Memantau penjualan bukanlah hal yang mudah. Terlebih apabila tim sales memiliki jumlah yang tidak sedikit. Untuk mempermudah memantau, biasanya manajer penjualan lebih memilih memanfaatkan platform Customer Relationship Management. Hal ini bertujuan agar data lebih tersentralisasi dalam software CRM.
Sebagai salah satu penyedia CRM di Indonesia, Saasten Technologies menyediakan CRM Solutions. Teknologi yang kami sediakan mampu membantu meningkatkan penjualan hingga 3x lipat dengan cara meningkatkan customer experience melalui CRM Sales.
Kenapa sales membutuhkan CRM?
Berkiprah di bidang CRM, Saasten Technologies memahami betul apa saja pain point yang biasanya muncul bagi team sales, seperti :
- Rendahnya visibilitas data
- Proses sales yang berbelit-belit dan sulit untuk ditracking
- Sales kesulitan untuk mencari data customer
- Hingga sales sering kali kesulitan memprioritaskan aktivitass penjualan
Berikut ini adalah 10 alasan kenapa sales membutuhan CRM:
1. Visibilitas aktivitas sales
Tim sales umumnya tak hanya bekerja menangani satu data customer saja melainkan banyak sekali data yang harus di follow up. Sebagai decision maker visibilitas aktivitas sales tentunya menjadi hal yang wajar. Visibilitas tim sales tersebut dapat dilihat dengan menggunakan sistem relationship management.
Mulai dari aktivitas call, email yang dikirim, visit hingga geo location untuk menentukan titik di mana tim sales melakukan kunjungan. Sistem CRM umumnya telah dilengkapi dengan contact management dengan dilengkapi user interface yang mudah untuk dipahami oleh sales rep. Pada akhirnya apabila tim sales telah menginput data aktivitas sales, sales manager pun dapat memantau kinerja tim.
Baca Juga Pentingnya Membangun Customer Journey Map
2. Lebih professional dengan planning jadwal
Platform CRM biasanya tak hanya dilengkapi dengan contact management saja namun juga planning jadwal yang dapat digunakan tim sales. Dengan customer relationship management platform membuat sales lebih mudah untuk menjadwalkan kapan mereka harus menelepon customer dengan feature task management. Task management ini dapat sesuaikan dengan flow perushaan, misal sales calls, email, maupun set up meeting via aplikasi ke 3 yang dihubungkan dengan CRM.