Mohon tunggu...
Saeful
Saeful Mohon Tunggu... Administrasi - Digital Marketing

Food trave

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Social Media Management Bisa Meningkatkan Penjualan Sampai 25%

29 Januari 2024   18:48 Diperbarui: 29 Januari 2024   18:56 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Media sosial kini memang menjadi platform yang sangat penting untuk sebuah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menjangkau target pasar.

Bahkan, ada sebuah studi dari Sprout Social pada tahun 2020 yang menunjukkan bahwa 83% pelanggan merasa lebih percaya pada merek yang memiliki kehadiran di media sosial. 

Tak hanya untuk sekadar memposting foto biasa, dengan jangkauannya yang luas, media sosial mampu membantu sebuah bisnis dalam membangun brand awareness merek, bahkan meningkatkan penjualan hingga 25%.  

Adapun salah satu brand yang sangat gencar mengandalkan media sosial untuk meningkatkan penjualannya ialah Skintific, sebuah brand skincare yang viral berkat media sosial TikTok. 

Tak hanya itu, brand-brand baru lainnya juga memilih media sosial sebagai platform untuk mengawali pemasaran produk / jasa mereka, karena tak membutuhkan biaya, namun dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Kunci Keberhasilan Social Media Management Untuk Sebuah Bisnis

https://nekatberbisnis.com/product/newsmmt/
https://nekatberbisnis.com/product/newsmmt/

Namun, keberhasilan bisnis dalam mencapai tujuannya tersebut tentu harus diimbangi dengan keahlian dalam social media management yang optimal. Berikut beberapa langkah yang menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis di media sosial:

  1. Identifikasi Target Audience: Sebelum mulai memproduksi konten dan menyiapkan tampilan media sosial, sebuah brand harus terlebih dahulu mengidentifikasi dan menentukan target pasar yang ingin mereka gapai. Dengan memiliki target pasar yang spesifik, tentu akan memudahkan sebuah bisnis dalam menciptakan konten yang efektif dan dapat diterima oleh audiens. 

  2. Konten Berkualitas dan Konsisten: Pembuatan konten menjadi aspek kunci yang tak boleh diabaikan. Menciptakan konten yang menarik, relevan, dan konsisten, dapat menarik perhatian banyak orang, serta menciptakan interaksi yang tinggi di media sosial.

  3. Melakukan Riset dan Analisis: Dengan melakukan riset terkait jenis konten yang sedang tren di kalangan masyarakat, serta melakukan analisis terhadap respon mereka, dapat memudahkan sebuah brand dalam melakukan penyesuaian strategi yang lebih efektif kedepannya. 

  4. Interaktif: Tak cukup dengan menyajikan konten yang berkualitas dan tepat sasaran, sebuah brand juga harus interaktif, misalnya dengan merespons komentar dan pesan dari audiens dengan cepat, serta membuat interaksi yang lebih erat untuk membangun hubungan baik dengan konsumen, bisa dengan membuat semacam games atau kompetisi ringan yang melibatkan mereka.

  5. Jadwal Posting Teratur: Sebuah brand harus menentukan jadwal posting yang teratur untuk menjaga konsistensi dan intensitas kehadiran bisnis mereka di media sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat weekly plan atau monthly plan, sesuai dengan kebutuhan brand.

Solusi Mudah untuk Membantu Sebuah Bisnis dalam Social Media Management

Namun, penting untuk menyadari bahwa pengelolaan media sosial yang efektif tentu membutuhkan keahlian yang tinggi. Oleh karena itu, banyak digital marketing agency seperti Venus Live (PT Sinergi Komunikasi Global) yang dapat membantu sebuah brand dalam memasarkan produknya secara digital, termasuk mengelola media sosial (social media management).

Venus Live (PT Sinergi Komunikasi Global) sendiri adalah Public Relations (PR) & Digital Marketing Agency yang telah berdiri sejak tahun 2017, dan menawarkan layanan all in one communication, termasuk konferensi pers, publikasi media, penanganan KOL & influencer, digital marketing, social media management, dan sebagainya. 

Meskipun terbilang baru, agency dengan akun Instagram @venuslive.id ini telah memperoleh kepercayaan dari berbagai perusahaan dan public figure ternama untuk menangani berbagai masalah komunikasi mereka.

"Sejauh ini, Venus Live sudah menangani banyak sekali perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari brand kecantikan, jasa ekspedisi, ekspor impor, F&B, kontraktor & arsitektur, dan lain-lain. Banyak juga public figure dari kalangan pejabat, desainer terkenal, dan pebisnis," Ucap Lisa Ramadhanty selaku Managing Director Venus Live (PT Sinergi Komunikasi Global). 

Dengan tagline "Empower Your Journey With Us," Venus Live mendedikasikan diri untuk membantu memperkuat citra public figure maupun meningkatkan omzet perusahaan secara maksimal melalui strategi komunikasi yang kuat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun