Mohon tunggu...
Saaasten Technologies
Saaasten Technologies Mohon Tunggu... Programmer - Cloud Computing Company with "No Intricacy"

Saasten Technologies was founded in 2009 by some technology people who has a vision that Cloud solution will be the future solution. We believe that Cloud solution will be preferred solution by the industry in the next few decade as it delivers more flexibility, efficiency and speed. We partner with world’s best cloud solution. We form a strong Partnership with Salesforce, world’s #1 Enterprise Cloud Solution Provider, providing selling, service and support for core CRM solution, digital marketing automation, Cloud Platform, Analytic and many more. We also expand our partnership with Google Enterprise to deliver collaboration and platform cloud, ranging Google G-suite, and GCP.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Mengenal CRM Lebih Dekat untuk Bisnis Anda

27 Oktober 2021   16:41 Diperbarui: 27 Oktober 2021   16:45 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Definisi CRM Serta Pengertiannya

CRM atau kepanjangan dari Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang umumnya dijalankan untuk manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan tersebut bukan hanya sebatas pada komunikasi yang ditujukan secara massal saja, melainkan lebih terperinci saat ini manajemen hubungan pelanggan telah memanfaatkan personalisasi pesan sehingga mampu meraih perhatian pelanggan.

Customer Relationship Management pun tak hanya sekedar bertujuan untuk mengakuisisi konsumen, namun juga bertujuan untuk mengelola hubungan hingga mampu menimbulkan customer retention. Seiring berjalannya waktu pun saat ini Customer Relationship Management telah menggunakan berbagai perangkat aplikasi CRM. Aplikasi CRM yang dimaksud biasanya digunakan untuk leads management, memantau penjualan hingga digunakan untuk mentrigger berbagai macam promosi yang hendak dikirim ke customer. Tujuan akhir dari penggunaan CRM tentunya adalah untuk memantau serta menjalin hubungan pelanggan sehingga mampu memberikan mutual benefit bagi perusahaan.

Baca Juga : 5 Manfaat Omnichannel Customer Service

Mengapa Bisnis Anda memerlukan CRM?

Pertanyaan berikutnya, lantas mengapa bisnis Anda saat ini memerlukan CRM?

Menjalin hubungan dengan customer bukan hanya dilakukan secara ad hoc melainkan harus dilakukan secara terus-menerus baik melalui perangkat lunak maupun secara offline. Namun dengan adanya perangkat lunak yang semula customer relationship management dijalankan satu per satu saat ini mampu dijalankan secara bersamaan dan dengan waktu serta hasil yang lebih terukur.  

Beberapa aktivitas yang biasanya dijalankan dengan menggunakan konsep customer relationships diantaranya adalah sales atau penjualan, customer service atau dukungan pelanggan, hingga aktivitas marketing untuk mendukung kampanye pemasaran. Relationship management di setiap aktivitas pun dijalankan berbeda-beda tergantung bagaimana perusahaan menjalankan konsep bisnis.

Umumnya sistem CRM yang digunakan untuk CRM sales digunakan untuk leads management, forecast penjualan, hingga memantau aktivitas sales. Sistem CRM umumnya dapat berdiri sendiri maupun dapat diintegrasikan dengan surrounding system. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sistem manajemen hubungan pelanggan. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan CRM platform untuk diintegrasikan dengan whatsapp business untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan adanya integrasi sistem CRM hal ini tentunya dapat berguna untuk mengurangi biaya serta mempercepat proses bisnis yang semula masih silo (saling terpisah) untuk mencapai target revenue yang ditentukan oleh perusahaan.

 Platform CRM seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Berbicara mengenai platform CRM atau perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, tentunya kita sering kali mengalami kesulitan seperti apa platform CRM yang cocok untuk bisnis Anda? 

Baca Juga : Rekomendasi 10 Customer Service Tools Terbaik 2021

Sebagaimana konsep dasar dari CRM yang digunakan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, tentunya hal ini menjadi krusial lantaran proses bisnis Anda pun akan berpengaruh. Untuk bisa memaksimalkan dukungan pelanggan, kampanye pemasaran, hingga meningkatkan penjualan tentunya Anda akan sangat membutuhkan platform CRM yang fleksibel untuk disesuaikan dengan business flow perusahaan Anda. Selain itu dukungan seperti marketplace yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan sistem CRM pun menjadi salah satu tolak ukur lantaran tak semua CRM platform menawarkan fasilitas marketplace. 

Indikator lain yang perlu anda perhatikan adalah basis sistem CRM yang Anda gunakan. Apakah CRM platform tersebut berbasis (cloud) atau on premise. Platform CRM berbasis cloud menawarkan berbagai macam kemudahan. Mulai dari akses platform dimanapun dan kapanpun tanpa memerlukan VPN, dapat dibuka melalui mobile apps hingga harga yang relatif lebih murah lantaran Anda tak perlu lagi memikirkan biaya untuk maintenance server. 

Memanfaatkan CRM untuk Tingkatkan Penjualan Sales

Sebagai salah satu fungsi dari CRM yakni meningkatkan Sales, pelaku bisnis dewasa ini sudah cukup memahami pentingnya penggunaan CRM Platform. Diantaranya adalah digunakan untuk mempertahankan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan hingga melakukan otomasi pemasaran. Caranya adalah dengan dukungan artificial intelligence yang dimanfaatkan untuk mengkalkulasi, forecast penjualan, penjadwalan follow up customer hingga mengirim promo marketing sesuai kriteria tertentu. 

Sedangkan untuk CRM yang digunakan untuk call center dan dukungannya terhadap penjualan tak hanya digunakan untuk manajemen kontak. Namun, biasanya platform CRM juga digunakan untuk aktivitas cross selling. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk dijalankan melalui CRM berbasis Cloud berdasarkan data pelanggan (customer persona). 

Kerja diManapun dan Kapanpun

Sebagaimana fungsi dari customer relationship management crm, Anda pun bisa memanfaatkan platform tersebut untuk bekerja dimanapun dan kapanpun. Mulai dari management leads, memantau progress atau perkembangan dari prospek, hingga digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengirimkan berbagai macam promosi melalui crm software. 

Baca Juga : 10 Alasan Utama Pentingnya Sales CRM

Manfaat CRM yang lain adalah kemampuannya untuk memberikan reporting yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan management perusahaan. Salah satu indikator dari CRM platform yang bagus adalah kemampuannya untuk dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan. sehingga pada akhirnya dengan hadirnya CRM sebagai core business memungkinkan perusahaan untuk dapat meningkatkan kinerja tim sales di era digital seperti dewasa ini dengan cara meningkatkan hubungan dengan calon pelanggan. 

Kenapa Memilih CRM Platform Melalui Saasten? 

Saasten technologies adalah cloud consulting terkemuka dengan pengalaman lebih dari 10 tahun mengimplementasikan CRM di berbagai industri. Sebagai salah satu cloud consulting terkemuka serta pemahaman yang baik terhadap cloud based crm, Saasten technologies membantu perusahaan Anda untuk membangun hubungan dengan customer dengan lebih baik serta meningkatkan pendapatan perusahaan yang lebih tinggi. 

Saasten Technologie sebagai mitra resmi dari salesforce CRM yang merupakan aplikasi CRM terpopuler di dunia telah memiliki berbagai macam sertifikasi serta berbagai pengalaman kustomisasi CRM Systems atau perangkat lunak CRM seperti sales cloud. Hubungi kami segera untuk dapatkan uji coba gratis untuk solusi CRM Anda!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun