Mohon tunggu...
Saepullah
Saepullah Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Koneksi Antar Materi Modul 1.3.a.8 Pendidikan Guru Penggerak

8 Oktober 2022   18:53 Diperbarui: 8 Oktober 2022   19:02 1419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menerapkan Kurikulum Merdeka tentu perlu adanya peran dari semua civitas academica. Dalam mewujudkannya dengan berperan pada kebutuhan peserta didik. Kondisi ini juga berikan sebuah motivasi bagi Sekolah yang sudah menjadi Sekolah Penggerak. Lebih dari itu, Guru Penggerak juga berikan effort lebih maksimal. 

Dengan adanya Peran pada perwujudan Kurikulum Merdeka pada Guru Penggerak berupaya menumbuhkembangkan potensi peserta didik. Diriku selaku Calon Guru Penggerak (CGP) juga berupaya mewujudkan hal tersebut dengan mendalami dan mempelajari pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). 

Ada beberapa kaitan yang terdapat dalam modul 1.1 Filosofi Ki Hadjar Dewantara dengan 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak hingga kepada 1.3 Visi Guru Penggerak. Berikut sebuah kaitan antar materi yang coba saya paparkan dengan menggunakan Refleksi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan) 

Peristiwa

Pelajaran pada modul 1.3 yaitu tentang pembuatan sebuah visi bagi seorang guru (khususnya guru penggerak) juga bagaimana mewujudkannya visi melalui penerapan misi dengan BAGJA dengan keterkaitan dengan adanya Inkuiri Apresiatif (IA). 

Hal ini langsung berkaitan erat dengan diriku selaku pengajar mata pelajaran matematika yang juga mendapat amanah tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Tak mudah memang dalam membuat sebuah visi yang berkenaan dengan amanah sebagai seorang guru dan juga kesiswaan. Dalam hal ini perlu adanya keterikatan antara filosofi Ki Hadjar Dewantara dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak, serta saat ini yaitu Visi Guru Penggerak.

Inti keterkaitan itu semua yaitu berpihak pada murid. Oleh sebab itu, visi saya dalam hal sebagai guru (lebih khusus Guru Penggerak nantinya) yaitu memberikan keteladanan kepada peserta didik.

Keteladanan memang sudah selayaknya diwujudkan oleh seorang guru dengan sifat selaku pendidik. Dengan adanya keteladanan tentu siswa bisa menjadi lebih baik dalam sikap. Setelah terbangun adanya kepribadian siswa tentu juga lahirnya sebuah pemahamanan yang utuh pada pelajaran yang terdapat dalam SMA. 

Itu semua memang bersumber pada adanya Profil Pelajar Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun