Mohon tunggu...
Salimah Meilani
Salimah Meilani Mohon Tunggu... Pelajar -

Seorang mahasiswi Tingkat Akhir yang sedang mereka-reka jalan untuk segera enyah dari kampus tercinta, bismillah September 2016

Selanjutnya

Tutup

Money

Peranan SPI dalam Meningkatkan Efektifitas Penjualan

30 November 2015   17:45 Diperbarui: 30 November 2015   18:59 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hampir semua proses bisnis titik tolaknya berawal dari penjualan. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus mampu melakukan penjualan semaksimal mungkin. Penjualan yang baik tidak hanya sekedar menjual sesuai target penjualan yang telah ditetapkan, melainkan harus memperhatikan apakah penjualan tersebut tidak merugikan perusahaan nantinya. Hasil penjualan merupakan sumber pendapatan bagi perusahaan yang akan mendukung kegiatan operasional. Manajer yang baik memerlukan pengendalian yang efektif yang bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Seperti diketahui, penjualan merupakan suatu kegiatan yang tidak terlepas dalam suatu perusahaan industri oleh karena itu, manajemen perusahaan berkewajiban mengendalikan kegiatan penjualan.

***

Pengendalian internal sangat penting bagi suatu perusahaan karena faktor – faktor berikut ini :

  1. Lingkup dan ukuran bisnis telah menjadi sangat kompleks dan tersebar luas sehingga manajemen harus bergantung pada sejumlah laporan dan analisis untuk mengendalikan operasi secara efektif
  2. Pengujian dan penelaahan yang melekat dalam sistem pengendalian internal yang baik menyediakan perlindungan terhadap kelemahan manusia dan mengurangi kemungkinan terjadinya kekeliruan dan ketidakberesan
  3. Tidak praktis bagi auditor untuk melakukan audit atas kebanyakan perusahaan dengan pembatasan biaya ekonomi tanpa menggantungkan pada sistem pengendalian internal klien.

Suatu penjualan dapat dikatakan efektif, jika perusahaan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. adanya perkembangan penjualan yang dilihat dari volume penjualan terus menerus meningkat dan adanya anggaran penjualan yang dapat segera direalisasikan,
  2. transaksi penjualan dicatat sesuai dengan tanggal dan diarsip dengan nomor urut,
  3. kegiatan penjualan mulai dari penerimaan order penjualan sampai dengan penyerahan barang dapat diselesaikan dengan order yang diterima dari pelanggan, sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan efisien,
  4. terdapat kepuasan pelanggan atas produk yang dipesannya.

Pengendalian internal penjualan dapat membantu pimpinan perusahaan untuk mengetahui besarnya pendapatan atas penjualan dan memperkirakan kemungkinan terjadinya kecurangan dan penggelapan melalui laporan-laporan yang menganalisa kegiatan penjualan yang merupakan trend dan hubungan-hubungan atau penyimpangan yang tidak dihendaki dari tujuan. Pengendalian penjualan meliputi penganalisaan, penelahaan dan penelitian yang dihasilkan terhadap kebijaksanaan, prosedur, metode, dan pelaksanaan yang sesungguhnya untuk mencapai volume penjualan yang dikehendaki, dengan biaya yang wajar, yang menghasilkan laba kotor yang diperlukan untuk mencapai hasil pengembalian yang diharapkan atas investasi.

Peranan Pengendalian Internal Dalam Mendukung Efektivitas Penjualan

Pengendalian internal diharapkan dapat berperan dan memberikan kontribusi dalam perusahaan sehingga diharapkan terciptanya efektivitas penjualan. Dalam efektivitas penjualan memerlukan laporan untuk menganalisis penjualan yang mengungkapkan perkembangan yang tidak diinginkan atau penyimpangan-penyimpangan dari tujuan, anggaran atau sasaran yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui apakah peranan pengendalian internal dalam menunjang efektivitas penjualan berjalan lancar dengan baik, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya pengendalian internal akan melakukan cara yang tepat untuk meningkatkan tindakan korektif.

Pengendalian internal dapat berperan dalam mendukung efektivitas penjualan apabila memenuhi komponen-komponen dari pengendalian internal itu sendiri:

  1. Lingkungan pengendalian,
  2. Penakiran Resiko,
  3. Informasi dan Komunikasi,
  4. Aktivitas Pengendalian,
  5. Pemantauan

***

Pengendalian dilaksanakan bukan hanya untuk mencari kesalahan– kesalahan, tetapi berusaha untuk menghindari terjadinya kesalahan–kesalahan serta memperbaikinya. Efektivitas penjualan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan cara meningkatkan kuantitas penjualan dengan melihat kemampuan perusahaan dalam menyalurkan barang, kebijakan serta strategi yang ditetapkan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen perusahaan harus mempertimbangkan kerja sama dalam menunjang efektivitas kegiatan penjualan untuk mengupayakan kepuasan pelanggan, salah satunya adalah dengan cara meningkatkan sistem pengendalian internal dalam perusahaan tersebut.

 

Sumber:

e-journal Universitas Sumatra Utara (Volume 2 Tahun 2014)

Sistem Akuntansi Cetakan Ke Tiga (Mulyadi Tahun 2001)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun