Mohon tunggu...
Salimah Renata
Salimah Renata Mohon Tunggu... Novelis - SV IPB

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Green-Influencer: Menjadi Penggerak Gaya Hidup Berkelanjutan di Era Teknologi

27 September 2024   20:42 Diperbarui: 27 September 2024   20:47 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cara komunikasi media sosial saat ini telah mengubah pandangan dan memberi setiap orang kesempatan untuk memberikan suara, pendapat, dan konten yang mereka buat, sehingga hal itu membuat para influencer pemasaran menjadi unik dan berbeda. Media sosial Influencer adalah sebuah istilah yang mengacu pada kemampuan seseorang dalam menyebarkan informasi kepada pengikut atau penggemar mereka di media sosial (Elli, 2017). 

Influencer ini bisa berasal dari kalangan mana saja, bisa seorang selebritas, atlet ataupun professional. "Influencer" adalah individu dengan pengikut signifikan di media sosial yang dibayar oleh suatu brand atau produk untuk mempromosikan produk mereka kepada pengikutnya, melalui produk dan perjalanan gratis atau pembayaran tunai per promosi. Tujuannya adalah untuk membujuk para pengikut untuk membeli produk semacam itu. 

Media sosial populer pilihan untuk para influencer adalah Instagram, Facebook, Snapchat dan YouTube. Influencer memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pembelian keputusan orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi atau hubungan mereka dengan audiens mereka. Sebuah catatan penting, bahwa orang-orang ini bukanlah alat pemasaran yang sederhana, tetapi lebih merupakan aset hubungan sosial dimana mereka dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemasaran (Kadekova & Holiencinova, 2018). 

Influencer adalah sebuah fenomena modern yang telah terjadi peningkatan besar dalam kolaborasi mereka dengan agen pemasaran selama setahun terakhir. Mayoritas influencer masuk ke dalam kategori yaitu selebritas, pakar industri dan pemimpin pemikiran, blogger atau pembuat konten dan pemengaruh mikro. Sebagian besar pemasaran influencer sosial terjadi di media sosial, terutama dengan mikro-influencer

Pakar industri dan pemimpin pemikiran (seperti jurnalis) juga dapat dianggap sebagai influencer dan memegang posisi penting untuk brand pemberitaan. Lalu ada selebritas, mereka adalah influencer asli, dan mereka masih memiliki peran untuk dimainkan, meskipun kepentingan mereka sebagai influencer telah berkurang. Influencer yang aktif di media sosial (terutama mikro-blogger) memiliki hubungan paling otentik dan aktif dengannya penggemar mereka. (Kadekova & Holiencinova, 2018). 

Istilah “influencer” telah digunakan secara luas di era digital modern dan sangat signifikan dalam industri pemasaran. Influencer memainkan peran yang semakin besar dalam memengaruhi pilihan konsumen dan opini publik seiring dengan perkembangan teknologi. Seseorang atau entitas di media sosial dengan jumlah pengikut yang cukup besar dianggap sebagai influencer, menurut Hariyanti dan Wirapraja (2018: 141). 

Tindakan pengikut mereka dapat dipengaruhi oleh apa yang mereka katakan. Sederhananya, influencer dapat membujuk pengikut mereka untuk mengambil tindakan. Oleh karena itu, mempekerjakan influencer merupakan salah satu taktik yang digunakan untuk meningkatkan pemasaran dan promosi melalui media digital. 

Pada dasarnya, Gen Z sangat rentan terpapar dengan berbagai tren yang dibawa oleh para influencer karena mereka selalu bergantung pada media sosial dan dapat dengan mudah menerima berbagai informasi darinya. Mereka sering berinteraksi langsung dengan apa yang mereka amati, termasuk tren hidup berkelanjutan, selain mengonsumsi informasi. Perkembangan menarik yang telah terjadi adalah popularitas gaya hidup berkelanjutan yang efektif oleh para influencer

Gen Z cenderung memiliki kepedulian terhadap isu-isu keberlanjutan dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Para influencer telah mengajarkan kepada para penggemarnya tentang pentingnya menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan dan gaya hidup yang sehat di tengah keprihatinan dunia tentang perubahan iklim dan krisis lingkungan. 

Salah satu figur publik dan influencer yang sering dikenal karena menjalani gaya hidup sehat yaitu adalah Sophie Navita. Sebagai koki berkualifikasi internasional yang menyajikan masakan berbahan dasar sayuran bernutrisi, ia telah menjadi terkenal dan menginspirasi banyak orang untuk menjalani hidup yang konsisten dan berkelanjutan. 

Ia berdedikasi untuk mengedukasi masyarakat di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika tentang kebiasaan gaya hidup berkelanjutan sebagai anggota Electrolux Sustainability Squad. Sophie Navita mendorong para pengikutnya untuk menerapkan praktik hidup berkelanjutan, rutinitas olahraga, dan makanan bergizi melalui saluran media sosialnya. Sophie Navita memberikan bukti bahwa perilaku dan keputusan konsumen dapat dipengaruhi oleh influencer. Sebagai contoh, para penggemar Sophie Navita mungkin terinspirasi untuk mulai berolahraga secara teratur jika ia berbagi tentang rutinitas kebugarannya di media sosial atau para penggemarnya dapat mencoba membuat makanan jika ia membagikan resep makanan sehat. Dengan melakukan hal ini, Sophie Navita tidak hanya mempromosikan cara hidup yang berkelanjutan dan sadar akan kesehatan, tetapi juga menjadi panutan yang nyata bagi para penggemar dan tentunya kepada khalayak. 

Reaksi masyarakat terhadap Sophie Navita untuk hidup berkelanjutan sangat positif. Mereka termotivasi untuk mengubah tindakan mereka dan menunjukkan kepedulian yang lebih besar terhadap lingkungan. Fakta bahwa para penggemar Sophie Navita sering membagikan dan mengomentari artikel-artikelnya menunjukkan betapa terlibatnya mereka dalam konten yang ia tawarkan. Sebagai hasilnya, Sophie Navita membina komunitas orang-orang yang berkomitmen untuk menjalani kehidupan yang lebih sadar dan seimbang secara ekologis, serta mempopulerkan cara hidup yang berkelanjutan. Gaya hidup yang dipopulerkan oleh Sophie Navita telah memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat. Mereka merasakan perubahan yang menguntungkan dalam tindakan dan pembelian mereka. Mereka lebih cenderung memilih produk ramah lingkungan dan memiliki kesadaran lingkungan yang lebih besar. Selain itu, dengan bekerja sama, Sophie Navita dan masyarakat umum dapat meningkatkan kesadaran akan nilai dari gaya hidup berkelanjutan dan dengan demikian membawa perubahan paradigma dalam perekonomian secara keseluruhan. 

Gaya hidup yang berkelanjutan dan sadar akan kesehatan menjadi semakin populer berkat para influencer seperti Sophie Navita. Mereka dapat memengaruhi keputusan dan pola pembelian masyarakat sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang nilai gaya hidup ramah lingkungan. Influencer yang mempromosikan gaya hidup berkelanjutan mendapatkan umpan balik yang baik dari masyarakat, yang mempengaruhi keputusan dan pola belanja masyarakat. Membangun kerja sama antara masyarakat dan influencer mungkin penting untuk menghasilkan efek menguntungkan yang tahan lama. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan influencer lebih dari sekadar promosi komersial dan memiliki kemampuan untuk mengubah perspektif masyarakat secara mendasar tentang kehidupan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan mengapresiasi peran influencer dalam membangun masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih seimbang dalam hidupnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun