Prestasi Bank Ganesha
Dunia perbankan tentu semakin berkembang dan semakin banyak karena dibutuhkan oleh masyarakat. Dunia perbankan yang layak dan patut dijadikan sebagai tempat bertrnsaksi yaitu dengan melihat kinerja dan performanya. Kinerja dan performa yang dianggap baik itu salah satunya ada pada Bank Ganesha.
Apa saja sih penghargaan dan prestasi yang diterima oleh Bank Ganesha ini:
- Penghargaan dalam penerapan praktek Corporate, Secretary, Corporate Communication dan Teknologi Informasi. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan terbaik yang dianggap mampu untuk merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi program tersebut secara strategis dan membuktikan efektivitasnya dalam pembangunan reputasi perusahaan secara luas. Berikut ini penghargaan yang diterima oleh Bank Ganesha:
1. Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award -- III -- 2018 -- Platinum
2. Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018 -- Platinum
3. The Big 10 -- Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018
- Penghargaan untuk kategori Perusahaan terbaik di bidang CSR di Indonesia tahun 2018.
Penghargaan yang diterima oleh bank Ganesha ini merupakan sebuah penghargaan yang diadakan oleh majalah Indonesia -- Asia Institute, Economic Review, Ideku Group pada tanggal 23 Februari 2018 di Hotel Crown Plaza. Penghargaan yang diterima yaitu penhargaan Gold Award pada "Indonesia Corporate Social Responsibility Award -- II -- 2018"
Penghargaan diberikan atas sebuah program CSR yang dimiliki oleh Bank Ganesha yang bermanfaat dan jangka panjang bagi penerimanya. Penghargaan ini penilaiannya dilihat dari publikasi kegiatan CSR, keterlibatan stakeholder, cakupan kegiatan CSR (meliputi kesehatan, lingkungan, pendidikan dan sosial), serta dampak jangka panjang CSR bagi masyarakat yang menerima manfaat.
- Laba bersih.
Laba bersih yang diterima oleh Bank Ganesha yaitu meningkat tajam sebesar 30% year on year (yoy) dari Rp. 39,2 miliar pada audit 31 Desember 2017. Laba bersih sebelum pajak sebesar Rp. 67,8 miliar.
Total pendapatan operasional pada Bank ganesha juga meningkat 38% yoy menjadi Rp. 247,8 miliar. Pendapatan bunga bersih yaitu sebesar Rp. 211,6 miliar meningkat sebesar 32% dari tahun sebelumnya yang hanya Rp. 160,9 miliar. Pendapatan berbasis biaya meningkat tajam yaitu sebesar 92% dari Rp. 18,9 miliar pada tahun sebelumnya menjadi Rp. 36,2 miliar.
Prestasi tersebut semakin membuktikan kelayakan Bank Ganesha sebagai Bank yang berdedikasi. Penghargaan lain yang turut diperoleh oleh Bank ganesha yaitu Website of the Year pada Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2017, Best Small bank Indonesia dalam International Finance Awards 2017, Small Banking Company of the Year dalam International Business Awards (stevie) 2017, Best Banking Governance dari CFI.co, Excellence in Innovation in Financial Industries dalam Asia Pacific Stevie Awards 2017, Outstanding Financial Performance dari Indonesia Best Banking Brand Award 2017, Predikat Sangat Baik dari majalah Info Bank dan Bank Terbaik dari kategori bank dengan aset Rp. 1 -- 25 triliun dari majalah Investor, peringkat korporasi 'idBBB +' dengan outlook stabil dari Pefindo, dan masih banyak lagi penghargaan yang didapat Bank Ganesha.
Lebih Lanjut Tentang Bank Ganesha
Bank Ganesha didirikan sejak tahun 1990 ini mulai beroperasi sejak tanggal 30 Aril 1992 setelah mendapat surat ijin usaha pada tanggal 14 April 1992 sebagai bank umum dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam SK No, 393/KMK-013/1992. Sejak tahun 1995 Bank Ganesha pun menjadi Bank Devisa sesuai SK Bank Indonesia No. 28/66/KEP/DIR pada tanggal 12 September 1995.
Bank Ganesha yang saat ini terletak di Jl. Hayam Wuruk No.8 Jakarta Pusat ini, Bank Ganesha juga turut melajayani transaksi impor ekspor, transaksi valuta asing dan jasa perbankan lainnya selain berfokus pada Bank Devisa.
Dalam hal kinerja dan performa karyawannya Bank Ganesha mengembangkan sistem EXCEL With Ganesha kepada karyawannya. EXCEL tersebut merupakan sebuah akronim dari Experience (Thrilling Experience), Xtraordinary Opportunities, Collaborative Teamwork, Enriching Knowledge, Excellence in Leadership. Perpaduan EXCEL tersebutlah yang membuktikan kinerja dan performa yang baik dengan prestasi yang ada pada Bank Ganesha.
Dalam hal penciptaan kinerja karyawan tersebut ada sebuah visi dari Bank ganesha yaitu Menjadi Bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui pelayanan prima. Visi Bank Ganesha juga ditunjang oleh tata nilai yang diterapkan Bank Ganesha yaitu Best (Berusaha untuk unggul dan menjadi yang terbaik dalam bidangnya), Growth (Selalu meningkatkan kompetensi dan perbaikan untuk menciptakan inovasi yang berkesinambungan), Teamwork (menghargai perbedaan antar tim dan memadu kinerja melalui kerjasama tim yang solid), and Goal (berorientasi pada tujuan bersama dan pencapaian target yang maksimal). Benarlah kiranya Bank Ganesha mengejewantahkan Visi&Nilai kepada kinerja karyawan dengan sistem EXCELnya sehingga membuktikan prestasi yang baik bagi Bank ganesha itu sendiri.
Lalu, bagaimana dengan produk perbankan yang diberikan dari Bank Ganesha?
Tentu saja selayaknya sebagai perusahaan perbankan, Bank Ganesha juga menyediakan produk tabungan diantaranya:
- Tabungan Ganesha yang memberikan sebuah keuntungan kepada nasabah yaitu bebas dari biaya admnistrasi tiap bulan dan biaya penggantian buku karena hilang/rusak.
- Tabungan Ganesha Optima dengan keunggulan seperti yang didapatkan pada produk Tabungan Ganesha ditambah dengan tabungan ini dapat digunakan juga untuk pengajuan kredit.
- Tabungan Ganesha Dollar yaitu dengan transaksi mata uang asing (USD) yang bida digunkan untuk bertransaksi, investasi, bisnis dan atau perjalanan.
- Tabungan Ganesha Payroll yaitu tabungan untuk penggajian karyawan perusahaan. Produk ini dibedakan menjadi Tabungan Payroll Ganesha Pass Book (TPGPB) dan Tabungan Payroll Ganesha Monthly Statement (TPGMS). Perbedaan nya yaitu TPGPB menggunakan buku tabungan sedangan TPGMS menggunakan Monthly Statement, TPGPB info saldo melalui CS/marketing dengan buku tabungan sedangkan TPGMS melalui estatements, dan perbedaan lainnya yaitu TPGPB bisa dilihat data financialnya sedangkan pada TPGMS tidak bisa dilihat.
- Tabungan Ganesha Pelajar diperuntukkan untuk para pelajar
- Tabunganku diterbitkan secara bersama oleh bank di Indonesia dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya menabung untuk kesejahteraan masa depan.
- Tabungan Ganesha MAPCLUB ini adalah sebuah produk perbankan yang unik yaitu dengan tabungan berupa poin MAP yang digunakan untuk pembayaran pada outlet MAPCLUB. Poin MAPCLUB bisa digunakan di Starbucks, Genki Sushi, Pizza Express, Krispy Kreme, Zara, Sogo, Sport Station, the foof hall dan outlet MAP lainnya. Kamu mau belanja setiap hari, ngopi setiap hari, atau makan setiap hari selagi kamu punya poin dari Tabungan MAPCLUB ini kenapa enggak?
- Produk lainnya dari Bank Ganesha yaitu Tabungan Ganesha Savingplus, Deposito Ganesha, serta Produk Member Get Member bisa dikunjungi saja Bank Ganesha terdekat atau melalui media sosial Bank Ganesha:
Call center: (021) 1500169
Website: www.bankganesha.co.id
FB: Bank Ganesha
I.G: @bankganesha
Twitter: @bankganesha
Youtube: Bank Ganesha
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H