Mohon tunggu...
Salma R.A.A
Salma R.A.A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen S1

You Can Do It!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

9 April 2021   21:36 Diperbarui: 9 April 2021   21:41 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ditengah pandemi seperti ini kegiatan bisnis banyak mengalami dampak seperti menurunnya tingkat penjualan, kehilangan pelanggan atau bahkan sampai mengalami kebangkrutan, sehingga terpaksa untuk mengurangi karyawan yang mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran.


Berikut cara yang dapat diterapkan untuk mempertahankan bisnis ditengah pandemi covid-19 :


1. Manfaatkan layanan secara online


Dengan memanfaatkan layanan secara online melalui kecanggihan teknologi pemasaran saat ini dapat memudahkan pebisnis untuk menarik konsumen dengan mudah. Karena pada masa pandemi seperti ini pelanggan lebih banyak memanfaatkan layanan internet seperti membeli barang melalui e-commerce dengan alasan tidak perlu pergi ke toko karena adanya himbauan dari pemerintah untuk tidak bepergian keluar rumah dan juga pelayanannya pun cepat.


2.Membuat konten yang menarik dan berkualitas


Dengan adanya e-commerce memudahkan setiap orang dalam membeli kebutuhan, selain itu juga menjadi jalan bagi para pengusaha untuk mendapatkan banyak konsumen baik di daerah, kota, bahkan luar negeri. Dalam berjualan online, pengusaha perlu memperhatikan konten ketika promosi produk, dimana agar konten menjadi menarik dan berkualitas bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi, seperti aplikasi yang banyak digunakan yaitu Tiktok, dengan berbagai macam musik dan gerakan, bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang menarik, selain itu perhatikan kejelasan gambar/video, juga tingkat kecerahannya untuk bisa menarik perhatian konsumen.


3. Inovasi produk berdasarkan kebutuhan


Menciptakan inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi bisnis untuk bertahan di tengah pandemic misalnya menjual hand sanitizer karena kebutuhan di masa pandemi saat ini sedang meningkat. Pebisnis harus bisa menciptakan, berinovasi dan menjual produk yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat dengan cara terjun langsung ke pasar untuk melihat apa saja yang menjadi kebutuhan pasar. Dengan begitu akan lebih mudah mempertahankan bisnis di masa pandemi saat ini.

4. Memberikan pengertian kepada karyawan mengenai bisnis yang dijalankan


Dimasa pandemi seperti ini sangat riskan (berbahaya) dalam menjalankan bisnis, sehingga diperlukan keseriusan dan kefokusan dalam menjalankannya. Sebagai owner harus bisa memberikan pengertian kepada karyawan seperti meningkatkan kualitas produk , meningkatkan promosi, menambah target penjualan, meminimalkan modal serta memberi pengertian kepada karyawan agar bisa mengerti ketika tidak mendapatkan kenaikan gaji atau insentif bonus seperti biasanya. Dimana seperti yang kita ketahui bersama, menjadi suatu tantangan besar bagi para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya di masa pandemi agar bisa tetap mendapatkan pelanggan sekaligus pendapatan. Di masa pandemi seperti ini owner dan karyawan harus bisa survive demi keberlangsungan bisnis.


5.Mengelola keuangan bisnis dengan baik dan bijak


Mengatur keuangan penting dalam berbisnis karena mengatur keuangan dalam berbisnis akan menghindarkan bisnis dari kerugian. Caranya yaitu membuat perencanaan pendapatan, membuat anggaran secara rutin karena dapat membatasi pengeluaran sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan sebelumnya dan menggunakan keuntungan untuk memperluas usaha agar terus berkembang.


6.Memaksimalkan pelayanan bisnis


Memaksimalkan pelayanan bisnis dengan cara komunikasi yang optimal kepada karyawan, pemasok , serta pelanggan, sebisa mungkin bisa memberikan respond yang cepat dan ramah kepada konsumen, dengan begitu konsumen akan lebih tertarik untuk membeli di perusahaan/toko yang kita miliki dibanding perusahaan/toko lain.


Inilah cara pelayanan bisnis yang tidak boleh ditinggalkan untuk berlangsungnya kegiatan bisnis di masa pandemi. Semoga bermanfaat untuk para pengusaha yang sedang berjuang dalam mempertahankan bisnisnya di masa pandemi covid-19.

Penulis :


Meti
Ninda Purnaning Mahanani
Salma Rhaudhatul Adawiyah Achmad


Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen


Tangerang, 09 April 2021

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun