Permainan Mekarah adalah permainan edukatif berbasis numerasi yang bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam mengenal angka, berpikir logis, dan memahami konsep matematika. Dalam permainan ini, siswa diminta menebak angka rahasia yang telah ditentukan oleh guru , berdasarkan petunjuk yang diberikan.
Permainan ini mengasah keterampilan seperti logika, estimasi, dan pemecahan masalah dengan cara yang menyenangkan, sehingga siswa belajar matematika tanpa merasa tertekan. Mekarah juga mendorong interaksi sosial dan diskusi antar siswa, menjadikan kegiatan ini efektif untuk pembelajaran kolaboratif.
Kegiatan mekarah ini di lakukan oleh mahsiswa kampus mengajar angkatan 8 guna untuk melatih anak - anak SDN 36 AMPENAN berpikir logis ,dengan ada nya kegiatan ini anak - anak belajar tidak merasa bosan .
Dalam upaya meningkatkan keterampilan numerasi siswa,mahasiswa kampus mengajar angkatan 8 di SDN 36 AMPENAN melaksanakan kegiatan belajar numerasi bertema "MEKARAH" (Menebak Angka Rahasia) pada tanggal 2 NOvember 2024. kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai kelas, dengan fokus pada pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan edukatif.
Kegiatan dimulai pukul 08.00,mahasiswa kampus mengajar angkatan 8 yang bertindak sebagai fasilitator memberikan penjelasan tentang aturan permainan MEKARAH. Permainan ini melibatkan proses menebak angka rahasia yang telah ditentukan oleh penjaga angka berdasarkan petunjuk yang diberikan. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan aktif.
Suasana kelas berubah menjadi hidup saat siswa mulai memainkan MEKARAH. Mereka saling berdiskusi untuk menentukan angka yang mungkin sesuai dengan petunjuk. Strategi logis dan estimasi mulai diterapkan, menjadikan permainan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga penuh tantangan intelektual.
Di salah satu kelompok, seorang siswa kelas 5, terlihat begitu antusias. "Saya suka permainan ini karena kami harus berpikir keras tetapi tetap menyenangkan," katanya. Tidak sedikit siswa yang awalnya ragu mulai terlibat aktif setelah melihat teman-temannya berhasil memberikan tebakan yang benar.
Selain mengasah kemampuan individu, kegiatan ini juga melatih kerja sama kelompok. Dalam salah satu sesi, siswa diberi tantangan dengan rentang angka yang lebih besar dalam sebuah perkalian dan pembagian, sehingga mereka harus bekerja lebih keras untuk menyelesaikan permainan. Kelompok yang paling cepat dan tepat menebak angka mendapatkan apresiasi berupa hadiah kecil dari kakak mahasiswea kampus angkatan 8.
Menurut mahasiswa kampus mengajar angkatan 8, permainan ini merupakan bagian dari strategi pembelajaran berbasis aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. "Kami ingin mengubah persepsi siswa bahwa matematika itu sulit. Dengan pendekatan seperti MEKARAH, siswa dapat belajar sambil bermain.