Mohon tunggu...
SADRIMSC
SADRIMSC Mohon Tunggu... Guru - saat ini adalah pengajar di salah satu institusi pendidikan

Hobi menulis dan memikirkan hal-hal bersifat intuitif

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif

20 Juni 2024   14:00 Diperbarui: 20 Juni 2024   14:12 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua, Syalom, Oom Swastiastu, Namo Buddhaya, Wei De Dong Tian, Salam kebajikan.

Bapak/Ibu guru hebat, perkenalkan saya SADRI, S.Pd., M.Sc, unit kerja pada SMP Negeri 1 Wawolesea di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan ini, perkenankan saya menuliskan jurnal dwi mingguan sebagai refleksi mendalam terkait modul 1.4 tentang Budaya Positif di lingkungan sekolah. Dalam penulisan jurnal refleksi ini, saya menggunakan model 4F atau diterjemahkan dalam 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan). Selengkapnya saya sajikan dalam tulisan berikut :

Fact (Peristiwa)

Kesan pertama pada modul ini bahwa modul ini adalah modul dengan materi terbanyak di antara modul-modul sebelumnya, yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pada modul 1.4 ini saya mulai mempelajari materi mengenai Budaya Positif yang diawali dengan pembelajaran secara mandiri diawali dengan ‘Mulai Dari Diri’. 

Pada bagian ini saya diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di LMS diantaranya 1) Mengenai pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan; 2) bagaimana saya menciptakan suasana positif di lingkungan saya; 3) hubungan antara menciptakan suasana positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid; 4) penerapan disiplin saat ini di sekolah saya, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan refleksi diri, harapan untuk diri sendiri, harapan kepada siswa, dan ekspektasi kedepannya.

Berlanjut lagi, setelah mempelajari bagian ‘mulai dari diri’, berlanjut ke bagian ‘Eksplorasi Konsep’ dimana ada 6 materi yang esensial pada modul 1.4 ini. Materi tersebut adalah 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Restitusi – Lima Posisi Kontrol; 6) Restitusi – Segitiga Restitusi.

Setelah menyelesaikan eksplorasi konsep, saya berkolaborasi dengan teman-teman CGP lain yang dilakukan secara tatap maya (google meet) dipimpin oleh fasilitator kami yaitu Pak Asra, S.Pd., M.Pd., dalam sesi Ruang Kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. 

Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok menganalisis kasus-kasus yang disediakan berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Kami banyak berdiskusi dalam sesi ini, khususnya dalam sesi menanggapi presentasi dari setiap kelompok.

Setelah berkolaborasi, kami fokus mengerjakan tugas mandiri lagi di bagian ‘Demonstrasi Kontekstual’. Di bagian ini saya mendapatkan tugas membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Setelah skenario dibuat, saya membuat video penerapan segitiga restitusi bersama siswa. 

Saat itu kondisi sekolah sedang minggu sibuk para guru sebelum pelaksanaan ujian akhir semester tapi Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas ini dengan lancar.

Kegiatan selanjutnya dalam modul ini adalah ‘Elaborasi Pemahaman’ bersama instruktur. Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.4. Budaya Positif. Pada sesi ini saya banyak berdiskusi bersama instruktur yang bertujuan untuk memahami lebih dalam maksud dari materi pada modul 1.4 ini.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, saya lanjutkan dengan membuat tugas ‘Koneksi Antar Materi’. Bagian ini adalah pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3. dan 1.4. Tugas di bagian ini adalah menjelaskan pemahaman saya tentang konsep-konsep inti yang telah saya pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Saya juga diminta untuk menjelaskan hal yang menarik dan di luar dugaan saya. Saya juga membuat rancangan aksi nyata sebagai persiapan pelaksanaan aksi nyata modul 1.4.

Dan terakhir pembuatan ‘Aksi Nyata’, dalam aksi nyata ini saya melaksanakan beberapa kegiatan. Yang pertama saya lakukan adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah dan meminta izin untuk mengadakan diseminasi mengenai Budaya Positif kepada seluruh warga sekolah, khususnya rekan wali kelas. 

Dalam kegiatan diseminasi ini saya menjelaskan apa yang sudah saya dapatkan mengenai materi budaya positif, dan saya meminta kepada semua rekan wali kelas agar dapat membuat ‘Keyakinan Kelas’ di kelas masing-masing yang nantinya menjadi keyakinan kelas sampai menjadi keyakinan sekolah. Aksi nyata ini dibuat dalam 2 bentuk yaitu video dan artikel dan keduanya diunggah melalui LMS serta platform merdeka belajar.

  1. Perasaan (Feeling)

Yang saya rasakan setelah mempelajari modul 1.4 ini adalah perasaan semangat, bangga, dan senang. Saya semangat karena di modul 1.4. ini saya bisa mempelajari materi tentang budaya positif yang memberikan pencerahan saya tentang penerapan budaya positif di sekolah. Saya bisa lebih paham tentang nilai-nilai kebajikan, posisi kontrol guru, teori motivasi, keyakinan kelas, segitiga restitusi, dan lain-lain. 

Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang analisis kasus berdasarkan konsep budaya positif.

  1. Pembelajaran (Findings)

Di Modul 1.4. saya mendapatkan materi baru tentang konsep-konsep budaya positif, diantaranya 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Lima Posisi Kontrol ; 6) Segitiga Restitusi. Saya juga bisa membuat contoh penerapan segitiga restitusi bersama siswa yang bisa digunakan untuk contoh bagi guru lain yang belum mengetahui tentang segitiga restitusi untuk membangun budaya positif di sekolah.

  1. Penerapan (Future)

Setelah memahami materi dalam modul 1.4. tentang budaya positif, selanjutnya saya akan berupaya menggerakan seluruh warga sekolah untuk menerapkan konsep inti budaya positif demi mewujudkan kemerdekaan belajar peserta didik sehingga akan mewujudkan peserta didik dengan profil pelajar Pancasila.

Demikian hasil refleksi saya mengenai modul 1.4 ini, semoga hasil refleksi ini membantu saya menjadi guru yang semakin berkualitas dan memberi manfaat bagi banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun