Mohon tunggu...
Saghirazita
Saghirazita Mohon Tunggu... Mahasiswa - be the one Allah loves

share kindess, share happiness

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Find Your Passion, Enjoy Your Life

4 Maret 2021   15:00 Diperbarui: 4 Maret 2021   15:18 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Assalamu'alaikum. Anyeong!

FIND UR PASSION, atau temukan passionmu/kelebihanmu.

Banyak sekali, teman-teman kita yang diluar sana atau bahkan kita sendiri, belum mengetahui potensi diri. Apa itu kelebihan kita, apa yang kita senangi, dah lah yang penting hidup ngalir aja, tugas kampus selesai semua, weekend istirahat. Gitu aja. Freak sekali bukan?

Bahkan, mereka cenderung lebih mengetahui kekurangan mereka dibanding kelebihan mereka. Ketika ditanya kekurangan kamu apa?, emm aku ga PD, aku ga pinter ngomong didepan, aku ga jago ini, dan ketika ditanya apa kelebihannya, jawabannya emm kelebihan saya, saya punya kekurangan yang banyak. Looh?.

Kalau teman-teman hanya berputar pada kekurangan saja, bahkan terlalu sering mengamati kelebihan orang lain tanpa peduli dengan kelebihan yang dimiliki, maka teman-teman akan terus berpikir aku gabisa ini, aku gabisa kaya dia. Oh no! its gonna be danger! Ini akan sangat berbahaya untuk masa depan teman-teman, jika teman-teman terlalu fokus pada kekurangan saja, teman-teman bisa jadi pribadi yang rendah diri, dan sulit untuk maju kalau kita sudah nge-blocking diri “gabisa”.

Jadi disini aku ingin menekankan pentingnya mengetahui potensi yang teman-teman miliki.

“trus gmn dong ka sama aku yang udah 20an tapi sampe skrg gatau apa kelebihanku, udah terlambat ya?” emm emm, tidak ada kata terlambat untuk kebaikan, masih ada waktu untuk mencari dan membangunnya.

Ada banyak cara agar kita dapat mengetahui potensi yang kita miliki, disini aku akan sedikit menjelaskan 3 cara agar kalian bisa mengetahui potensi yang kalian miliki.

1. Mencari bidang/suatu hobi yang kita senangi

Sesuatu yang kita senangi itu adalah sebuah hobi atau kegiatan yang ketika kita melakukannya kita semangat, dan siap mengorbankan apapun untuk melakukan itu. Kenapa? Karena kita senang dengan itu. Bahkan kita rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan hal yang kita senangi itu. 

Contohnya seperti ini, kita suka nonton film, suka ngedit2 video, nah saking sukanya dengan hal tersebut, kita jadi termotivasi ingin membuat film nih, akhirnya teman-teman menabung untuk membeli kamera, dan ternyata hasil percobaan film yang kita buat mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat. Dan disini temen2 pasti senang dong, selain mendapat respon yang baik dari masyarakat, dari percobaan itu kalian bisa menemukan potensi teman-teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun