Mohon tunggu...
Ryan M.
Ryan M. Mohon Tunggu... Editor - Video Editor

Video Editor sejak tahun 1994, sedikit menguasai web design dan web programming. Michael Chrichton dan Eiji Yoshikawa adalah penulis favoritnya selain Dedy Suardi. Bukan fotografer meski agak senang memotret. Penganut Teori Relativitas ini memiliki banyak ide dan inspirasi berputar-putar di kepalanya, hanya saja jarang diungkapkan pada siapapun. Professional portfolio : http://youtube.com/user/ryanmintaraga/videos Blog : https://blog.ryanmintaraga.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Cara Otomatis Pindahkan e-mail ke Folder Khusus

31 Desember 2014   18:31 Diperbarui: 4 April 2017   18:27 11679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_344171" align="aligncenter" width="600" caption="Ilustrasi (sumber gambar : everydaydigitals.com)"][/caption]

Surat elektronik alias e-mail nyaris sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.  Rasanya seluruh layanan di dunia maya mensyaratkan adanya alamat e-mail yang valid.  Mau daftar facebook, twitter, linkedin, kaskus, dsb bahkan kompasiana pun mesti punya e-mail.  Penggunaan smartphone bahkan akan lebih optimal apabila kita memiliki e-mail.  Kita –misalnya- bisa BBM-an karena punya BlackBerry ID yang didaftarkan menggunakan e-mail, pun kita bisa mengunduh berbagai aplikasi di Play Store karena punya user ID yang terhubung dengan akun Gmail, dsb.

Karena merupakan persyaratan mutlak di dunia maya, tanpa disadari kita sudah mendaftarkan alamat e-mail kita ke mana-mana; media sosial, internet banking, milis, fanpage, online shop, blog follower, portal berita, game online, dll.  Akibatnya?  Selain berpotensi lupa password dari layanan-layanan tersebut, kotak surat kita (inbox) bakal cepat penuh – khususnya – oleh notifikasi dari layanan yang kita ikuti.

Sebagai contoh, setiap komentar atas tulisan kita di Kompasiana akan diteruskan ke alamat e-mail.  Sekarang bayangkan jika tulisan kita memanen ratusan – bahkan ribuan komentar, tentunya inbox kita akan penuh dengan e-mail notifikasi.  Tak masalah memang buat Kompasianer yang punya alamat e-mail untuk sekadar memenuhi persyaratan eksistensi di dunia maya dimana e-mailnya memang cuma buat ngompasiana, fesbukan, twitteran, dsb.  Tapi bagi Kompasianer yang menggunakan e-mailnya untuk komunikasi dan pekerjaan, hal seperti ini bakal jadi masalah besar, ia bisa menghabiskan waktu lama untuk mencari satu e-mail dari klien diantara ribuan e-mail dari berbagai layanan yang diikutinya.

Pertanyaannya, adakah cara otomatis agar e-mail dari – misalnya - Kompasiana masuk ke folder khusus?  Jawabannya, ada!

Lewat tulisan di penghujung tahun 2014, saya mencoba berbagi cara mem-filter e-mail yang memiliki pola tertentu (misal : pengirimnya sama, subject e-mail mengandung frasa tertentu yang sama, dsb) agar e-mail tersebut masuk ke folder khusus dan tidak 'mengganggu' kotak surat utama (inbox).  Ilustrasi yang digunakan sebagai contoh dalam tulisan adalah Yahoo!Mail dengan tampilan baru dan menggunakan bahasa Inggris, penggunaan layanan e-mail yang berbeda mungkin akan memerlukan langkah yang berbeda meski saya yakin prinsipnya sama.

Siap?

Inilah Caranya

Dengan asumsi kita sudah login ke Yahoo!Mail, lihat ke pojok kanan atas ada ikon bergambar roda gigi, klik untuk menampilkan sub-menu kemudian pilih ‘Settings’ sbb :

[caption id="attachment_344156" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

1419999171598076010
1419999171598076010
[/caption]

Akan muncul kotak dialog ‘Settings’, kemudian pilih ‘Filters’ sbb :

[caption id="attachment_344157" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

14199992682066499157
14199992682066499157
[/caption]

Perhatikan di samping kalimat ‘Sort incoming messages into folder’ ada tiga buah tombol, klik ‘Add’ untuk menambah pengaturan baru.   Akan muncul lagi jendela baru yang meminta kita menambahkan filter baru sbb :

[caption id="attachment_344158" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

1419999294361192253
1419999294361192253
[/caption]

Sesuai contoh di atas, kali ini saya akan mengatur agar e-mail yang dikirim dari olshop Bilna (Bilna.com) masuk ke folder khusus.  Karena itu untuk langkah 1 saya memberi nama filternya ‘Bilna’ (terserah sih sesuai selera Kompasianer), kemudian pada langkah 2 saya mengisikan ‘Bilna’ pada kolom ‘From’ karena seperti yang kita tahu, e-mail dari Bilna biasanya mencantumkan nama Bilna sebagai pengirim seperti halnya e-mail dari Facebook, Kompasiana, dll.  Kompasianer juga bisa melakukan pengaturan lain di kolom lainnya seperti ‘To/CC’, ‘Subject’, ‘Body’ dll.

Kemudian perhatikan pada tanda panah, default-nya adalah Inbox yang artinya setiap e-mail yang masuk akan masuk ke folder ‘Inbox’ alias kotak surat utama kita.  Ini yang harus kita ubah, bukankah kita mau supaya e-mail dari Bilna masuk ke folder lain?  Karena itu, klik tanda panah di samping tulisan ‘Inbox’ tadi sehingga muncullah drop-down menu sbb :

[caption id="attachment_344161" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

1419999386486783699
1419999386486783699
[/caption]

Pilih ‘New Folder’ untuk membuat folder baru, kemudian tentukan nama folder itu sebagai – misalnya – Bilna kemudian klik tombol ‘OK’ sbb :

[caption id="attachment_344162" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

1419999411396967184
1419999411396967184
[/caption]

Kita akan dibawa kembali ke kotak dialog ‘Settings’.  Perhatikan bahwa sekarang sudah ada folder baru dengan nama ‘Bilna’ sbb :

[caption id="attachment_344163" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

14199994341975534813
14199994341975534813
[/caption]

Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang sudah kita tentukan dengan mengeklik tombol ‘Save’ di bagian bawah kotak dialog ini sbb :

[caption id="attachment_344167" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

14199994642084438145
14199994642084438145
[/caption]

Selesai!

Mulai saat ini semua e-mail yang pengirimnya mengandung frasa ‘Bilna’ akan masuk ke folder khusus dengan nama ‘Bilna’.

Dan inilah contoh hasil pengaturan untuk e-mail dengan pengirim dari Kompasiana sbb :

[caption id="attachment_344169" align="aligncenter" width="600" caption="sumber : screenshot"]

14199994891451462682
14199994891451462682
[/caption]

Seperti yang kita lihat, ada folder dengan nama ‘Kompasiana’ yang saya atur sebagai tempat penampungan untuk e-mail yang pengirimnya mengandung frasa ‘Kompasiana’.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, selamat mencoba, sampai berjumpa tahun depan, dan Selamat Tahun Baru 2015!  Semoga kesuksesan dan kebahagiaan selalu bersama kita semua...

Tulisan ini masuk kategori “Internet & Komputer” dan dipublish pertamakali di www.kompasiana.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun