Mohon tunggu...
Sahri Romadon
Sahri Romadon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lajang

Jangan putus asa walaupun dalam masalah seberat apapun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Bamboo Dancing

28 Maret 2023   18:04 Diperbarui: 28 Maret 2023   18:16 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing Dalam proses pembelajaran pendidik dituntut untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran melalui strategi-strategi yang tepat untuk diterapkan. Dalam penerapannya banyak model pembelajaran yang bisa digunakan oleh pendidik. Model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dilakukan dimana siswa akan bertukar informasi, pengalaman dan pikiran dalam sintaks pergeseran peserta didik. Metode Bamboo Dancing ini dikembangkan oleh Spancer Kagan.

 Langkah-langkah penerapan metode Bamboo Dancing

1. Pembelajaran diawali dengan pengenalan topik oleh guru. Guru dapat menuliskan topik tersebut dipapan tulis atau guru dapat bertanya jawab mengenai apa yang telah diketahui peserta didik mengenai topik itu. 

Baca juga: Reaksi Kimiawi

2. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Kemudian mengatur agar setiap anggota kelompok tadi berdiri berjajar saling berhadapan. Pasangan ini disebut sebagai pasangan awal. 

3.Guru membagikan setiap pasangan soal/ tugas untuk dikerjakan atau dibahas. 

4. Setelah berdiskusi, setiap anggota kelompok yang berdiri berjajar saling berhadapan tadi bergeser mengikuti arah jarum jam. Akibatnya setiap siswa akan mendapat pasangan baru. Ketika bertukar pasangan inilah siswa saling berbagi informasi. Pergeseran searah jarum jam ini terus berlanjut hingga siswa kembali pada pasangan asal. 

5. Hasil diskusi di tiap- tiap kelompok tadi kemudian dipresentasikan di dalam kelas.

 Kelebihan Metode Bamboo Dancing 

1. Melatih siswa untuk saling berinteraksi dalam memecahkan suatu masalah atau persoalan.

2. Meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran, sehingga tidak monoton.

3. Siswa dapat saling bertukar pikiran, pengalaman, ataupun informasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun