Mohon tunggu...
Sabrina Maharani
Sabrina Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa aktif di Universitas Pendidikan Indonesia program studi Pendidikan Sistem Teknologi Informasi yang memiliki minat di bidang teknologi, hobi saya membaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: In House Training Media Pembelajaran Canva kepada Guru SMP PGRI Tambun Selatan

21 Agustus 2022   21:01 Diperbarui: 21 Agustus 2022   21:03 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tengah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada tahun 2022 dengan mengangkat tema Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 

KKN ini dilaksanakan mulai dari 10 Juli 2022 hingga 11 Agustus 2022 dengan diikuti sebanyak 7.089 mahasiswa dan dikelompokkan menjadi 191 kelompok KKN Reguler dan 50 Kelompok KKN Rekognisi. 

Di era 4.0 Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut seseorang untuk dapat menguasai informasi dan pengetahuan. Hampir seluruh komponen dalam suatu pendidikan melibatkan teknologi sehingga pada saat proses belajar mengajar pun tidak bisa terlepas dari teknologi. Guru merupakan pendidik di sekolah yang harus bisa menguasai dan memanfaatkan teknologi khususnya media pembelajaran berbasis digital. 

Dokpri
Dokpri

Pada tanggal 23 Juli 2022 dilaksanakan In House Training Media Pembelajaran Berbasis Digitalisasi di Era 4.0 kepada Guru SMP PGRI dengan diikuti sebanyak 20 Guru yang berlokasi di Jl. Kebon Kelapa No.19, Tambun, Kec. Tambun Selatan., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510. 

Media pembelajaran yang diangkat yaitu Aplikasi Canva, diharapkan dengan adanya In House Training ini para Guru dapat berinovasi dan berkreatifitas mungkin untuk menunjang pembelajaran berbasis digital dengan baik serta menarik. 

Aplikasi Canva merupakan aplikasi desain online yang didalamnya terdapat berbagai desain poster, grafik, brosur, presentasi, logo, video, sampul buku dan lainnya serta bisa juga terkoneksi dengan media sosial. Pada Aplikasi ini Guru dapat berkreasi menciptakan suatu karya yang menarik untuk ditampilkan sebagai media pembelajaran di kelas. 

Tujuan dilaksanakannya In House Training ini adalah untuk memberikan cara untuk demo langsung dalam penggunaan aplikasi canva dan juga untuk menunjang pembelajaran yang menarik dan dapat mudah dipahami oleh siswa. 

Adapun manfaat dari Aplikasi Canva bagi Guru, antara lain:

  1. Memudahkan Guru dalam membuat desain yang diinginkan, seperti: pembuatan presentasi, video, infografis dan lain sebagainya.

  2. Menyediakan berbagai template yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Misalnya dalam membuat Power Point, seorang guru dapat memberi warna, gambar, huruf, dan lain sebagainya agar lebih menarik.

  3. Seorang guru menyediakan video untuk contoh, acuan, ataupun penjelasan kepada peserta didik. Oleh karena itu, Aplikasi Canva dapat memudahkan guru dalam membuat video dengan menggunakan template dengan warna menarik dan tambahan font lainnya untuk memperindah background video pada saat ditampilkan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun memiliki beberapa kendala seperti putusnya koneksi jaringan internet pada saat demo antara pemateri dengan guru sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu jaringan internet kembali. 

Setelah para guru mengikuti kegiatan in house training mereka sangat antusias dan termotivasi dalam membuat presentasi, maupun konten pembelajaran lainnya secara digital. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun