Mohon tunggu...
Sabrina Larasati
Sabrina Larasati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta

Artikel Bebas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemikiran George Herbert Mead dan Teori Interaksionisme Simbolik

5 Oktober 2022   01:55 Diperbarui: 5 Oktober 2022   01:59 2679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Biografi Singkat

27 Februari 1863 di South Hatley Massachussets merupakan waktu dan tempat kelahiran dari George Herbert Mead. Di bidang pendidikan, Ia mendapatkan gelar Sarjana Muda pada 1883 di Oberlin College dan meneruskan pendidikannya pada 1887 di Harvard University dan Leipzig University. Di bidang karir, Ia menjadi dosen di Michigan University (1891) lalu mendapatkan undangan dari John Dewey untuk pindah ke Chicago University (1894).

Herbert Mead merupakan ahli utama dari teori Interaksionisme Simbolik yang membuat teori ini dikenal sebagai mahzab Chicago karena kontribusinya. Karya Mead yaitu Mind, Self, and Society (1934) buku ini tidak ditulis Mead seorang diri, tetapi ditulis berdasarkan catatan-catatan dari para mahasiswanya lalu dikumpulkan menjadi sebuah buku. Lalu Mead meninggal di rumah sakit pada 1931 karena gagal jantung.

Teori Interaksionisme Bagi Mead,

Komunikasi manusia berlangsung melalui pertukaran simbol dan pemaknaan simbol -- simbol tersebut. Sehingga, ide dasar dari teori ini adalah simbol karena simbol merupakan suatu konsep mulia yang membedakan manusia dari binatang. Manusia dapat mengkontruksikan makna dari simbol lalu diinterpretasikan. 

Keberadaan simbol merupakan akibat dari kebutuhan individu agar dapat berinteraksi dengan orang lain. Dalam proses berinteraksi tentunya terdapat tindakan atau perbuatan yang dimulai dengan pikiran. Terdapat beberapa konsep penting dalam pemikiran Mead, yaitu:

  • Prioritas sosial = kelompok sosial muncul lebih dulu dan kelompok sosial menghasilkan perkembangan mental dan kesadaran diri.
  • Tindakan sosial Tindakan sosial manusia binatang.
  • Sikap isyarat Tindakan sosial -> sikap -- isyarat.
  • Simbol -- simbol Signifikan Gerak isyarat yang diciptakan manusia dan menjadi respon atas informasi pada manusia.
  • Pikiran (Mind) Proses percakapan individu dengan dirinya sendiri - > pikiran menjadi fenomena sosial.
  • Diri (Self) Kemampuan menjadikan subyek/obyek dengan aktifitas & hubungan sosialnya. Diri berhubungan dialektis dengan pikiran sosialnya.
  • Masyarakat (Society) Proses sosial tanpa henti yang mendahului pikiran (mind) dan diri (self).

Menurut Mead terdapat 4 tahap terjadinya tindakan, yaitu:

  • Impuls, terdapat ransangan atau dorongan dalam setiap tindakan manusia. Contoh manusia makan karena merasa lapar.
  • Persepsi, mempertimbangkan atau memikirkan tindakan apa yang akan dilakukan atas reaksi dari ransangan (impuls).
  • Manipulasi, mempertimbangkan atau memikirkan apakah tindakan yang akan dilakukan nanti merupakan tindakan yang tepat.
  • Konsumsi, merupakan hasil eksekusi dari impuls, persepsi, dan manipulasi dalam bentuk tindakan.

Konsep Mind, Self, and Society Menurut Mead

  • Mind: bersifat sosial, tindakan yang menggunakan simbol - simbol dan mengarahkan simbol tersebut menuju self, dapat memanipulasi simbol, dan kegiatan mind berupa komunikasi dengan orang lain maupun diri sendiri.
  • Self ("I" sebagai subjek); tanggapan spontan individu terhadap orang lain atau situasi, sumber utama yang baru dalam proses sosial, sesuatu yang dicari mengenai definisi diri, kepribadian definitive, dan kreatif. Sedangkan, Self ("Me" sebagai objek); tanggapan tidak langsung individu terhadap orang lain, bukan sumber utama dalam proses sosial, tidak memungkinkan terbentuknya kepribadian definitive, dan bersifat kontrol sosial.

Terdapat 3 tahapan pembentukan self, yaitu:

  • Play Stage - > tahap dimana seorang individu (anak) sedang membangun dirinya dengan belajar menjadi subjek dan sekaligus objek melalui proses merespon segala apa yang ia ketahui.
  • Game Stage - > tahap dimana individu (anak) mulai mampu memainkan rangkaian peran dan menemukan apa yang akan dilakukannya dengan melihat peran orang lain, dan
  • Generalized other - > tahap dimana individu (anak) sudah terbentuk bangunan kepribadian dirinya atau sikapnya.

Teori Interaksionisme Simbolik

George Herbert Mead dan Erving Goffman merupakan tokoh dari teori Interaksionisme Simbolik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun