Selama beberapa hari berada Washington DC dan juga di New York City (NYC), beberapa kali saya mencoba pergi dari satu titik ke titik lainnya, dengan menggunakan taksi reguler dan/atau taksi online (Uber). Berdasarkan pengamatan dan obrolan dengan sejumlah supir taksi, saya merekam sejumlah catatan yang layak dicermati, sebagai berikut:
Pertama, Entah mengapa, perusahaan taksi reguler yang paling dominan terlihat di wilayah DC dan sekitarnya adalah perusahaan taksi RedTop, yang memiliki dua jenis armada: berwarna hitam dan warna merah. Sementara mobil taksi online-nya umumnya masih baru, dan lebih dominan mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle).
Kedua, sebagian besar supir taksi reguler adalah orang hitam warga Amerika, yang populer dengan sebutan Afro-American. Atau warga pemegang GreenCard asal Afghanistan, Pakistan, dan beberapa negara Amerika Latin. Sangat jarang ada supir taksi reguler dari warga kulit putih (bule). Dan belum pernah ketemu supir taksi reguler yang berasal dari negara-negara Arab atau ASEAN.
Ketiga, sistem kerja supir taksi reguler (RedTop) adalah sang supir menyewa mobil taksinya ke perusahaan taksi, dengan tarif sekitar 1.000 (seribu) USD per bulan. Mobil taksi yang disewa itu dikuasai penuh oleh si supir taksi, dalam artian mobil taksi dibawa ke rumah. Tidak ada setoran harian, mingguan atau bulanan. Dan berapa pun sewa yang diperoleh oleh supir selama periode sewa itu, sepenuhnya adalah hak si supir.
Namun saya tidak tahu apakah biaya pemeliharaan (service tune-up ataupun biaya perbaikan kerusakan mobil lainnya) ditanggung oleh supir atau perusahaan atau dibagi dua. Namun peraturannya sangat fleksibel. Sebab kapan pun, sang supir taksi bisa berhenti menyewa taksi dan mengembalikan mobilnya ke perusahaan.
Seorang supir taksi RedTop asal Afganistan bercerita, dirinya sudah menjadi supir taksi di Washington DC dan sekitarnya sekitar 5 tahun. Dan 3 atau 2 tahun lalu (2013-2014), setiap hari dia bisa mendapatkan sewa sekitar 400 USD. Namun sejak sekitar dua tahun terakhir, mulai tahun 2016, sudah sangat bagus kalau bisa dapat sewa sekitar 200 USD per hari.
"Berarti berkurang sekitar separuhnya?" tanya saya. "Penurunan drastis sewa taksi reguler di Wahington DC itu terjadi sejak maraknya operasi taksi online terutama Uber", jawabnya.
Keempat, dan memang layanan taksi online Uber tampak lebih "berkelas" dan yang paling penting, karena juga lebih murah. Cuma soal tarif sewa taksi online ini tergantung kelas jenis mobilnya yang juga bervariasi: mulai dari kelas menengah (sekelas SUV) sampai mobil kelas mewah (Mercy atau Lincoln). Uber menawarkan lima kelas mobil, dengan tarif yang berbeda-beda: UberPool, UberX, UberXL, BlackCar, SUV.
Untuk jarak yang sama, kalau naik taksi reguler, misalnya sewa sekitar 30 USD, sewa taksi Uber kelas XL bisa hanya sekitar 20 USD. Dan selisih 10 USD atau sekitar sepertiganya itu, apalagi kalau dikonversi ke Rupiah, memang "terasa bingit".
Kelima, berbeda dengan taksi reguler yang dominan disupiri warga Afro-American atau pemegang GreenCard, supir taksi online (Uber) lebih bervariasi. Ada beberapa yang disupiri orang bule. Yang menarik, banyak supir taksi Uber dari kalangan profesional: dokter dan pengacara, bahkan ada yang mengaku polisi.
Dan motivasi kalangan profesional menjadi supir taksi Uber cukup beragam: mencari hiburan (havingfun) atau mencari teman ngobrol. Jadi bukan semata mencari penghasilan tambahan.