Mohon tunggu...
Safira Sonia
Safira Sonia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Pemerintaha Universitas Riau

Governance scienseđź“š

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bentuk Komunikasi Pemerintah dalam Penanganan Kasus Covid-19 di Twitter (KemenkesRI & BNPB_Indonesia)

19 April 2022   11:25 Diperbarui: 19 April 2022   11:29 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini, dunia termasuk Indonesia sedang dihadapkan pada krisis kesehatan dengan merebaknya wabah coronavirus disease (Covid-19). Di Indonesia sendiri, Pemerintah pertama kali mengumumkan kasus positif covid-19 pada 2 Maret 2020 (Pranita, 2020). Dua instansi pemerintah yang menjadi motor informasi adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI. Kemenkes secara rutin menggelar jumpa pers untuk memberi informasi terbaru tentang perkembangan kasus Covid- 19, sementara BNPB ditunjuk sebagai ketua gugus tugas nasional Covid-19.

Pada masa pandemic COVID-19 saat ini, media sosial salah satunya Twitter dapat menjadi hal yang solutif untuk menciptakan komunikasi pemerintahan. Karena disini pemerintah akan dapat meningkatkan responsivitasnya terhadap situasi yang sedang dihadapi oleh masyarakatnya pada saat ini. Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh (Eom et al., 2018) bahwasannya Twitter dapat dijadikan sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dengan warga negara maupun sebaliknya.

Dengan adanya komunikasi di media sosial akan meminimalisir ketimpangan data maupun informasi yang disampaikan oleh sumber lain. Oleh karenanya peran BNPB selaku badan yang bertanggungjawab dalam mengatasi pandemic COVID-19 ini perlu menciptakan komunikasi yang interaktif melalui media sosial Twitter. Dari awal adanya COVID-19, melalui akun @BNPB_Indonesia instansi pemerintah tersebut telah aktif menggunakan Twitter untuk menyampaikan berbagai informasi kepada public. Secara khusus desain penelitian ini menunjukkan analisis komunikasi pemerintah melalui media sosial di masa pandemic COVID-19. Dimana akan lebih spesifik untuk mengetahui intensitas komunikasi pemerintah dan hubungan interaksi pemerintah melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia. Guna mempermudah bahasan, penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemerintahan dan media sosial.

Karena komunikasi pemerintahan sebagai penyampai informasi sebuah progam, kebijakan, maupun ide-ide dari pemerintahan untuk menjadi visi dan misi kepada masyarakat (Anggreani et al., 2020). Sehingga komunikasi pemerintahan tidak hanya sebagai sarana ataualat bagi pemerintah untuk menyampaikan dan atau menerima informasi tentang suatu kebijakan publik, misalnya, tetapi juga sebagai sarana memadukan kegiatan-kegiatan secara terorganisasi dalam mewujudkan kerjasama (Silalahi, 2004).

A. Berdasarkan Retweet pada Twitter Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Tipe tweet yang dilakukan oleh akun twitter @kemenkesRI dominan ketweet dari pada retweet, nilai tweet dari KemenkesRI sebesar 1104, sedangkan retweet yang dilakukan sebesar 119, adapun isi retweet dari KemenkesRI yaitu berupa informasi pengenalan corona virus hingga pencegahan, dan me-retweet informasi hoax yang telah beredar di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk voice note.

Sedangkan untuk akun twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan nilai tweet sebesar 1598, sedangkan untuk retweet sebesar 330, adapun isi dari retweet tersebut mengenai informasi tentang bencana alam (gempa, longsor, dan banjir) yang dialami di beberapa wilayah, selanjutnya tidak lepas dari informasi pandemi covid-19 serta bantuan sosial (bansos). 

Dalam akun tweet Badan Nasional Penanggulangan Bencana banyak informasi mengenai bencana alam serta pandemi covid-19, ini membuktikan bahwa BNPB selalu memberikan informasi mengenai bencana yang dialami di wilayah manapun terlepas dari bencana pandemi covid-19. Tweet Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga mempunyai tweet lebih banyak dari pada akun KemenkesRI yang setiap saat memberikan informasi yang relevan dalam situasi apapun.

B. Intensitas Twitter @BNPB_Indonesia Dalam Komunikasi Pemerintahan di Masa Pandemi COVID-19.

Penggunaan Twitter oleh BNPB mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada rentang waktu April 2020 hingga Juli 2020 bahwa Twitter @BNPB_Indonesia selalu mengalami peningkatan intensitas. Peningkatan intensitas komunikasi yang dilakukan oleh BNPB juga adanya peningkatan kasus yang terkonfirmasi di Indonesia. Dan intensitas Twitter @BNPB_Indonesia pada bulan April memiliki presentase 10%, bulan Mei pada 69,6%, pada bulan Juni2020 dengan jumlah presentase 97,4%, bulan Juli memiliki presentase 90%, pada bulan Agustus intensitas Twitter BNPB memiliki penurunan di angka 62%, pada bulan September memiliki presentase 60%, di bulan Oktober turun menjadi 50%, dan pada bulan November mengalami peningkatan intensitas tweet yang dilakukan oleh BNPB dengan angka presentase 58%.

Oleh Karena itu, melalui akun @BNPB_Indonesia, pemerintah meningkatkan intensitas komunikasinya melalui media sosial Twitter kepada masyarakat. Hal ini guna untuk memberikan informasi kepada masyarakat sebagai himbauan dalam membantu memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa intensitas akun Twitter @BNPB_Indonesia di masa pandemic COVID-19 dalam membangun komunikasi pemerintah telah menciptakan komunikasi yang efektif. Dimana pemerintah telah berupaya untuk terus meningkatkan penyebaran informasi terkait dengan penanganan COVID-19 kepada publik. 

Dengan tingkat intensitas komunikasi yang tinggi melalui media sosial, maka hal ini dapat menciptakan transparansi informasi pemerintah terkait COVID-19. Sehingga hal ini juga dapat menciptakan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah di masa pandemic COVID-19.

C. Word Frequency pada Twitter Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Ada beberapa kalimat yang sering disebutkan oleh KemenkesRI sebagai himbauan serta untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia yaitu seperti rilissehat, healthies, kesehatan, bersama. Dalam hal ini Kemenkes masih mengajak atau memberikan motivasi untuk berkerja sama dalam menangani pandemic covid-19, terlihat jelas dari kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam setiap memberikan informasi di tengah situasi pandemi. Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin tetapi masih saja kewalahan dalam mencegah serta memutus rantai covid-19, dapat ditemukan ajakan dari kalimat yang didapatkan yaitu #bersatumelawancovid19.

Dari word frequency akun twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan bahwa kalimat yang sering digunakan dalam akun twitter BNPB yaitu covid, Indonesia, penanganan. Dalam hal ini jelas bagaimana BNPB memberikan ajakan dalam memerangi pandemi covid-19 dengan kalimat #bersatumelawancovid19, dengan situasi saat ini akun twitter Kemenkes RI serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sama-sama mempunyai kalimat ajakan kepada masyarakat Indonesia dengan #bersatumelawancovid19.

D. Hubungan Interaksi Akun Twitter @BNPB_Indonesia di Masa Pandemi COVID-19.

Pemerintah melalui akun @BNPB_Indonesia melakukan komunikasi melalui media sosial Twitter membangun interaksi dengan beberapa akun Twitter lainnya seperti organisasi pemerintah lainnya, tokoh negara, maupun kelompok komunitas. Seperti adanya interaksi dengan akun Presiden Republik Indonesia melalui akunnya @Jokowi serta beberapa instansi pemerintah baik pusat maupun daerah yaitu @KemensosRI, @Kemenkuham_RI, @Kemenhub151, @Pusdalops_diy, @Pusdalopsbantul, @BPBDJakarta, @BPBDCilacap serta dengan komunitas yang muncul ketika COVID-19yaitu dengan akun @lawancovid19_id. Dengan adanya interaksi yang tercipta ini mampu mengurangi adanya misinformasi kepada public. Karena sejak adanya pandemic di Indonesia keraps kelai ditemukan informasi-informasi yang tidak signifikan dan bersifat hoax, sheingga hal ini akan memacu ketegangan di public. Oleh karenanya dengan komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah melalui akun @BNPB_Indonesia dan membangun interaksi antar actor hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat Kembali kepada pemerintah.

penyebaran informasi melalui akun @BNPB_Indonesia berhasil diterima oleh pengguna Twitter lainnya atau masyarakat. Bahwasannya informasi melalui @BNPB_Indonesia mendapat respon dan ikut disebarluaskan oleh public. Karena dengan media sosial pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan membuat konten. Sehingga media sosial Twitter dapat menjadi solusi komunikasi pemerintahan dalam keadaan krisis. Dimana hal ini nantinya akan disebut sebagai komunikasi krisis, yaitu pertukaran informasi yang dilakukan real time, dan mampu membuka ruang untuk berbagai saran dan pendapat secara cepat ketika keadaan sedang mengalami ancaman seperti ancaman kesehatan pada masapandemic COVID-19.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun