Mohon tunggu...
Safar TMS
Safar TMS Mohon Tunggu... Lainnya - Safar TMS

Sistem terintegrasi & terlengkap nomor #1 di Indonesia yang dikembangkan khusus untuk memaksimalkan performa bisnis travel Anda dalam menangani transaksi, pembayaran, keagenan, inventori, HRD, hingga akuntansi keuangan bisnis travel Anda

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Trik agar Calon Jamaah Setuju Membeli Paket Umrah yang Anda Tawarkan

20 September 2022   13:40 Diperbarui: 20 September 2022   13:49 1165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Paket umroh murah adalah penawaran yang sangat menarik bagi calon jamaah umrah. Saat ini, apabila jamaah dihadapkan dengan 2 pilihan paket umroh murah atau paket umrah premium, maka lebih sering jamaah memilih paket umrah yang harganya lebih murah.

Ada dua kemungkinan alasan hal ini terjadi. Pertama, biaya yang dimiliki oleh jamaah memang terbatas. Tidak terdapat dana lebih / sumber dana lain untuk membiayai dana umrah yang lebih mahal.

Kedua, mental konsumen. Mungkin, konsumen atau calon jamaah umroh Anda mempunyai dana yang cukup besar untuk berangkat umroh. Namun, mereka memegang prinsip "Kalau bisa bayar lebih murah, kenapa pilih yang mahal?"

Hal ini tentunya tak sepenuhnya salah. Namun, dengan trik khusus, Anda bisa membuat calon jamaah Anda mau membayar lebih atas paket umrah yang Anda tawarkan. Walaupun paket umroh Anda termasuk lumayan mahal.

Edukasi Calon Jamaah

Dalam bisnis travel umrah, mengedukasi calon jamaah akan pentingnya keamanan & kenyamanan ketika umrah harus terus dilakukan oleh para pebisnis umrah.

Hal ini menyangkut pengalaman berumroh yang lebih menyenangkan, aman, tenang, & khusyu. Jika travel umroh dapat memberikan edukasi yang lengkap seputar kebutuhan jamaah untuk melaksanakan umroh yang berkualitas, maka tak sulit menjual paket umrah yang memberikan manfaat sesuai dengan yang diharapkan.

Biaya yang dikeluarkan untuk umrah adalah pengeluaran di jalan Allah (fi sabilillah), yang mana Allah telah menjanjikam untuk DIGANTI dengan balasan yang lebih baik. Apakah itu balasan di dunia seperti keberkahan, rezeki berlimpah, dimudahkan jodoh, sembuh dari sakit dan sebagainya.

Atau balasan yang tidak bisa kita lihat sekarang, seperti pemberat amal timbangan kita di akhirat kelak. Bahkan, kita berkesempatan mendapatkan hadiah tertinggi yang diinginkan setiap orang yakni balasan surga.

Jadi, membeli paket umroh yang mahal sebetulnya bukanlah suatu pemborosan. Ini merupakan bagian dari ikhtiar agar ibadah kita menjadi lebih berkualitas.

Jika calon jamaah umrah Anda mengetahui ilmu ini, insya Allah akan lebih mudah membawa mereka ke baitullah tanpa harus ragu dengan dana yang dikeluarkan.

Buat Semuanya Masuk Akal

Menjual paket umroh dengan biaya yang mahal, bukan berarti tak masuk di akal. Anda bisa menjelaskan kepada calon jamaah, mengapa ada paket umrah yang kisarannya hanya 23 jutaan, & mengapa ada paket umrah yang biayanya mencapai 45 juta rupiah.

Tentu, ada harga ada rupa. Paket reguler dapat dihargai murah dikarenakan memang tak memerlukan banyak dana. Tetapi, paket umrah premium, dengan segala fasilitas yang premium pula, maka wajar apabila Anda menawarkan bandrol di atas 30 juta rupiah.

Berikanlah gambaran maupun penjelasan yang jelas kepada calon jamaah Anda, sehingga mereka dapat menerima harga yang Anda tawarkan. Tentu, Anda berkewajiban memberikan jaminan kesesuaian antara deskripsi produk dengan kenyataannya.

Komparasi dengan Kompetitor / Paket Umrah Murah Anda Sendiri

Tentu, Anda memilikimempunyai diversifikasi produk dalam bisnis travel umroh Anda. Tidak hanya paket umroh premium, namun juga paket umrah biasa.

Anda dapat membuat tabel komparasi, apa saja perbedaan dari paket umrah murah dengan paket umrah premium yang Anda tawarkan. Selanjutnya, Anda dapat menunjukkan bahwa dengan selisih biaya yang tak terlampau banyak, calon jamaah umrah dapat menikmati fasilitas yang jauh lebih baik.

Hal ini bisa membuat calon jamaah umrah Anda merasa bahwa harga paket premium Anda ternyata tidak semahal yang dia pikirkan. Toh, dengan harga sekian juta tersebut, fasilitas yang didapat memang sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Jadi, Anda dapat menonjolkan MANFAAT produk paket umrah premium Anda ketika berpromosi, alih-alih berfokus terhadap biaya yang mahal. Toh, paket umroh murah juga belum pasti laku jika kualitas pelayanannya kurang bagus.

Anda sebetulnya juga bisa membandingkan dengan kompetitor di luar bisnis Anda. Tetapi cara ini lumayan rawan untuk dilakukan. Nantinya, persaingan bisnis jadi tidak sehat. Anda baiknya berfokus pada kelebihan produk Anda daripada menjelaskan kekurangan pesaing Anda.

Gunakan Teknik Closing yang benar

Ada beberapa teknik closing yang bisa Anda praktekkan dengan mudah, untuk meningkatkan penjualan paket umroh premium Anda.

Mengapa Harus Membeli Produk Anda

Cara membuat orang terpancing membeli produk Anda adalah dengan memberikan nilai plus pada produk yang Anda jual. Misalnya, untuk penjualan paket umrah premium, Anda bisa memberikan voucher belanja yang dapat ditukar dengan oleh-oleh umrah ketika mereka pulang dari umrah.

Besarnya voucher sesuai paket umrah yang mereka pilih, semakin mahal semakin besar nilai vouchernya. Anda juga dapat memberikannya dalam bentuk cashback uang riyal, sehingga jamaah bisa menggunakannya untuk berbelanja saat berada di Arab Saudi.

Anda juga bisa memberikan garansi, misalnya jika ternyata fasilitas yang Anda tulis ketika promosi jauh berbeda dengan kenyataan saat umrah, jamaah memiliki hak mengklaim cashback sekian rupiah.

Hal-hal seperti ini umumnya mendorong jamaah untuk secepatnya menekan tombol check out, karena merasa terdapat nilai tambah yang akan mereka peroleh saat mereka membeli produk Anda.

Mengapa Calon Jamaah Harus Membeli Saat Ini Juga

Berikan batasan waktu saat berpromosi, sebab jika Anda memberikan kesempatan untuk pelanggan Anda menunda pembelian, maka Anda juga akan kehilangan peluang memperoleh closing.

Berikanlah batasan waktu dengan kalimat-kalimat seperti:

  • Promo ini hanya terbatas untuk 30 orang pertama saja (ada kuota)
  • Daftar sekarang gratis merchandise menarik (ada bonus)
  • Setelah tanggal 10, harga naik 500.000 jamaah merasa harus berhemat dengan membeli sekarang, bukan nanti)
  • dan sebagainya, sesuaikan dengan kreativitas & program promosi perusahaan Anda.

Tanamkan Kepercayaan Jamaah pada Perusahaan Anda

Trust atau rasa percaya ialah modal paling brilian untuk menghasilkan penjualan dari produk-produk premium. Anda kemungkinan tahu Apple, produknya begitu laris bahkan orang mau mengantri berhari-hari di depan toko untuk memperoleh produk baru yang akan dilauncing.

Apa yang membuat Apple sangat laris? Padahal harga yang ditawarkan juga tidak murah. Ternyata, Apple berhasil membangun kepercayaan kepada pelanggannya sehingga produknya begitu diminati & dinanti.

Anda dapat mulai dengan membangun brand perusahaan travel umrah Anda, sehingga Anda mempunyai reputasi yang cukup baik di mata jamaah. Reputasi yang baik akan berdampak terhadap rasa percaya jamaah, sehingga tanpa diminta pun mereka akan merekomendasikan travel umroh Anda kepada orang lain.

Anda juga bisa membuat testimoni jamaah, agar calon jamaah lain timbul rasa kepercayaan pada perusahaan Anda. Walaupun paket umroh yang Anda promosikan bukanlah paket umrah murah, Anda tetap bisa memenangkan market karena memiliki target pasar yang spesifik.

 Semoga sukses!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun