Pelaksanaan pendidikan kejuruan SMK saat ini belum benar?
Pertanyaan ini harus segera di selesaikan karena biaya pendidikan tidak murah, dan saat ini kita butuh pengembangan SDM untuk menaikan iklim investasi.
Mari kita kita cari tahu mengapa demikian;
Apakah Kondisi smk saat apakah sudah didasarkan atas perkembangan "demand-driven" (kebutuhan dunia kerja) baik itu bidang studi atau kurikulumnya.
Apakah Fokus isi pendidikan kejuruan SMK sudah pada kompetensi siswa dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja, dapat dilihat berapa lama siswa SMK praktek kerja di industri didalam mencapai kompetensinya.
Apakah SMK sudah mempunyai Hubungan yang erat dengan dunia industri sebagai partner melatih siswa SMK selama mencapai kompetensi dan ini merupakan kunci sukses pendidikan kejuruan sistim ganda (dual system)
Bagaimana lulusan SMK sudah langsung terserap kerja, jika Pendidikan kejuruan didasarkan atas "demand-driven" (kebutuhan dunia kerja) maka lulusa siswa SMK tidak akan menganggur.
Apakah pendidikan sistem ganda (dual system) telah berjalan benar, karena Pendidikan kejuruan memerlukan fasilitas yang mutakhir untuk praktik kerja dan jika pendidika sistem ganda benar di jalankan maka beban fasilitas praktik yang mutakhir akan ada di industri partner SMK.
Prinsip-prinsip Pendidikan Kejuruan SMK saat ini harus segera dibenahi :
Pendidikan kejuruan SMK akan efisien jika mengunakan pendidikan sistem ganda (dual system) di mana siswa dididik di sekolah dan  dilatih pada industri di mana nanti ia akan bekerja.
Pendidikan kejuruan SMK dengan dual system sangat efektif di mana tugas-tugas latihan dilakukan dengan cara, alat, dan mesin yang sama seperti yang diterapkan di tempat kerja
Pendidikan kejuruan SMK sangat efektif karena dilatih seseorang dari industri yang dalam kebiasaan berpikir dan bekerja seperti yang diperlukan dalam pekerjaan itu sendiri.
Pendidikan kejuruan SMK dengan dual system selalu memperhatikan permintaan pasar (memperhatikan tanda-tanda pasar kerja) karena partner SMK adalah DU/DI
Dan yang terpenting adalah pendidikan SMK dengan dual system merupakan Proses pembinaan kebiasaan yang efektif pada siswa dalam kompetensinya akan tercapai jika pelatihan diberikan pada pekerjaan yang nyata (pengalaman sarat nilai) dan ini sangat di butuhkan DU/DI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H