Mohon tunggu...
Saepullah
Saepullah Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bocoran Soal Ujian Akhir PembaTIK Tahun 2023 Level 2 Implementasi: Selamat Belajar!

22 Agustus 2023   07:30 Diperbarui: 22 Agustus 2023   07:51 4946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulillah, selamat kepada para peserta PembaTIK level 2 Tahun 2023 yang sudah berhasil pada tahap akhir yaitu Ujian Akhir PembaTIK Level 2 tahun 2023. Sekedar informasi untuk bersama bahwa kegiatan PembaTIK level 2 ini dimulai pada 7 Agustus 2023, dan akan berakhir pada 23 Agustus 2023. Dua hari terakhir yaitu 22-23 Agustus menjadi masa akhir perjuangan bagi peserta yaitu untuk menyelesaikan Ujian Akhir.

Pada Level 2: Implementasi ini dipelajari beberapa modul yaitu:

> Modul 5 tentang Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21

> Modul 6 tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital

> Modul 7 tentang Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran

> Modul 8 tentang Dasar-dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berteknologi Digital

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Setelah mempelajari modul demi modul akhirnya mengikuti Ujian Akhir. Berikut ketentuan dalam mengikuti Ujian Akhir PembaTIK Tahun 2023 level 2: Implementasi, yaitu:

> Pastikan Anda mengerjakan formulir Ujian Akhir dengan menggunakan akun belajar.id yang Anda daftarkan di PembaTIK 2023

> Peserta akan menerima paket soal yang berbeda;

> Pilihlah salah satu jawaban yang benar;

> Ujian Akhir dilakukan selama 90 menit;

> Peserta hanya mendapatkan 1 (satu) kali kesempatan mengerjakan ujian;

> Peserta wajib mengerjakan Ujian Akhir secara mandiri;

> Peserta dilarang untuk menyebarluaskan soal dan/atau jawaban ujian akhir;

> Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai penyelenggara PembaTIK berhak mendiskualifikasi peserta apabila ditemukan kecurangan dalam mengerjakan ujian akhir;

> Dengan mengklik lampiran formulir ujian yang ada di bawah ini, maka peserta dinyatakan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

> Setelah selesai mengerjakan Ujian Akhir, peserta mengisi formulir evaluasi pelaksanaan PembaTIK Level 2

Setelah membaca ketentuan dengan sebaiknya pastikan untuk mengikuti ujian dengan akun belajar.id, jika tidak menggunakan akun belajar.id maka akan terdapat kata-kata berikut : Anda perlu izin

Formulir ini hanya dapat dilihat oleh pengguna dalam organisasi pemilik formulir.

Coba hubungi pemilik formulir jika Anda merasa bahwa telah terjadi kesalahan. Pelajari Lebih Lanjut..

Hal tersebut menandakan bahwa tidak bisa mengerjakan Ujian Akhir tersebut,

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Baiklah berikut kiranya beberapa Latihan Soal Ujian Akhir ini semoga bisa menjadi panduan. Adapun bocoran soal-soal sebagai latihan tersebut yaitu :

1. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah...

a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

Jawaban : A

2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang membutuhkan, di luar jam mengajarnya.

Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ....

a. personalisasi

b. akselerasi

c. subtitusi

d. suplemen

e. komplemen

Jawaban : E

3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut.

Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ....

a. TK (technological knowledge)

b. PK (pedagogical knowledge)

c. TPK (technological and pedagogical knowledge)

d. TCK (technological and content knowledge)

e. PCK (pedagogical and content knowledge)

Jawaban : D

4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ....

a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan oleh tim melalui aplikasi vicon

b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan didokumentasikan (foto dan video)

c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan memberikan hadiah kepada pemenang

d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup komunikasi peserta didik

e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit mengakses internet

Jawaban : A

5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas

b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas

c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas

d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas

e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas

6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah ....

a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK

c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

Jawaban : C

7. Guru harus terampil menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ....

a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

Jawaban : B

8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ....

a. program

b. eksternal

c. diagnostik

d. formatif

e. sumatif

Jawaban : C

9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu meningkatkan efektivitas proses dalam hal ....

a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)

b. daya tarik belajar bagi peserta didik

c. pencarian sumber belajar digital

d. memudahkan mengecek keikutsertaan

e. peningkatan mutu pendidikan

Jawaban : A

10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah ....

a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK yang paling terbaru

b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh sekolah tanpa terkecuali

c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah memiliki aliran listrik

d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu didistribusikan ke seluruh sekolah

e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program 

pelatihan berkelanjutan

Jawaban : E

11. Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru nanti, kemendikbudristek menyiapkan 3 jalur pilihan sesuai satuan pendidikan yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan Pendidikan, yaitu:

a. Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi dan Mandiri Berubah

b. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berkolaborasi

c. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bergotong-Royong

d. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bekerjasama

e. Mandiri Berubah, Mandiri Berkolaborasi dan Mandiri Bergotongroyong

Jawaban : A

12. Manfaat dengan adanya pusat sumber belajar adalah...

a. Penyimpanan, pelayanan, penyajian dan kolaborasi

b. Penyimpanan, pelatihan, pembaharuan dan berbagi

c. Penyimpanan, pelayanan, pemasaran, kolaborasi

d. Pelayanan, pelatihan, pemasaran dan pembaharuan

e. Pembaharuan, pemasaran, kolaborasi, pembaharuan

Jawaban : B

113. Platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar, yaitu:

a. Asesmen Murid, Komunitas, Bukti Karya dan Sumber Belajar

b. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Sumber Belajar dan Edugame

c. Asesmen Murid, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar dan Komunitas

d. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Edugame dan Bukti Karya

e. Asesmen Murid, Sumber Belajar, Bukti Karya dan Video Inspirasi

Jawaban : C

14. Menu Perangkat Ajar pada PMM merupakan menu yang memuat berbagai materi pendukung dalam kegiatan pembelajaran Guru di sekolah berupa:

a. Modul Kelas

b. Sumber Belajar

c. Edugame

d. Modul dan Bahan Ajar

e. Praktik Baik

Jawaban : D

15. Diferensiasi konten dalam pembelajaran terdiferensiasi dilakukan dengan cara:

a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik

b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari

c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel

d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik

e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital

Jawaban : B

16. Asesmen yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik dalam mempelajari materi dan pencapaian tujuan pembelajaran, merupakan:

a. Asesmen Kelas

b. Asesmen Sekolah

c. Asesmen Sumatif

d. Asesmen Nasional

e. Asesmen Awal

Jawaban : E

 

17. Asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran merupakan:

a. Asesmen Kelas

b. Asesmen Sekolah

c. Asesmen Sumatif

d. Asesmen Nasional

e. Asesmen Awal

Jawaban : C

18. Pengertian belajar menurut Prof. Oemar Hamalik adalah ...

a. mengembangkan kemampuan kreativitas, sosial, emosional

b. proses menyampaikan pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik

c. menerima instruksi dari seseorang yang lebih berpengalaman

d. usaha untuk mencapai nilai tinggi dan prestasi dari tugas dan ujian

e. perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi individu dan lingkungan 

Jawaban : E

19. Lingkungan belajar mengandung arti ...

a. hal yang dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku peserta didik

b. segala hal di sekitar peserta didik yang dapat mempengaruhi tingkah laku

c. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

d. semua yang ada di sekeliling individu yang dapat menimbulkan interaksi

e. lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

Jawaban : B

20. Bagaimana dampak penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya?

a. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

b. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

c. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

d. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

e. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

Jawaban : A

21. Model pembelajaran blended terdiri dari 3 komponen utama yaitu ...

a. Pembelajaran luring, pembelajaran campuran, pembelajaran inovatif

b. Pembelajaran luring, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran kreatif

c. Pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, pembelajaran mandiri

d. Pembelajaran daring, pembelajaran luring, pembelajaran campuran

e. Pembelajaran daring, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran aktif

Jawaban : C

22. Pada suatu waktu, seorang narasumber memberikan materi kepada para pendengar. Ada dua kelompok pendengar, yaitu yang hadir langsung di depan pembicara dan yang mendengarkan melalui Youtube Live Streaming. Di sesi diskusi, narasumber memberikan kesempatan baik kepada hadirin yang hadir maupun penonton daring di kanal untuk menyampaikan pertanyaan mereka.

Contoh tersebut merupakan penerapan model pembelajaran ...

a. Daring

b. Luring

c. Blended

d. Hybrid

e. Mix

Jawaban : D

23. Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar daring adalah....

a. News, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

b. Permainan, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

c. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, 

Laporan

d. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi,

Chatting

e. User Friendly Interface, Pendaftaran Daring, Kelas Daring, Kuis dan Ujian

Daring, Ruang Chatting

Jawaban : C

24. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ....

a. Mempermudah pendidik untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil

belajar peserta didik dengan waktu yang lebih singkat

b. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran daring dapat

diakses di mana saja dan kapan saja

c. Mendorong peserta didik bersantai-santai dalam belajar, dan tidak terbebani

d. Mempermudah guru dalam mengelola tugas, umpan balik, dan mengawasi

kemajuan peserta didik dalam proses belajar

e. Mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara mandiri

Jawaban : C

25. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali...

a. Zoom Meeting

b. Google Classroom

c. Kelas Maya

d. Microsoft Teams

e. Schoology

Jawaban : A

26. Apa saja fitur yang disediakan oleh Google Classroom?

a. Alat analisis data untuk mengevaluasi kemajuan peserta didik

b. Kemampuan untuk mengelola keuangan sekolah

c. Fasilitas pemesanan ruang kelas dan peralatan pembelajaran

d. Sarana untuk menjalankan simulasi laboratorium virtual

e. Pengaturan tugas, materi, pengumuman dan forum diskusi

Jawaban : E

 

27. Berikut ini adalah cara mengakses LMS yang kurang tepat yaitu ...

a. Kelas Maya : https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

b. Microsoft Teams : https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-teams/log-in

c. Google Classroom : https://classroom.google.com/

d. Schoology : https://app.schoology.com/login

e. Moodle : https://moodle.org/

Jawaban : B

28. Beberapa kemampuan di bawah ini diperlukan untuk menghadapi kebutuhan di

abad ke 21, kecuali ....

a. Kemampuan TIK

b. Kemampuan berpikir kritis

c. Kemampuan numerasi

d. Kemampuan berkomunikasi

e. Kemampuan kolaborasi

Jawaban : C

29. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika akan

melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran ....

a. Teknologi terkini, perencanaan pembelajaran, dan minat peserta didik

b. Karakter peserta didik, tujuan pembelajaran, dan lingkungan belajar

c. Keaktifan peserta didik, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah

d. Kondisi sekolah, kemampuan pendidik, dan kelengkapan fasilitas

e. Lingkungan belajar, kemampuan pendidik, dan teknologi terbarukan

Jawaban : B

30. Metode pembelajaran yang memiliki karakteristik dimana peserta didik diminta

untuk mengalami suatu peristiwa yang sedang dipelajarinya, merupakan

metode pembelajaran ....

a. Simulation based learning

b. Case/problem based learning

c. Product based learning

d. Resources based learning

e. Colaborative based learning

Jawaban : A

31. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut

Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui

beberapa tahapan, seperti ....

a. Pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

b. Penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

c. Perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

d. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

e. Perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

Jawaban : D

32. Dalam pembelajaran terdiferensiasi, ada beberapa aspek dari peserta didik

yang perlu diperhatikan yaitu ....

a. Kreativitas, bakat, dan lingkungan belajar

b. Kemampuan, hobi, dan ekonomi

c. Keluarga, lingkungan, dan masyarakat

d. Asal, ekonomi, dan keterampilan

e. Kesiapan, minat, dan profil belajar

Jawaban : E

 

33. Aspek pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan hasil akhir dari

pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan peserta didik merupakan aspek

....

a. Konten

b. Proses

c. Produk

d. Lingkungan belajar

e. Dampak belajar

Jawaban : C

34. Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapan

area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas, adalah ....

a. Flipped learning

b. Blended learning

c. Project based

d. Station rotation

e. Problem based

Jawaban : D

35. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu

dari komponen utama refleksi yaitu ....

a. Whole heartedness

b. Open mindedness

c. Responsibility

d. Problem solving

e. Consistency

Jawaban : A

36. Pendidik yang konsisten menjalankan refleksi akan mendapatkan berbagai

dampak positif, berikut ini yang bukan merupakan dampak baik refleksi

adalah....

a. Memahami maksud dari apa yang telah dipelajari

b. Dapat mengerti apa yang dilakukan

c. Paham apa yang harus dilakukan selanjutnya

d. Mengetahui budaya belajar yang ada di kelas

e. Dapat meluluskan kemampuan peserta didik

Jawaban : E

 

37. Berikut ini pernyataan yang paling tepat terkait best practice, adalah ....

a. Pendekatan yang didasarkan pada perencanaan terbaik

b. Pendekatan paling efisien dan efektif dalam menyelesaikan suatu tugas

c. Praktik pembelajaran tidak perlu melibatkan asesmen pembelajaran

d. Praktik baik selalu melibatkan penggunaan teknologi yang canggih

e. Praktik baik dicapai menggunakan metode pembelajaran hybrid

Jawaban : B

38. Pendapat dari Slameto tentang lingkungan belajar yaitu ...

a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga, 

lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat

b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu

c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang

mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu

d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh

kepada tingkah laku individu

e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan

lingkungannya

Jawaban : A

39. Salah satu kelemahan dari pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu ...

a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet

b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik

c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar

d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia

e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik

Jawaban : D

40. Metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan

pembelajaran secara daring dikenal dengan istilah ...

a. hybrid learning d. case based learning

b. blended learning e. flipped learning

c. simulation learning

Jawaban : B

41. Fitur pada LMS yang menyediakan chart atau hasil yang dapat memudahkan

pendidik melacak perkembangan peserta didiknya adalah fitur ....

a. antarmuka d. laporan

b. ruang diskusi e. konferensi video

c. ujian daring

Jawaban : D

42. Salah satu LMS yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran adalah...

a. Moodle d. Kelas Maya

b. Microsoft Teams e. Google Classroom

c. Schoology

Jawaban : E

43. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam

pembelajaran, adalah ....

a. Mencapai tujuan pembelajaran dengan efisien

b. Membangun keterampilan TIK peserta didik

c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik

d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif

e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik

Jawaban : E

44. Salah satu metode pembelajaran yang disarankan untuk membangun keterampilan

abad 21 melalui pemberian berbagai ragam dan jenis bahan belajar yang relevan

untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode ...

a. Resources based learning

b. Colaborative based learning

c. Simulation based learning

d. Project based learning

e. Problem based learning

Jawaban : A

45. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses,

yang bukan merupakan karakteristik pelaksanaan pembelajaran dalam

implementasi kurikulum merdeka adalah ...

a. Pembelajaran interaktif

b. Pembelajaran kolaboratif

c. Pembelajaran inspiratif

d. Pembelajaran menyenangkan

e. Pembelajaran menantang

Jawaban : B

46. Pelaksanaan pembelajaran dimana membedakan kegiatan peserta didik dalam

aktivitas mereka, merupakan pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan

aspek ....

a. Konten

b. Produk

c. Proses

d. Lingkungan

e. Kemampuan

Jawaban : C

47. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali

dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan, adalah pengertian dari ....

a. Asesmen

b. Evaluasi

c. Refleksi

d. Praktik Baik

e. Pengembangan

Jawaban : C

48. Berikut ini adalah ciri-ciri media pembelajaran digital menurut Arsyad, kecuali ....

a. dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear

b. digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang

c. pembelajaran berorientasi siswa, melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi

dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber

d. gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa

dan relevan

e. prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan

media pembelajaran

Jawaban : B

49. Metode ACTION merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk

pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang baik. Jika seorang guru

ingin menggunakan sebuah media namun ternyata kesulitan karena biayanya

yang cukup mahal, pertimbangan yang digunakan disebut dengan ....

a. Access

b. Technology

c. Interactivity

d. Cost

e. Novelty

Jawaban : D

50. Perhatikan gambar berikut!

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Video : Bukti Karya - (kemdikbud.go.id)

Gambar di atas merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam

bentuk ....

a. animasi tradisional

b. animasi 2D

c. animasi 3D

d. stop motion

e. motion graphic

Jawaban : C

51. Podcast adalah siaran berupa rekaman suara, rekaman asli video, dan juga

merupakan rekaman siaran televisi atau program radio dari host yang membahas

topik tertentu. Alamat podcast dari Pusdatin Kemendikbudristek adalah ....

a. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbud

b. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatinkemdikbud

c. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbudristek

d. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbud

e. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbudristek

Jawaban : A

52. Menurut Foreman, beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game

edukasi adalah ....

a. active learning, motivation, action

b. individualization, novelty, social

c. scaffolding, action, feedback active

d. technology, interactivity, transfer

e. motivation, scaffolding, assessment

Jawaban : E

 

53. Berikut yang tidak termasuk dari 4 alasan penting pemanfaatan media

pembelajaran, yaitu ....

a. meningkatkan mutu pembelajaran

b. tuntutan paradigma baru

c. tuntutan dunia teknologi

d. memenuhi kebutuhan pasar

e. visi pendidikan global

Jawaban : C

54. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran digital yaitu

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

a. augmented reality

b. virtual reality

c. game edukasi

d. video pembelajaran

e. podcast

Jawaban : C

55. Memanfaatkan media pembelajaran perlu mempertimbangkan faktor-faktor

berikut, kecuali ....

a. fasilitas sekolah

b. materi pembelajaran

c. karakteristik peserta didik

d. gaya belajar peserta didik

e. tujuan dan visi--misi sekolah

Jawaban : E

 

56. Memanfaatkan media pembelajaran digital perlu memperhatikan hak cipta atas

konten milik orang lain yang akan digunakan, dengan cara ....

a. membuat konten sendiri

b. mencantumkan sumbernya

c. mencantumkan konten asli

d. merubah konten sebagian

e. merubah konten seluruhnya

Jawaban : B

57.Berikut adalah alasan penggunaan konten pembelajaran berlisensi Creative

Commons (CC), yaitu ....

a. konten premium

b. konten khusus

c. konten personal

d. konten terbuka

e. konten komersial

Jawaban : D

58. Ketika hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah....

A. Kekinian teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat

B. Karakteristik siswa, tujuan dan lingkup pembelajaran

C. Keaktifan siswa, tujuan pembelajaran dan kondisi sekolah

D. Kondisi sekolah, kemampuan guru dan kelengkapan fasilitas

Jawaban : B

59. Dalam pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:

(a) Verifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer

(b) Berikan instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer

(c) Evaluasi kelemahan yang terjadi sat pembelajaran di lab komputer

(d) Identifikasi aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer

(e) Identifikasi keterampilan minimal yang dimiliki siswa untuk dapat melakukan aktivitas pembelajaran

Hal yang perlu dilakukan guru di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah.....

A. (a) (b).(c).

B. (a), (c), (e)

C. (a), (d), (e)

D. (b), (c), (d)

Jawaban : A

60. Kolaborasi selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupalan bentuk lingkungan belajar yang di sahabati dengan...

(a) Siswa belajar dalam kelompok kecil

(b) Tertjadinya transaksi dan interaksi antarguru

(g) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik

(d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting

(e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri

(f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok

Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah....

A. (a)-(b)-(d)-(e)

B. (a)- (c)-(d)-(f)

C. (a)-(c)-(d)-(e)

D, (a)-(d)-(e)-(f)

Jawaban : B

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Demikianlah beberapa contoh bocoran soal Ujian Akhir PembaTIK 2023 Level 2 yang disarikan dari latihan soal yang terdapat pada modul Level 2 PembaTIK Tahun 2023. Semoga bisa meraih kesuksesan dan kelulusan pada tahap Level 2. Selamat Belajar!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun