viewer).

Tujuan dari KKN Tematik UPI

a. Tujuan Umum

  • Menguatkan program pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Mendukung dan menguatkan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam pencegahan, penularan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  • Mengimplementasikan Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI dalam Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  • Mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan dan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi melalui media sosial.

b. Tujuan Khusus

  • Meningkatkan pemahaman masyarakat dan siswa mengenai pencegahan dan dampak Covid-19 melalui media sosial.
  • Membantu dan menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dan sekolah di tingkat pendidikan TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
  • Mendampingi orang tua dan siswa di dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada tingkat pendidikan TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan bagi guru dan siswa melalui Media Sosial.
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi bagi masyarakat melalui Media Sosial.
  • Membuat Alat Pelindung Diri (APD) yang didistribusikan melalui RT/RW dan memanfaatkan Jasa Pengiriman secara online
  • Mensosialisasikan pencegahan, penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi menggunakan media edukasi melalui media sosial.
  • Melakukan advokasi kepada komunitas pendidikan dan ekonomi dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19 melalui media sosial.
  • Membangun kerjasama dengan RT/RW, pelaku dunia usaha dan kelompok masyarakat peduli pendidikan dan ekonomi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 melalui media sosial.
  • Membangun kerjasama dengan media online dan media elektronik untuk mempublikasikan pelaksanaan/hasil Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru melalui media sosial.
  • Melatih berbagai keterampilan fungsional berbasis potensi lokal melalui media sosial.
  • Melatih pembuatan brand, pemasaran produk dan pengembangan jaringan kerja sama melalui media sosial.
  • Membuat video pelaksanaan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan diunggah pada media sosial.
  • Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dipublikasikan melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun