Digital Marketing merupakan salah satu profesi yang cukup banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Terlebih, sejak pandemi melanda negeri ini, banyak perusahaan yang beralih dari pemasaran konvensional menuju pemasaran digital (Digital Marketing).
Banyak perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari digital marketing. Di bidang property misalnya, pemasangan iklan di facebook, instagram, Google Ads, influencer, dll kini menjadi agenda wajib. Selain itu, hasilnya pun bisa dirasakan dan tentunya terukur.
Buat kamu yang tertarik untuk menjadi digital marketer professional, kamu harus punya Mindset seperti dibawah ini:
Keinginan Belajar yang Kuat
Ada beberapa hal yang memaksa para digital marketer untuk terus belajar. Pertama, penguasaan produk. Ini penting sekali karena seorang digital marketer harus mampu menyasar segementasi yang cocok dengan produk, media/platform yang akan digunakan, channel yang cocok, serta pesan/story yang dapat menarik para calon pembeli
Kedua, dunia digital berubah dengan cepat. Siapa sangka Tiktok akan menjadi trendsetter baru di dunia digital? Bahkan Instagram pun menerbitkan fitur Reels untuk menyaingi dominasi Tiktok.
Metoda iklan di beberapa platform pun kerap berubah. Misalnya saja di Facebook Ads. Untuk iklan Leads Form, kini dalam seminggu harus mendapatkan setidaknya 50 leads untuk kemudian dioptimasi oleh Facebook pada hari kedelapan.
Jangan Bosan Lihat Data
 Salah satu kekuatan digital marketing adalah mudah diukur. Biasanya sekali dalam satu bulan, saya dan tim melakukan evaluasi dari campaign yang sedang berjalan.Â
Cara pertama yang kami lakukan adalah dengan mengumpulkan data seperti ads creative yang digunakan, copywriting, call to action, lokasi iklan, demographic, impression, jumlah interaksi, daily interaction dan masih banyak lagi. Tergantung pada platform serta pesan yang digunakan.