Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran berubah ketika telah diberlakukannya Social Distancing. Dampak dari virus corona (Covid-19) sangat memukul sektor bisnis di Indonesia. Pebisnis harus putar otak agar bisa memasarkan bisnis mereka sebagai strategi brand yang dapat bertahan di tengah pandemik. Kesuksesan dalam menerapkan brand yang menarik sangat erat kaitannya dengan kesuksesan dari setiap bisnis.Â
Brand adalah hal pertama yang dikenal oleh calon pelanggan, brand yang baik dan menarik akan sangat diingat dan begitu pun sebaliknya. Hal tersebut diperjelas oleh Nicolinda, Patricia F. dalam bukunya The Complete Ideals Guides Merek Management (2004), bahwa suatu brand entitas menjadi mudah dikenali dan menjanjikan nilai-nilai tertentu. Entitas yang dimaksud adalah sesuatu yang memiliki eksistensi yang khas dan berbeda, dan dapat dikenali artinya pebisnis dapat dengan mudah memisahkan satu brand yang serupa dengan brand yang lainnya.
Adanya konsep terkait brand, yaitu pertama, brand awareness merupakan kekuatan dari brand di benak masyarakat. Kedua, brand association, menjadi asosiasi yang terbentuk dalam benak pelanggan mengenai suatu brand baik atribut, endorse, atau simbol tertentu. Ketiga, brand identity merupakan identitas unik yang dimiliki oleh sebuah brand yang harus dibentuk dan dipelihara, identitas mempresentasikan apa yang diwaliki oleh brand dan mengaplikasikan janji kepada pelanggan. Keempat, brand image yang mempersepsikan brand. Kelima, brand personality merupakan seperangkat karakteristik manusia yang di asosiakan dengan sebuah brand. Keenam, brand equity menjadi seperangkat asset yang terkait dengan nama dan symbol brand yang menambah nilai produk.
Selain memahami konsep brand, pebisnis juga harus menyusun ide-ide baru untuk menanggapi kebutuhan yang ada. Krisis Covid-19 saat ini menunjukkan pentingnya bisnis dengan pendekatan inovasi yang lebih canggih. Penggunaan internet yang semakin banyak diseluruh lapisan masyarakat dan daya saing yang sangat besar menuntut perusahaan untuk ikut mempertimbangkan promosi lewat internet, disinilah cyber marketing berperan untuk menarik minat masyarakat.Â
Cyber marketing adalah penerapan untuk keperluan pembangunan bisnis di dunia online. Sehingga media internet dipilih menjadi media untuk mem-branding perusahaan dan produk, karena saat ini hampir semua orang terhubung dengan internet, dengan internet pun mereka berharap bisa lebih baik dalam mencapai target segmentasi bisnis dan produknya. Internet membuat semuanya menjadi lebih mudah dan saling terkoneksi antar daerah, antar negara dan antar sesama manusia. Internet bisa membuat brand menjadi mendunia bahkan dalam waktu yang singkat (Irvan, 2012).
Dalam cyber branding, fungsi internet menawarkan keuntungan yang besar bila dibandingkan dengan media konvensional. Kecepatannya dalam menyebarkan sebuah informasi kepada dunia, menjadi kelebihan utama yang membedakannya dengan media konvensional. Penggunaan Internet sebagai suplemen utama dalam strategi branding untuk memperkenalkan suatu merek menjadi titik penting dalam mengelola brand tersebut, sekaligus merupakan senjata ampuh untuk memperluas brand ke dalam dunia yang lebih besar tanpa dibatasi waktu.
Hal ini dapat membantu pebisnis untuk mencapai competitive advantage!
Jika pebisnis sudah memetakan segmen market bisnis, pebisnis wajib memahami peran dan fungsi media digital, setidaknya mencakup 4 jenis media yang sering digunakan, yaitu:
-Website: adalah media halaman selain menyampaikan informasi, bisa digunakan untuk jual beli memasarkan produk dan jasa. Website dibuat oleh sang pemilik dengan akses yang bebas untuk mendesain dan mengisi konten apa saja yang diperlukan.
-Marketplace: situs yang disedakan sebagai tempat jual beli secara aman, semua penjual bisa membuat toko online di marketplace dan pembeli juga bisa bebas melakukan transaksi dengan sistem yang ditentukan oleh pihak marketplace.
-Toko online: adalah website yang fungsinya lebih diutamakan sebagai toko yang memajang produk-produk secara online agar visitor bisa leluasa memilih dan melakukan order secara online.
-Sosial Media: media untuk berkumpul, berinteraksi, bersosialisasi secara online namun juga bisa digunakan sebagai akun bisnis.
Setelah memahami ke empat media digital yang paling sering digunakan, selanjutnya pebisnis bisa menentukan pilihan untuk menggunakan salah satu media digital saja, dua atau semuanya. Jika diamati baik-baik dari keempat media diatas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan bisa dimanfaatkan untuk saling melengkapi satu sama lain dalam pemasaran online.Â
Selain itu, tidak ada satu media yang lebih unggul, karena pada umumnya masing-masing punya karakter market sendiri-sendiri, dan yang terbaik adalah memilih media yang paling tepat, yang berarti pebisnis dapat menerapkan cyber marketing dengan baik.Â
Menurut Kotler (2010) cyber marketing memiliki keuntungan bagi perusahaan yang menggunakannya dan bagi para konseumen, yaitu  perusahaan besar dapat melakukannya, tidak terdapat batas nyata  dalam ruang beriklan jika dibandingkan dengan media cetak dan media penyiaran, akses dan pencarian keterangan sangat cepat, situs dapat dikunjungi oleh siapa pun/kapan pun/ dan dimana pun dalam dunia ini, belanja dapat dilakukan secara lebih cepat dan sendirian.
Untuk memaksimalkan kreatifitas dalam berbisnis, pebisnis dapat membuat content marketing, seperti artikel, video, atau poster, serta menggunakan iklan digital marketing yang sifatnya berbayar, seperti google ads, facebook, dan instagram ads, bahkan sampai endorse seleb. Iklan berbayar tersebut bertujuan untuk awereness atau memberi tahu pada konsumen, interkasi edukasi agar konsumen anda paham produk, dan juga sales konversi konsumen.Â
Membangun Database Customer juga penting dalam digital marketing, dari aktifitas menggunakan internet marketing sangat banyak, perlahan tapi pasti pebisnis akan mendapatkan person contact dari konsumen, baik yang jadi membeli ataupun tidak, setidaknya ada customer potensial yang telah mengetahui brand anda, atau bahkan suatu saat bisa membeli produk anda. Maka, penting sekali mengumpukan data dan sesekali berikan sesuatu yang bernilai seperti free gift product, agar mereka mengingat bisnis anda, ketika ada timing yang tepat bisa jadi mereka akan membeli.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H