Mohon tunggu...
Bobry Khaerudin
Bobry Khaerudin Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Strategist

Growth Lead @SatriyaDigitalMarketing . Agency digital marketing yang fokus menggerakkan UMKM untuk bisa Go Digital

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mindset yang Perlu Dimiliki Untuk Menjadi Digital Marketer Professional

15 Juni 2022   09:07 Diperbarui: 15 Juni 2022   09:11 1091
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ditgital Marketing dari Freepik.com

Digital Marketing merupakan salah satu profesi yang cukup banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Terlebih, sejak pandemi melanda negeri ini, banyak perusahaan yang beralih dari pemasaran konvensional menuju pemasaran digital (Digital Marketing).

Banyak perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari digital marketing. Di bidang property misalnya, pemasangan iklan di facebook, instagram, Google Ads, influencer, dll kini menjadi agenda wajib. Selain itu, hasilnya pun bisa dirasakan dan tentunya terukur.

Buat kamu yang tertarik untuk menjadi digital marketer professional, kamu harus punya Mindset seperti dibawah ini:

Keinginan Belajar yang Kuat

Ada beberapa hal yang memaksa para digital marketer untuk terus belajar. Pertama, penguasaan produk. Ini penting sekali karena seorang digital marketer harus mampu menyasar segementasi yang cocok dengan produk, media/platform yang akan digunakan, channel yang cocok, serta pesan/story yang dapat menarik para calon pembeli

Kedua, dunia digital berubah dengan cepat. Siapa sangka Tiktok akan menjadi trendsetter baru di dunia digital? Bahkan Instagram pun menerbitkan fitur Reels untuk menyaingi dominasi Tiktok.

Metoda iklan di beberapa platform pun kerap berubah. Misalnya saja di Facebook Ads. Untuk iklan Leads Form, kini dalam seminggu harus mendapatkan setidaknya 50 leads untuk kemudian dioptimasi oleh Facebook pada hari kedelapan.

Jangan Bosan Lihat Data

 Salah satu kekuatan digital marketing adalah mudah diukur. Biasanya sekali dalam satu bulan, saya dan tim melakukan evaluasi dari campaign yang sedang berjalan. 

Cara pertama yang kami lakukan adalah dengan mengumpulkan data seperti ads creative yang digunakan, copywriting, call to action, lokasi iklan, demographic, impression, jumlah interaksi, daily interaction dan masih banyak lagi. Tergantung pada platform serta pesan yang digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun